by

Honda Forza 250 Terbaru Meluncur di Jepang, Ada Ubahan?

Honda Jepang tengah mempersiapkan kehadiran Forza 250 terbaru. Dari rilis resmi pabrikan berlogo sayap, tampak ada sejumlah ubahan yang hadir di motor matik gambot ini.

Revisinya mulai dari fitur, desain, hingga performa mesin. Peluncurannya sendiri siap dilakukan pada 25 Maret 2021.

Di sisi lain, PT Astra Honda Motor juga telah meluncurkan Honda Forza 250 terbaru untuk pasar Indonesia pada bulan Februari 2021. Lalu apakah motor yang ada di Jepang dan Indonesia serupa? Adakah ubahan yang lebih istimewa untuk pasar Negeri Sakura?

Untuk mengetahui jawabannya, simak bahasan detail terkait Honda Forza 2021 versi Jepang di bawah ini:

Ubahan Honda Forza 250 Terbaru Versi Jepang

honda forza 250 terbaru
Di Jepang dijelaskan bahwa Forza 250 mengalami revisi untuk sektor rangka dan posisi radiator

Pada model terbaru Forza 250 untuk pasar Jepang, Honda melakukan pembaruan pada sektor rangka. Revisi beberapa bagian rangka ini diyakini mampu meningkatkan kestabilan berkendara dan memberikan kenyamanan berkendara yang maksimal.

“Kami meninjau ulang diameter pipa, ketebalan pelat, dan material yang berhubungan dengan rangka, serta posisi sambungannya,” seperti dikutip dari rilis resmi Honda Jepang.

Baca juga  3 Kekurangan Yamaha Gear 125, Mio Ganti Baju?

Posisi radiator atau sistem pendinginan mesin dengan cairan yang semula diletakkan di belakang tangki bensin, kini berpindah ke bagian depan. Revisi ini selain meningkatkan efek pendinginan, juga untuk menyesuaikan beban dengan roda bagian depan. Sehingga berkendara juga jadi stabil dan nyaman.

Mengenai ubahan rangka dan penempatan radiator ini, AHM tidak mencantumkannya di rilis resmi saat peluncuran Honda Forza 250 terbaru di Indonesia beberapa waktu lalu.

Ketika kami mencoba meminta konfirmasi dari AHM, apakah Honda Forza 250 terbaru yang dijual di Indonesia dan Jepang berbeda? Sampai berita ini diturunkan, belum ada jawaban dari mereka.

Hanya saja memang kalau melihat spesifikasi resmi, tidak tampak perbedaan jelas di atas kertas antara Forza 2021 versi Indonesia dan Jepang. Misalnya dari sisi dimensi, ukuran roda, hingga jantung mekanis benar-benar serupa

Untuk urusan dapur pacunya, tak perlu diragukan lagi. Honda Forza 250 terbaru dibekali dengan mesin eSP+ satu silinder 4 tak, 4 katup, Single Over Head Chamsaft (SOHC) berkapasitas 249 cc.

Baca juga  Jangan Beli All New Nmax ABS, Sebelum Baca Ini

Konfigurasi mesin itu mampu menghasilkan tenaga yang tidak bisa dianggap sepele. Tenaga yang disemburkan mencapai hingga 23 PS pada putaran 7.750 rpm dan torsi maksimum yang dihasilkan adalah 23,5 Nm pada putaran 6.250 rpm.

Fitur-Fitur Modern di Honda Forza 250 2021

honda forza 250 jepang
Pilihan warna Forza 250 di Jepang tidak sebanyak Indonesia

Bicara fitur, Honda Forza 250 terbaru di Jepang juga tidak ada beda dengan yang sudah meluncur di Indonesia. Sebut saja memiliki teknologi emergency stop signal (ESS) atau lampu darurat.

Fungsi ESS sebagai sebagai penanda kala pengendara melakukan pengereman mendadak. Alhasil pengendara di belakang lebih waspada karena melihat lampu darurat itu.

USB Charger juga dihadirkan, guna membantu pengendara mengisi daya baterai gadget seperti smartphone dan lain sebagainya. Untuk membawa barang bawaan, ada bagasi super lega hadir di bawah jok. Di dalamnya sanggup menampung dua helm full face.

Tak cuma itu, top box berkapasitas 35 liter turut dihadirkan. Hanya saja untuk aksesoris ini, dijual secara terpisah. Dalam menampung bahan bakar, tangki yang dibopong oleh Honda Forza 250 mampu menampung bahan bakar hingga 11 liter.

Baca juga  5 Pilihan Motor Matic Nyaman untuk Ibu-Ibu dengan Segudang Aktivitas

Menyoal fitur keselamatan, Honda Selectable Torque Control (HSTC) juga turut hadir memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Keyless, serta windshield elektrik yang lebih tinggi juga hadir di kakak Honda PCX 160 tersebut.

Dalam peluncurannya nanti, Honda Forza 250 terbaru untuk pasar Jepang bakal hadir dalam 3 pilihan warna yakni, Pearl Horizon White, Indie Grey Metallic, dan Matt Gun Powder Black Metallic. Sementara di Indonesia tersedia empat pilihan warna, dengan tambahan Candy Rosy Red.

Menyoal harga jualnya, Honda Forza 250 model 2021 ini dibanderol dengan harga 698.900 Yen atau sekitar Rp 87,3 jutaan di Negeri Sakura. Beda tipis dengan di Indonesia yang mencapai Rp 83,81 juta (OTR Jakarta).

Bagaimana, kamu tertarik? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru