Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Jenis, Fungsi dan Harga Dempul Mobil 2023

by Tigor Sihombing
Dempul mobil

Dempul mobil adalah salah satu komponen penting dalam perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Dempul digunakan untuk mengisi dan menutupi permukaan yang tidak rata atau rusak pada bodi mobil.

Dengan adanya dempul, kendaraan dapat kembali memiliki penampilan yang mulus dan estetis. Artikel ini akan membahas jenis-jenis dempul mobil, fungsi-fungsi utama, serta harga-harga yang berlaku pada tahun 2023.

Jenis Dempul Mobil

image105

Di pasaran terdapat jenis-jenis dempul yang sering digunakan oleh kendaraan. Berikut contoh-contohnya:

1. Dempul Polyester

Dempul polyester adalah salah satu jenis dempul yang paling umum digunakan dalam perbaikan mobil. Dempul ini terbuat dari campuran bahan polyester dan resin.

Salah satu keuntungan dempul polyester adalah kemampuannya untuk mengisi lubang dan retak pada bodi mobil dengan baik. Dempul polyester juga cepat mengering, tahan air, dan dapat dicat dengan baik setelah pengaplikasian.

2. Dempul Epoxy

Dempul epoxy terdiri dari campuran resin epoxy dan serat kaca. Dempul ini sangat kuat dan tahan terhadap tekanan serta gesekan.

Keunggulan dari dempul epoxy adalah daya tahan yang tinggi terhadap air dan zat kimia, sehingga cocok untuk digunakan pada area mobil yang sering terkena air seperti area bawah mobil atau bagian yang terkena tumpahan bahan kimia.

3. Dempul Aluminium

Dempul aluminium adalah dempul yang mengandung bubuk aluminium sebagai bahan pengisi. Dempul ini memiliki keunggulan dalam hal ketahanan terhadap korosi dan tahan terhadap panas. Dempul aluminium sering digunakan pada perbaikan bodi mobil yang membutuhkan daya tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem dan suhu tinggi.

Baca juga  Bengkel Cat dan Bodi Mitsubishi Hadir di Karawang, Harga Miring!

Fungsi Dempul Mobil

Dempul Mobil

Titik las atau kropos perlu ditutupi dan dihaluskan agar hasil perbaikan terlihat rata dan tidak terlihat sebagai tambalan yang kasar.

1. Meratakan Permukaan

Salah satu fungsi utama dempul adalah untuk meratakan permukaan bodi mobil. Permukaan yang tidak rata bisa disebabkan oleh goresan, bekas pengikisan cat, atau kerusakan akibat benturan. Dempul digunakan untuk mengisi dan meratakan area yang tidak rata sehingga bodi mobil tampak mulus dan rapi.

2. Mengisi Lubang dan Retak

Dempul digunakan untuk mengisi lubang atau retak pada bodi mobil. Lubang atau retak ini bisa disebabkan oleh korosi, benturan, atau proses pengelasan. Mengisi lubang dan retak adalah langkah penting dalam perbaikan bodi mobil untuk memastikan keamanan dan estetika kendaraan.

3. Menutupi Titik Las

Saat melakukan perbaikan bodi mobil, terkadang diperlukan pengelasan untuk menyambungkan bagian-bagian yang rusak. Titik las ini perlu ditutupi dan dihaluskan agar hasil perbaikan terlihat rata dan tidak terlihat sebagai tambalan yang kasar. Dempul digunakan untuk menutupi titik las dan menciptakan permukaan yang rata.

4. Mempersiapkan untuk Pengecatan

Dempul juga berfungsi sebagai persiapan sebelum proses pengecatan. Setelah permukaan bodi diisi dan diratakan dengan dempul, selanjutnya bisa dilakukan proses pengecatan untuk mengembalikan tampilan bodi mobil seperti semula atau memberikan tampilan baru sesuai dengan keinginan pemilik.

Baca juga  Rekomendasi Wax Mobil Terbaik, Harga, dan Cara Pakainya

Harga Dempul Mobil 2023

Dempul Mobil

Ragam harga dempul di pasaran marketplace

Harga dempul mobil dapat bervariasi tergantung pada jenis, merek, dan kualitas produk. Berikut adalah perkiraan harga dempul mobil untuk tahun 2023 berdasarkan jenis:

1. Dempul Polyester

Harga: Rp 50.000 – Rp 150.000 per kaleng, tergantung ukuran dan merek. Misal dempul body merek Alfaglos Polyster Putty kemasan 1 KG + Hardener di marketplace dijual seharga Rp 84 ribu

2. Dempul Epoxy

Harga: Rp 80.000 – Rp 200.000 per kaleng, tergantung ukuran dan merek. Misal Belkote Epoxy Filler Surfaces Black 1L 1 set dijual dengan harga Rp 108 ribu.

3. Dempul Aluminium

Harga: Rp 60.000 – Rp 280.000 per kaleng, tergantung ukuran dan merek. Misal untuk dempul alumunium merek Sanpolac untuk kemasan 1 Kg dijual dengan harga Rp 64 ribu.

Perlu diingat bahwa harga-harga ini bersifat perkiraan dan dapat berubah sesuai dengan lokasi, toko, dan kondisi pasar. Selalu pastikan untuk membandingkan harga dan kualitas produk sebelum membeli dempul mobil.

Tips Memilih Dempul Mobil

dempul mobil

Jangan tergiur harga murah, karena dempul yang kurang baik umumnya memiliki daya rekat lemah dan sulit dibentuk.

1. Perhatikan Jenis Bodi Mobil

Pilihlah jenis dempul yang sesuai dengan jenis bodi mobil kamu. Misalnya, jika mobil kamu memiliki bodi yang rentan terhadap korosi, dempul aluminium mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Baca juga  Perkembangan dan Kualitas Cat Mobil Daihatsu, Awalnya Pakai Kuas

2. Kualitas Produk

Pastikan memilih dempul dengan kualitas baik untuk memastikan hasil perbaikan yang tahan lama dan estetis. Unutk menggali informasi ini tidak ada salahnya lakukan cross check ke forum-forum sosial media yang membahas produk tersebut.

3. Kemudahan Penggunaan

Pilihlah dempul yang mudah diaplikasikan dan dihaluskan untuk memudahkan proses perbaikan. Jangan tergiur harga murah, karena dempul yang kurang baik umumnya memiliki daya rekat lemah dan sulit dibentuk.

4. Konsultasi Ahli

Jika kamu tidak yakin memilih jenis atau merek dempul yang tepat, konsultasikan dengan ahli perbaikan mobil atau tukang cat terpercaya.

Sebagai informasi tambahan, dalam dunia perawatan dan perbaikan kendaraan, dempul mobil memegang peranan penting. Pilihan jenis dempul yang tepat sesuai dengan kebutuhan bodi mobil, fungsi yang baik, dan kemudahan penggunaan akan memberikan hasil perbaikan yang memuaskan.

Segera lakukan perawatan dan perbaikan bodi mobil menggunakan dempul yang sesuai agar kendaraan kamu tetap terawat dan tampak prima di tahun 2023. Dengan demikian, kamu bisa tetap berkendara dengan percaya diri dan aman di jalan raya.

Demikian ulasan terkait ragam dan jenis dempul mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika