by

Mudah! Cek Busi Motor dan Mobil Ketika #DiRumahAja

Cek Busi Motor dan Mobil – Pemerintah Indonesia saat ini sedang menerapkan social distancing, sebagai upaya bijak untuk memutus penyebaran virus korona (Covid-19) yang melanda Tanah Air. Ketika berada di rumah, tentunya sangat membosankan.

Untuk meminimalisir kebosanan, mungkin kamu bisa melakukan pengecekan pada kendaraan yang kamu miliki. Terlebih dalam kondisi normal, mungkin saja kamu tidak memiliki waktu untuk merawat kendaraan baik motor maupun mobil.

Salah satu cara mudah yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan cek busi motor ataupun mobil kamu. Periksa kondisi busi, sekaligus mungkin kamu bisa bersihkan. Hal ini mungkin saja bisa mengisi waktu kosong yang kamu miliki ketika di rumah saja.

Cara Cek Busi Mobil dan Motor

Mengecek busi mobil
Mengecek busi mobil, membutuhkan peralatan yang lebih banyak

Khusus untuk pemilik motor, tentunya memeriksa busi bisa dilakukan dengan mudah, ketimbang mobil. Karena memeriksa busi motor tidak banyak kompartemen yang harus kamu buka.

Peralatan yang wajib dibutuhkan pun cukup sederhana, hanya membutuhkan kunci standar untuk membuka kompartemen. Kunci busi sesuai dengan kendaraan masing-masing, serta tambahan kaca pembesar untuk melihat seberapa kerusakan busi kita.

Baca juga  2 Penyebab Insulator Busi Retak, dan Cara Mengatasinya

Diko Oktaviano, Technical Support PT Busi NGK Indonesia menjelaskan, busi yang sudah dibuka dapat langsung di cek dengan menggunakan kaca pembesar untuk dilihat gejalanya.

‘Penyakit’ yang umumnya biasa ditemui seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over bahkan keausan normal pun bisa kita lihat secara jelas.

“Secara normal pemakaian busi biasanya akan mengalami pengerakan karbon ataupun tingkat keausan tinggi. Kalau sudah seperti ini penggantian busi menjadi alternatif pilihan yang terbaik dibandingkan membersihkannya,” beber Diko.

Tips Membersihkan Busi, Jangan Pakai Amplas!

Cek kondisi busi
Cek kelayakan kondisi busi kendaraan kamu

Nah.. jika kamu ingin membersihkan busi sebaiknya tidak dilakukan secara asal-asalan. Setidaknya ada sejumlah hal penting yang perlu kamu perhatikan. Kalau membersihkan kerak kotoran yang menempel, cukup menggunakan penetran pembersih kampas rem saja.

Selanjutnya di bersihkan menggunakan kain. “Tidak disarankan membersihkan menggunakan amplas ataupun benda tajam seperti sikat kawat,” tambah Diko.

Lebih jauh Diko juga menerangkan, jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator. Maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru.

Baca juga  5 Jenis Busi Motor Terbaik, Awas Salah Pilih!

“Dengan begitu dapat membantu mengembalikan performa busi menjadi seperti baru. Agar kenyamanan dan keamanan berkendara menjadi lebih terjamin,” tutup Diko.

Caranya mudah bukan? Sekarang kamu bisa cek langsung busi motor maupun mobil yang kamu miliki di rumah. Semoga ulasan ini bermanfaat buat kamu!

Baca juga:

Terbaru