Friday, February 3, 2023
Banner

Daftar Pemenang Hyundai Startup Challenge 2022, Dapat Ratusan Juta!

by Tigor Sihombing
Hyundai Startup Challenge 2022

Hyundai Startup Challenge 2022 telah menemukan pemenang. Pengumuman dilakukan Hyundai Indonesia di Jakarta pada tanggal 25 November lalu. Di mana juara pertama diperoleh Tim Hear Me dengan total hadiah 32 juta won, atau dirupiahkan sekitar Rp 382 jutaan.

Sebagai informasi, Hyundai Startup Challenge (HSC) telah memasuki tahun ketiga di tahun 2022. Telah memilih deretan usaha yang dapat memberikan dampak sosial dan memecahkan berbagai masalah sosial terkait dengan sektor lingkungan, pekerjaan, kendaraan listrik, dan kesehatan di Indonesia.

Dalam lomba ini, melibatkan 826 tim  yang terdaftar pada tahap rekrutmen. Menurut Hyundai hal ini menunjukkan rasio kompetitif tertinggi yang pernah ada yaitu mencapai 55:1. Bagi 15 tim yang akhirnya terpilih, mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan mendapatkan bimbingan konsultasi dari para ahli selama program berlangsung.

Selain itu, setiap tim diberikan hibah senilai 9 juta won atau senilai Rp 107 jutaan selama program tersebut berlangsung untuk mengembangkan bisnisnya. Acara Demo Day yang berlokasi di Studio 1, Epicentrum XXI, Jakarta Selatan itu mengusung tema “Move Impact Forward, Together” dan menekankan tiga aspek penting, yaitu: Move Sustainability Forward, Move Equality Forward, dan Move Accessibility Forward. Hingga akhirnya dipilihlah 3 pemenang Hyundai Startup Challenge:

  1. Tim Hear Me
  2. Tim Syams
  3. Tim Algobash
Baca juga  Hyundai Indonesia Bangun Fasilitas Produksi Oksigen, Kapasitas 500 Ton

Hadiah untuk Pemenang Pertama Hyundai Startup Challenge Rp 382 Juta

Hyundai Startup Challenge 2022

Pemenang Hyundai Startup Challenge 2022 adalah Tim Hear Me, Syams, dan Algobash

Pemenang pertama adalah tim Hear Me, dengan karya yang dapat meningkatkan aksesibilitas bagi penderita tunarungu dalam kehidupan sehari-hari melalui pengembangan aplikasi terjemahan/interpretasi bahasa isyarat, berhasil mendapatkan hadiah sebesar 32 juta won, atau dirupiahkan sekitar Rp 382 jutaan.

Pemenang kedua adalah Syams, hasil karya yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal, membuat kerajinan tangan tradisional Indonesia melalui daur ulang yang menarik perhatian. Syams mendapatkan hadiah sebesar 16 juta won.

Pemenang ketiga, Algobash, dengan karya Enabler e-commerce bekerja pada platform berbasis teknologi untuk mendukung tenaga kerja digital, menyelesaikan kesenjangan pendidikan melalui pelatihan programmer Indonesia dan platform tanya-jawab ini, berhasil mendapatkan hadiah sebesar 8 juta won.

Hyundai Start-up Challenge Indonesia 2022 Demo Day, pertama kalinya diadakan secara offline pada tahun ini dan dihadiri oleh lebih dari 100 usaha sosial serta para investor lokal dan perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia seperti Direktur Aplikasi, Permainan, TV, dan Radio Iman Santosa, hal ini menunjukkan bahwa adanya minat yang tinggi dari masyarakat Indonesia sendiri dalam meningkatkan perubahan sosial di lingkungannya.

Baca juga  Test Drive Hyundai Ioniq, Mobil Listrik Sensasinya Beda?

“Hyundai Motor Company akan terus membantu menyelesaikan masalah sosial Indonesia melalui cara-cara kreatif dan inovatif, serta berkontribusi dalam membina wirausaha muda di berbagai bidang,” Lee Kang Hyun, Vice President Hyundai Motor Asia Pacific Headquarters

Selain itu, Direktur Aplikasi, Permainan, TV, dan Radio, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Iman Santosa, juga menyampaikan pandangannya saat memberikan sambutan.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Hyundai Motor Group, dengan adanya Hyundai Start-Up Challenge ini kami bisa bekerja sama dan mengenal karya para pemenang. Tentunya karya-karya dari para pemenang ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas perkembangan ekonomi digital di masa depan. Kemampuan dan keunggulan digital networking yang dimiliki oleh generasi muda senantiasa harus berjiwa mandiri, kreatif, kolaboratif, inovatif, dan memahami teknologi agar mampu bersaing di era 5.0, sehingga semakin memperkuat ekosistem digital di Indonesia.”

Demikian ulasan terkait Hyundai Startup Challenge 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika