Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Daihatsu Ayla Sport Lebih Mahal Rp 40 Jutaan, Lawan Agya GR Sport!

by Baghendra Lodra
daihatsu ayla sport 2023 - tampak samping

Daihatsu hadirkan Ayla Sport di GIIAS 2023. Mobil ini berbasis varian 1.2 R CVT tapi mendapat ubahan dari eksterior, interior hingga suspensinya.

“Pengembangan Ayla Sport melibatkan anak-anak muda, bukan cuma di tempat kami (Daihatsu), tapi juga hasil dari research,” kata Chief Desainer ADM, Mark Widjaja.

Untuk tahap awal, kehadiran mobil ini bertujuan memberi inspirasi bagi sahabat muda yang menginginkan Ayla Gen-2 miliknya semakin stylish. Bukan tidak mungkin ke depannya, Daihatsu menjual model tersebut, terlebih saudaranya yaitu Toyota Agya juga punya varian GR Sport.

Jika melihat modifikasi yang dilakukan untuk Ayla Sport, ubahannya sangat banyak. Eksteriornya pakai dua paduan warna yaitu oranye dan hitam. Tampilan sporty makin diperkuat lewat tambahan daytime running light (DRL), grille garnish, lamp painting, dan velg 15 inci.

Kehadiran suspensi yang dirancang khusus oleh Daihatsu dan iSpring untuk Ayla, juga membuat mobil tampak lebih sporty. Pasalnya komponen ini membuat ground clearance lebih pendek 30 mm.

Interior Ayla Sport

interior daihatsu ayla sport 2023

Ayla Sport pakai head unit 9 inci milik Rocky yang ditambahkan fitur DVR

Kemudian masuk ke interior, Ayla Sport memiliki nuansa dengan aksen oranye pada bagi steer, dashboard, door trim, dan center console menyesuaikan eksteriornya. Untuk lebih memperkuat kesan sporty, ada pula jok berbahan semi-leather warna hitam dengan tambahan lapisan oranye.

Baca juga  Cara Dongkrak Tenaga Xenia 1.000 cc, Beresiko?

Hadir pula head unit dengan ukuran lebih besar di Daihatsu Ayla Sport. Fitur hiburan tersebut berukuran 9 inci mengadopsi kepunyaan Daihatsu Rocky. Hadir pula fitur DVR, berupa kamera yang bisa merekam perjalanan. Mantap bukan?

Ayla Sport Pakai Suspensi Lebih Pendek dan Ban Sport

daihatsu ayla sport - pakai suspensi iSpring

Suspensi iSpring dibuat khususu untuk Ayla Sport

Kehadiran Daihatsu Ayla Sport 2023 seolah-olah menantang eksistensi saudaranya yaitu Toyota Agya GR Sport. Hal ini dibuktikan dari ubahan yang bukan cuma sekadar pemanis tampilan.

Ambil contoh, pabrikan berlogo D memberi Ayla modifikasi di kaki-kaki. Suspensinya menggunakan produk aftermarket dari iSpring yang lebih rendah 30 mm dibanding bawaan pabrik.

Menurut Mark Wijaya, suspensi ini merupakan pengembangan khusus dari Daihatsu dan iSpring. Jadi memang dibuat untuk Ayla Sport. Istimewanya lagi, bila konsumen Ayla ada yang tertarik, bisa langsung dibeli dan dipakai secara plug n play.

Lalu untuk velg menggunakan Pako-Fortis PLW15-01 dengan ukuran 15 inci. Bagian bak pakai GT Radial Champiro SX-R ukuran 195/50 R15 yang sangat diklaim sangat mencengkeram untuk jalanan aspal kering.

Baca juga  Daihatsu Challenge Ngabubu-Race 2022, Seru!

“Kami menguji Ayla Sport ini dan hasilnya mobil lebih menyenangkan saat diajak menikung,” kata Mark Wijaya.

Dia juga menambahkan bahwa semua komponen modifikasi yang ada di Daihatsu Ayla Sport bisa dibeli di pasaran. Sementara untuk total biaya yang dihabiskan, tidak sampai Rp 50 juta.

Mengambil momentum kehadiran Ayla Sport di GIIAS 2023, Daihatsu juga sekaligus memperkenalkan kontes modifikasi Dress Up e-Challange (DDEC) 2023. Tersedia dua pilihan kotnes yaitu Real Car Modification dan Virtual Car Modification. Untuk informasi lebih lanjut, dapat langsung mengunjungi website resmi www.daihatsu.co.id/ddec2023, yang
akan dibuka aksesnya pada September 2023.

“Daihatsu berharap, Ayla Sport bisa menjadi inspirasi bagi Sahabat muda yang kreatif dalam memodifikasi kendaraan kesayangannya agar tampil lebih stylish dengan tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan kendaraan dalam setiap modifikasi mobil yang dilakukan,” kata Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT
Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani.

Itulah tadi bahasan soal modifikasi Daihatsu untuk Ayla Sport 2023. Untuk informasi terbaru seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Baca juga  5 Perbedaan Daihatsu Taft vs Feroza, Serupa Tapi Tak Sama!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika