Thursday, October 6, 2022

Interior Hyundai Stargazer, Lebih Nyaman dari Veloz dan Xpander?

by Firdaus Ali
Interior Hyundai Stargazer

Membahas Interior Hyundai Stargazer memang menarik. Sebab mobil LMPV pesaing Veloz dan Xpander ini banyak yang masih menyangsikan soal kelegaan dan kenyamanan duduk di dalam kabinnya untuk keluarga. 

Sebelum membahas lebih detail, kamu perlu ketahui dulu dimensi bodi Hyundai Stargazer. MPV Korea Selatan ini mempunyai panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.695 mm.

Kemudian untuk kompetitor seperti Toyota Veloz memiliki dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.700 mm. Lalu Mitsubishi Xpander dimensi panjangnya adalah 4.595 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.750 mm.

Dari data tersebut, Hyundai Stargazer memang kalah panjang dan tinggi dibanding para rivalnya. Namun untuk lebar, Hyundai Stargazer lebih unggul dibanding Toyota Veloz ataupun Mitsubishi Xpander.

Nah, apakah lebarnya dimensi Stargazer berefek ke kenyamanan interior? Pada kesempatan ini, team Moladin sudah mencoba duduk di bangku driver, baris kedua dan baris ketiga. Tidak ketinggalan kami juga ukur keluasan bagasinya.

Lebih menariknya dalam mengetahui kenyamanan interior Hyundai Stargazer, kami juga mengikutsertakan para kompetitor seperti Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander. Berikut bahasan lengkapnya:

Kenyamanan Duduk di Jok Depan, Tengah, dan Belakang Hyundai Stargazer

interior hyundai stargazer 001

Jok paling belakang Stargazer lebih lega dibanding Toyota Veloz, tapi kalah lega dari Mitsubishi Xpander

Pengujian kenyamanan duduk di interior Hyundai Stargazer Vs Mitsubishi Xpander Vs Toyota Veloz ini dilakukan oleh tiga orang secara bersamaan, dengan postur berbeda. Orang pertama yang duduk di bangku depan memiliki tinggi badan 186 cm. Orang kedua di bangku tengah 178 cm. Sementara yang di baris ketiga punya tinggi 168 cm.

Baca juga  Ekspor Toyota Capai 72 Ribu Unit, Veloz Laris di Arab!

Hasilnya untuk bangku baris pertama, ketiga mobil tersebut masih terasa nyaman. Dalam artian leg room dan head room masih sangat luas.

Pengujian jok baris kedua, Stargazer hanya menyisakan leg room 1 cm. Lalu Mitsubishi Xpander juga 1 cm. Sementara Toyota Veloz, kaki mentok jok depan alias tidak tersedia leg room sama sekali.

Selanjutnya untuk jok baris ketiga, interior Hyundai Stargazer yang paling belakang ini ternyata cukup luas dengan menyisakan leg room 2 cm. Mitsubishi Xpander lebih luas lagi dengan 4 cm. Lalu untuk Toyota Veloz, lagi-lagi tidak menyisakan leg room di jok paling belakang.

Tidak hanya itu, head room Toyota Veloz juga lebih mepet dibanding Stargazer dan Xpander untuk tiap baris bangku.

Walau demikian, bukan berarti Toyota Veloz kalah segala-galanya. Salah satu yang membuat mobil ini lebih nyaman dibanding Hyundai Stargazer dan Mitsubishi Xpander adalah kehadiran headrest di jok tengah baris kedua. Itu memastikan, 7-orang di dalam kabin mendapat kenyamanan serupa saat berkendara.

Bagasi Hyundai Stargazer Paling Sempit Dibanding Veloz dan Xpander

interior hyundai stargazer - bagasi

Bagasi Hyundai Stargazer punya kapasitas 472,7 liter

Selanjutnya, kita akan membahas interior Hyundai Stargazer khususnya kapasitas bagasi. Apakah Stargazer punya bagasi yang lebih lega dibanding Xpander dan Veloz?

Baca juga  Stargazer Versi SUV Bakal Hadir di Indonesia? Ini Kata Hyundai

Seperti diungkapkan sebelumnya bahwa panjang Stargazer kalah dengan Xpander maupun Veloz. Tentu hal ini juga berpengaruh pada kapasitas bagasinya. Dari pengujian ini terbukti bahwa kekurangan Hyundai Stargazer dibanding kompetitor adalah kapasitas bagasinya yang kecil. Tidak percaya?

Pengukuran kapasitas bagasi kami lakukan dengan menggunakan meteran. Kemudian cara mengukurnya adalah dengan rumus panjang x lebar x tinggi (sampai head rest). Perlu diingat, pengukuran ini dilakukan dengan bangku baris ketiga terlipat sepenuhnya.

Saat team Moladin mengukur dengan meteran, bagasi Hyundai Stargazer mempunyai panjang 103 cm, lebar 102 cm dan tinggi 45 cm. Jadi jika ditotal dan dikonversi ke liter hasilnya adalah 472,7 liter.

Lanjut ke kapasitas bagasi dari Xpander. Mobil ini mempunyai ukuran panjang bagasi panjang 107 cm, lebar 103 cm dan tinggi 45 cm. dan hasilnya setelah dikonversi ke liter adalah 495,9 liter.

Sementara itu untuk Toyota Veloz mempunyai ukuran kapasitas bagasi yaitu panjang 104 cm, lebar 103 cm dan tinggi 47 cm. hasilnya setelah dikonversi ke liter adalah 498,6 liter atau menjadi LMPV dengan bagasi terluas.

Baca juga  Pesanan Hyundai Ioniq 6 Membludak, Produksi 2023!

Kelebihan Fitur Interior Stargazer Dibanding Rival

Kekurangan Hyundai Stargazer

Interior baris pertama Hyundai Stargazer

Meski kalah dalam kapasitas bagasi, nyatanya soal kenyamanan penumpang, interior Hyundai Stargazer punya keunggulan yang tidak dimiliki oleh Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander.

Kelebihan yang pertama adalah bangku baris kedua dari Hyundai Stargazer menawarkan dua pilihan: Standar dan captain seat. Jadi, selain terlihat lebih elegan, penumpang baris kedua tentunya lebih nyaman saat perjalanan jauh bila menggunakan captain seat.

Tak hanya itu, penumpang baris kedua sebelah kiri juga sudah disediakan meja lipat. Alhasil, jika penumpang ingin menaruh makanan ringan atau buku catatan sudah tidak repot lagi.

Masih untuk kenyamanan penumpang, Stargazer juga menyediakan wireless charging, colokan USB untuk bangku baris kedua dan colokan listrik 12V di bangku baris ketiga. Oh ya, fitur wireless charging sebenarnya juga dimiliki oleh Toyota Veloz, namun untuk Xpander belum memilikinya.

Selain itu, tersedia pula tombol SOS di plafon konsol tengah. Fungsinya meminta bala bantuan dari Hyundai, bila kamu dalam keadaan darurat di perjalanan. 

Lalu soal headunit pakai touchscreen berukuran 8 inci yang sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android. Untuk memanjakan telinga dalam mendengarkan musik di perjalanan, Stargazer menyediakan 6 titik speaker bagi penumpangnya. Kalau fitur yang ini, sesungguhnya para rival juga memiliki.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Interior Hyundai Stargazer. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika