oleh

4 Keunggulan Yamaha R15 Bekas

Harga Yamaha R15 Bekas – Meski di pasaran makin banyak varian motorsport yang dijual, Yamaha R15 masih jadi idaman bagi sebagian pengendara. Apalagi, kualitas yang ditawarkan juga unggul. Tak ayal, sekalipun unit Yamaha R15 dijual dalam kondisi bekas, tetapi harganya cukup menguras kantong.

Hadir sejumlah varian baru dari kompetitor, namun Yamaha R15 punya harga yang stabil meskipun kondisinya bukan baru alias bekas. Lantas hal yang membuat harga Yamaha R15 bekas tidak terjun bebas dari barunya.  Inilah sejumlah alasan mengapa harga Yamaha R15 bekas masih tinggi.

 

1. Dilengkapi dengan fitur Variable Valves Actuation(VVA)

2 15
Mesin 155cc dengan katup variabel (VVA)

Pernah dengar mengenai Variable Valves Actuation (VVA)? Jadi, VVA merupakan salah satu teknologi buatan Yamaha yang sudah diaplikasikan ke sejumlah tipe motor keluaran Yamaha termasuk seri R15.

Melalui teknologi ini, pengendara bisa menikmati performa motor yang lebih bertenaga. Di sisi lain, katup variabel (VVA) juga membantu penyebaran tenaga dan torsi secara merata pada semua putaran mesin. Alhasil, tenaga motor akan tetap stabil baik di putaran rendah maupun tinggi. Keuntungan terakhir yang bisa Anda nikmati adalah jumlah konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

Bagaimana teknologi VVA bekerja? Umumnya, mesin yang mempunyai tenaga bagus di putaran atas, maka putaran bawahnya tidak terlalu bertenaga. Demikian pula sebaliknya. Di sinilah katup variabel (VVA) bekerja.

Baca juga  Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Lexi S

VVA akan membantu menyuplai gas pada masing-masing putaran mesin melalui 2 profil yang berbeda. Satu untuk putaran atas dan satu lagi untuk putaran bawah. Dengan demikian, antara putaran bawah dan atas akan mendapatkan asupan gas yang sama sehingga performa motor lebih stabil pada semua kondisi.

 

2. Dilengkapi Die Aluminium Silicon (Diasil Cylinder) dan Forged Piston

1 10
Diasil & forged piston bikin perfroma makin mantap

Alasan kedua mengapa harga Yamaha R15 bekas masih mahal karena dilengkapi dengan diasil cylinder dan  forged piston. Ke dua teknologi ini seolah tidak bisa dipisahkan satu sama lain dalam memaksimalkan kinerja mesin.

Diasil merupakan material campuran silikon dan aluminium yang digunakan untuk ruang pembakaran. Sifatnya terbilang keras dan tahan aus. Selain itu, Diasil juga disebut-sebut punya kemampuan pendinginan yang lebih baik. Teknologi ini pun diklaim ramah lingkungan karena mudah didaur ulang.

Forged piston adalah salah satu jenis piston yang terbuat dari besi yang sudah ditempa. Daripada piston konvensional, forged piston memiliki kekuatan yang lebih unggul karena tahan panas. Inilah alasan mengapa piston ini sering digunakan oleh motor balap.

D sisi lain, forged piston dibuat dari bahan yang ringan, namun tetap kuat. Akibatnya, gesekan pun lebih berkurang dan suara berisik bisa direduksi. Oleh karena itu, kinerja mesin jadi lebih enteng dan irit bahan bakar.

Baca juga  Mau Beli Yamaha R25 Movistar? Ini Review dan Spesifikasi Lengkapnya

Daftar Harga Motor Sport 150cc di Indonesia

Produk Kelebihan Harga
Yamaha R15 Performa Mesin Mantap Cek Promo di Sini!
Suzuki GSX-R150 Fitur Keyless dan Harga Terjangkau Cek Promo di Sini!
Honda CBR150R Desain Keren Cek Promo di Sini!

 

3. Mesinnya Didukung Fitur Assist and Slipper Clutch

3 10
Sudah dilengkapi assist and slipper clutch

Slipper clutch biasanya diaplikasikan pada motor dengan performa tinggi. Tujuannya adalah mengurangi hentakan saat terjadi engine brake. Engine brake sendiri merupakan salah satu teknik pengereman yang dilakukan untuk mengurangi kecepatan yang terjadi secara mendadak. Biasanya digunakan ketika melewati jalanan menurun yang panjang.

Assist dan slipper clutch juga membantu meminimalisasi potensi roda mengunci akibat engine brake. Bagi komponen lain seperti ban, gir, dan rantai, keberadaan assist dan slipper clutch ini membuat usia komponen lebih tahan lama karena minim hentakan. Assist berefek ke kopling yang jadi ringan ketika ditekan. Sementara, slipper clutch mencegah roda belakang selip saat pengendara menurunkan gigi transmisi terlalu cepat.

 

4. Motorsport Unggul di Kelasnya

pjimage 4
Motorsport 150cc unggul di kelasnya

Di Indonesia, segmen motorsport fairing masih didominasi oleh Yamaha R15, Honda CBR150R, dan Suzuki GSX-R150. Di antara ke tiganya, Yamaha R15 dinilai mempunyai performa yang lebih unggul karena kubikasi mesinnya didesain lebih besar yaitu 155cc, sedangkan Honda CBR150R memiliki mesin 150cc dan Suzuki GSX-R150 berkapasitas 147,3cc.

Baca juga  Emblem Gold 3D Bikin Lexi Makin Luxury, Begini Tampilannya!

Dengan kapabilitas mesin seperti itu, pantas saja bila tenaga dan torsi yang dihasilkan Yamaha R15 lebih besar daripada Honda dan Suzuki. Untuk meningkatkan penampilan Yamaha R15 agar lebih sporty, suspensi bagian depan menggunakan upside down.

Itulah 4 keunggulan yang membuat harga Yamaha R15 bekas masih tinggi. Nah, apakah Anda tertarik untuk memilikinya? Bila demikian, Anda bisa membeli Yamaha R15 bekas secara online. Kalau mau membawa pulang Yamaha R15 versi baru, Anda juga bisa mendapatkannya di Moladin dengan cicilan dan tenor yang bisa dipilih.

Apakah Anda tertarik untuk membelinya? Caranya mudah dan tidak perlu ribet. Kini melakukan pembelian dengan cara online ataupun kredit jadi lebih mudah. Caranya cukup dengan melakukan klik link ini! Dapatkan penawaran cicilan ringan dengan promo DP rendah dan harga terbaik untuk Yamaha R15.

Baca juga:

Terbaru