Minggu, September 25, 2022

Wuling Air EV Mulai Diproduksi di Cikarang, Target Ekspor!

by Tigor Sihombing
Wuling Air EV

Wuling Air EV mulai diproduksi massal di pabrik perakitan Wuling Motors di bilangan Cikarang, Jawa Barat pada 8 Agustus 2022. Peresmian produksi perdana kendaraan listrik tersebut ditandai dengan pengisian daya baterai Air EV secara simbolis oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto.

Pabrik Wuling Air EV di Cikarang didukung dengan empat fasilitas produksi dan terintegrasi dengan supplier park yang berada di dalam satu kawasan seluas 60 hektar.

Fasilitas tersebut terdiri dari Press Shop, area untuk memproduksi komponen rangka dan bodi melalui proses stamping yang canggih. Body Shop yang dirancang untuk menyatukan seluruh komponen rangka dan bodi dengan proses welding yang akurat.

Kemudian ada Paint Shop untuk mengecat seluruh bodi mobil yang memenuhi syarat dengan teknologi cat terdepan. Kemudian, General Assembly yang dirancang untuk merakit seluruh komponen mobil, dan area terakhir adalah fasilitas pengujian kualitas untuk memastikan kualitas terbaik dari Wuling Air ev sebelum sampai ke tangan konsumen.

Didukung oleh fasilitas yang dilengkapi dengan beragam teknologi modern, pabrik Wuling di Indonesia memiliki kompetensi untuk memproduksi tidak hanya mobil dengan mesin pembakaran internal, tetapi juga mobil listrik.

Baca juga  Soal Asuransi Mobil Listrik, Hyundai Belum Ada Mitra Yang Cocok

Wuling Air ev merupakan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) terbaru yang dikembangkan oleh Wuling untuk dunia dan Indonesia menjadi negara pertama yang memproduksinya,” kata Shi Guoyong selaku President Director Wuling Motors.

“Kami pun bangga bahwa kendaraan listrik hasil produksi putra putri Indonesia ini memiliki kualitas yang mampu berkompetisi di pasar domestik, namun juga mancanegara,” tambahnya.

Wuling Ekspor Air ke Beberapa Negara

Wuling Air EV diproduksi di cikarang

Lebih lanjut, Dian menyampaikan bahwa Wuling Air ev akan diluncurkan secara resmi di GIIAS 2022 pada 11 Agustus mendatang.

Brand & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani menyampaikan bahwa Wuling Air EV mulai diproduksi di Cikarang dengan target 10.000 unit per tahun. Kapasitas produksi tersebut akan memenuhi pasar domestik dan juga akan diekspor ke beberapa negara di dunia untuk ke depannya.

“Indonesia ini menjadi basis produksi untuk setir kanan di dunia. Kami masih menjajaki untuk ekspor dan memang beberapa negara sudah menyampaikan ketertarikan untuk memasarkan mobil Wuling Air EV ini,” katanya.

Baca juga  Mobil Listrik MG 4 EV, Siap Tantang Hyundai Ioniq 5

Lebih lanjut, Dian menyampaikan bahwa Wuling Air ev akan diluncurkan secara resmi di GIIAS 2022 pada 11 Agustus mendatang. Spesifikasi lengkap berserta harga juga baru akan diumumkan pada pameran otomotif berskala internasional tersebut.

Namun, Dian menjelaskan bahwa mobil ini dapat dengan mudah melakukan pengisian daya. Wuling Air ev dapat diisi dengan colokan di rumah dengan daya sebesar 2.200 watt.

Demikian ulasan terkait Wuling Air EV yang mulai di produksi di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika