by

Ini Aliran Modifikasi Jazz yang Banyak Dipilih

Mobil Honda Jazz memang sering kali dimodifikasi. Salah satu aliran modifikasi Jazz yang sering dipilih adalah street racing.

Beberapa alasan yang diungkapkan oleh pemilik Honda Jazz dalam memodifikasi adalah karena memang tingkat kemudahannya. Kebanyakan, modifikasi Jazz street racing dipilih karena masih bisa digunakan pemiliknya untuk berkendara sehari-hari.

Di samping itu, komponen aftermarket yang ingin diaplikasikan sangat mudah didapat di beberapa bengkel modifikasi. Terlebih, banyak modifikator merasa bahwa modifikasi street racing sebagai representasi diri mereka yang dituangkan dalam sebuah karya modifikasi.

Untuk penggunaan komponennya pun terbilang mudah, sebut saja bumper dengan styling racing, komponen ini sangat mudah didapatkan. Ditambah dengan penggunaan pelek racing yang biasanya memiliki motif palang lima atau enam, pilihan yang disediakan oleh bengkel kustom sangat banyak ditemui di pasaran.

Tidak hanya itu, selain pelek racing, bagian lainnya seperti profil ban dan tire paint juga mampu menambah aura racy pada modifikasi Honda Jazz.

Alasan Pilih Gaya Street Racing untuk Modifikasi Honda Jazz

Honda Jazz 2021
Sosok Honda Jazz sebelum dimodifikasi

Salah satu modification enthusiast, Reindy Riupassa, menjelaskan alasan banyak pemilik mobil melakukan modifikasi beraliran street racing karena hasil modifikasi bisa sangat dikenal dan cukup eye catching.

Baca juga  Honda Berikan City Hatchback RS Untuk Greysia dan Apriyani!

“Karena menurut saya kalau racing look itu mencakup banyak aspek, kita bisa bergaya seperti drag look, mobil touring car, dan rally look. Alasannya adalah kalau mobil racing look sangat eye catchying dan gampamg dikenali. Kalau rally kan bisa kita lihat ada kepet di ban yang menjadi identitasnya, penggunaan ban yang juga lebih identik,” jelas Reindy.

Dalam melakukan modifikasi Jazz beraliran street racing, beberapa komponen yang sering diganti selain yang sudah disebutkan, ada juga penggunaan komponen aftermarket lainnya yang menambah kesan street racing begitu kuat. Sebut saja, bonnet pin, tow strap, sampai pemasangan jok racing yang banyak ditemui di toko aftermarket.

Namun dari sisi interior, beberapa komponen yang biasanya dipasang antara lain adalah pedal box, shift knob, sampai instalasi gauges yang di tempatkan di dashboard, menjadi jal yang paling sering dilakukan untuk modifikasi Jazz bergaya street racing.

Di samping itu, selain permainan pada penggunaan komponen aftermarket, hal lain yang juga mampu menopang gaya modifikasi street racing adalah penggunaan part karbon. Beberapa penggemar modifikasi percaya bahwa pemasangan aksen karbon menambah esensi racing yang begitu kental. Beberapa sektor yang sering menggunakan part karbon antara lain adalah kap mesin, side skirt, rear spoiler, sampai beberapa bagian di kabin.

Baca juga  5 Perbedaan Honda CR-V Facelift 2021 Vs Lama

Sementara warna yang diaplikasikan, biasanya juga tidak jauh-jauh dari penggunaan warna netral, seperti hitam, putih, merah dan biru. Hal ini juga dikarenakan warna tersebut dianggap merepresentasikan nilai dari aura racing tersebut.

Berapa Biaya Modifikasi Jazz Street Racing?

Modifikasi Jazz aliran street racing
Biaya modifikasi Honda Jazz berkisar Rp 50 juta sampai Rp 150 juta (foto: JakartaWorks)

Dalam memilih aliran street racing, tentunya keinginan tersebut harus disertai dengan finansial yang cukup. Pasalnya, untuk memuluskan ide yang sudah dimiliki modifikator untuk merealisasikannya, butuh dana yang tidak sedikit juga.

Dalam hal ini, budget yang harus dipersiapkan untuk modifikasi Jazz Street racing sekitar Rp 50 juta sampai Rp 150 juta. Dana tersebut, untuk merombak beberapa sektor seperti interior dan eksterior.

Menurut Ria Afriliani, salah seorang modification enthusiast dan pemilik akun JakartaWorks, menjelaskan bahwa biayanya untuk pengerjaan dan pembelian spare part, dan kadang sudah termasuk dengan penghitungan jasa pengerjaan.

“Biayanya biasanya sekitar Rp 50 juta sampai Rp 150 jutaan. Kalau bicara all in, biaya tersebut di luar pembelian mobil pastinya, hanya untuk pengerjaan dan pembelian spare part yang dibutuhkan,” jelas dara yanh kerap disapa Neng April ini.

Baca juga  Honda HR-V Hybrid Segera Hadir Untuk Lawan C-HR Hybrid

Sementara mengenai beberapa workshop yang recommended dalam hal pengerjaan modifikasi, banyak bengkel yang bertebaran di sekitar Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan Pulau Bali untuk menjadi pilihan pemilik mobil yang ingin memodifikasi Jazz kesayangannya menjadi lebih kece lagi.

“Bengkelnya ada beberapa yang bisa mengerjakan modifikasi, dan itu tersebar di beberapa wilayah. Untuk di Pulau Jawa, ada beberapa workshop, seperti di Bandung ada Galaxy Autoconcept, Surabaya ada Evan Autoconcept, Tasik ada RPM Custom dan Depok ada HJ Autowork. Kalau di Pekanbaru ada Creative Automodified, dan di Pulau Bali ada juga namanya bengkelnya DS Autoproject,” tambah Neng April.

Dalam melakukan modifikasi, para modifikator ini harus menjaga keselarasan tema mulai dari penggunaan pelek, komponen aftermarket, sampai penggunaan aksesoris lainnya yang bisa menambah esensi racing pada modifikasi Jazz.

Sebagai informasi, saat ini Honda Jazz sudah tidak lagi dijual dalam kondisi baru di Indonesia. Mobil hatchback tersebut digantikan Honda City Hatchback RS dengan berbagai revisi dari sisi tampilan, fitur, dan mesin.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru