Detail Spesifikasi Toyota Agya, Tidak Murahan

Spesifikasi Toyota Agya – Mencari kendaraan dengan harga murah, kini bukanlah hal sulit. Terlebih mobil Low Cost Green Car (LCGC) banyak dijual di pasar otomotif Indonesia. Merek yang ditawarkan pun beragam, salah satunya adalah Toyota Agya.

Mobil mungil besutan Toyota ini tampaknya bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tengah mencari mobil dengan harga murah. Penasaran seperti apa detail spesifikasi Toyota Agya? Berikut ulasannya untuk Anda:

Desain Eksterior

spesifkasi toyota agya
Di bagian belakang, tersedia pula wiper untuk membuat visibilitas berkendara lebih baik saat hujan

Menampilkan gaya sporty dan stylish merupakan ciri khas Toyota Agya. Secara keseluruhan, mobil ini menawarkan 6 pilihan warna: kuning, merah, putih, hitam, perak, dan abu-abu gelap.

Bagian pelek, Toyota Agya menggunakan ukuran 14 inci. Bedanya untuk versi 1.0L pakai warna silver. Sementara versi 1.2L dilengkapi warna two tone yang lebih modern.

Ada pula varian TRD Sportivo. Kelebihannya punya berbagai aksesori yang membuat tampilannya semakin sportif. Tidak ketinggalan logo TRD Sportivo juga tersemat di bodinya sebagai identitas.

Desain Interior

spesifikasi Toyota Agya
Kabinnya sudah dilengkapi head unit yang bisa tersambung smartphone, namun belum layar sentuh

Beralih ke bagian dalam mobil, interior Toyota Agya didominasi warna hitam yang mampu menciptakan kesan elegan. Selain itu, mobil Toyota ini telah dibekali dengan AC, pengaturan kaca spion elektrik, power window, dan central door lock pada bagian samping pengemudi.

Di area jok, Anda akan menemukan kursi dengan head rest lengkap dengan sabuk pengaman di semua kursi. Pada kursi depan, head rest sudah jadi satu dengan jok, sehingga Anda tak bisa mengubah pengaturannya. Berbeda dengan head rest di kursi belakang yang bisa digerakkan naik turun. 

Meskipun tampak mini, namun bagian dalamnya cukup luas, lima orang bisa masuk. Bagasinya juga mampu menampung barang lumayan banyak.

Spesifikasi Mesin Toyota Agya

spesifikasi toyota agya
Ada dua pilihan mesin: 1.2L dan 1.0L

Kapasitas mesin menjadi spesifikasi Toyota Agya yang perlu dibahas selanjutnya. Pasalnya, dengan mengetahui jenis mesin penyokongnya, Anda bisa mengetahui kira-kira seberapa hebat performa Toyota Agya.

Menyoal kubikasi mesin yang digunakan, Toyota Agya menawarkan dua pilihan yaitu 998 cc untuk Toyota Agya seri 1.0 G M/T dan 1.197 cc untuk 4 seri lainnya seperti 1.2 G M/T, 1.2 G A/T, 1.2 G M/T TRD, dan 1.2 G A/T TRD.

Adapun tipe mesin yang digunakan juga memiliki 2 variasi. Toyota Agya 998 cc disokong 3 Cylinder in-line 12 Valves, DOHC, VVT-i dengan daya mencapai 67 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimum 89 Nm/4.400 rpm.

Sedangkan Toyota Agya 1.197 cc menggunakan tipe mesin 4 Cylinder in-line 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i yang mampu menghasilkan daya hingga 88 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi sebesar 108 Nm/4.200 rpm.

Saat mobil dalam kondisi minim penumpang, tenaga yang dihasilkan terbilang cukup. Pas bagi Anda yang ingin keliling santai mengitari kota.

Baca juga:

Spesifikasi Fitur Toyota Agya

Agya dilengkapi fitur side impact beam yang menjaga penumpang dari potensi cedera ketika terjadi benturan

Bicara mengenai fitur, artikel kali ini akan membahas fitur entertaiment dan keselamatan yang ditawarkan Toyota Agya. Di bagian setir, Anda akan menemukan pengaturan audio dan channel.

Head unit milik Toyota Agya memang belum layar sentuh, namun sudah bisa dikoneksikan dengan smartphone melalui bantuan bluetooth. Berkendara pun jadi lebih relaks dengan iringan musik yang menemani Anda sepanjang perjalanan.

Meski termasuk dalam kategori mobil terjangkau, namun Toyota membekali seri satu ini dengan fitur keselamatan yang baik. Total ada 6 fitur keselamatan yang diusung Toyota Agya.

Ada fitur side impact beam yang berfungsi meminimalisasi benturan di sisi samping ketika terjadi tabrakan. Di bagian pengemudi, seluruh varian Toyota Agya memiliki sistem power steering dan dual SRS airbags dengan fungsi yang sama dengan side impact beam.

Khusus tipe 1.2 TRD terdapat fitur Anti-lock Braking System (ABS) yang membuat mobil tetap dalam kendali Anda ketika terjadi pengereman mendadak. Tanpa ABS, pengereman mendadak biasanya membuat roda terkunci sehingga mengakibatkan mobil tetap meluncur serta susah dikendalikan.

Tak jarang, para penumpang lupa mengenakan sabuk pengaman. Untuk itu, Toyota Agya hadir dengan pengingat penggunaan sabuk pengaman.

Bagi Anda yang membawa bayi di bawah 15 bulan selama perjalanan, tersedia fitur isofix dan Toyota mini sebagai dudukan yang nyaman untuk si kecil.

Itulah ulasan mengenai spesifikasi Toyota Agya sebagai salah satu city car terlaris di pasaran. Sudah siap untuk membelinya? 

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *