Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Chery Omoda 5 EV Produksi Indonesia Akan Diekspor ke ASEAN!

by Tigor Sihombing
Chery OMODA e5

Chery International memastikan mobil listrik berbasis baterai yang dipasarkan di Indonesia, Omoda 5 EV akan diproduksi di Indonesia mulai awal 2024. Presiden PT Chery Sales Indonesia dan Vice President Chery International, Shawn Xu mengatakan, Chery sedang persiapkan kegiatan perakitan seluruh kendaraannya di pabrik mitranya, PT Handal, yang berada di Pondok Ungu, Bekasi Barat, Jawa Barat.

“Kami perkirakan bulan depan (November) akan mulai operasi perakitan completely knocked down (CKD) secara penuh (untuk semua lini produk Chery,” ujarnya saat dijumpai di Chery International User Summit 2023 di Wuhu, Cina.

“(Sementara untuk Omoda 5 EV) Kami perkirakan CKD-nya mulai Januari atau Februari tahun depan (2024),” ungkap Shawn Xu.

Lokalisasi perakitan (CKD) sangat penting bagi Chery di Indonesia, sebab menurut Chery dengan merakit produk di luar Cina akan memberi banyak keuntungan. Mulai dari ongkos produksi, hingga biaya ekspor untuk daerah lain di ASEAN. 

“Dengan lokalisasi 40%, Chery berharap produk-produk yang dirakit di Indonesia (termasuk Omoda 5 EV) dapat juga diekspor ke beberapa negara, terutama di ASEAN,” jelas Shawn Xu.

Baca juga  Bengkel Spesialis Mobil Hybrid dan Listrik ala Dokter Mobil Diresmikan

Chery International memiliki sepuluh pabrik perakitan di beberapa negara dan hadir di lebih dari 80 negara dan wilayah, serta membentuk jaringan global luas, lebih dari 1.500 outlet. Ke depan, Chery International ingin memperluas kehadiran di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) dan pasar setir kanan lainnya. Serta rencana penetrasi pasar baru dengan mengincar negara-negara: Afrika Selatan, Australia, Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, dan Inggris.

Setelah full CKD di Indonesia, Chery juga akan mengembangkan kegiatan riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia. Sebagai informasi, saat ini Chery Indonesia bermitra dengan PT Handal Indonesia Motor (HIM) yang mempunyai pabrik di Pondok Ungu, Bekasi. Di fasilitas milik PT Handal, dirakit model Chery Tiggo series dan Omoda 5.

Harga Chery Omoda 5 EV

Omoda 5 EV

Interior Chery Omoda 5 EV

Di GIIAS 2023, pertama kali Chery Omoda 5 EV diperkenalkan. Mobil tersebut sudah bisa dipesan meski harga belum diumumkan secara resmi.

Shawn mengatakan jika Chery Omoda bakal di jual dengan harga kisaran Rp 600 – 700 juta. Harga tersebut cukup kompetitif bersaing dengan Hyundai Ioniq 5 di Indonesia. Performa baterai Omoda 5 EV menggunakan kapasitas 61 kwh yang bisa menghasilkan tenaga 224 PS. Kemampuan akselerasinya dari 0-100 km/jam sekitar 7,8 detik.

Baca juga  Harga BMW iX dan i4 2022, Bisa Beli 8 Wuling Air EV

Kemudian untuk jarak tempuh dalam kondisi baterai penuh mencapai 450 Km. Soal kemampuan cas baterai, Omoda 5 EV ini cukup 35 menit hingga 80 persen.

Bandingkan saja dengan kompetitor seperti Nissan Leaf yang jarak tempuh baterainya cuma 378 Km, MG 4 EV 425 Km, Hyundai Ioniq 5 384-481 Km (tergantung varian), dan Toyota bZ4X 500 Km.

Demikian ulasan terkait Chery Omoda 5 EV yang akan di rakit di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika