by

Ini Kelebihan dan Kekurangan RX King, Ketahui Sebelum Beli

Yamaha RX King menjadi salah satu motor legendaris yang pernah dijajakan di Indonesia. Namun tahukah kalian mengenai kelebihan dan kekurangan RX King? Mengingat saat ini harga jual motor ini cukup tinggi dipasaran.

Tingginya banderol Yamaha RX King saat ini, tak lepas dari besarnya minat masyarakat pada motor yang dikenal sebagai si jago ngebut atau raja jalanan itu. Hingga kini, RX King masih digemari para kaum baik di kota-kota besar maupun di sejumlah daerah di Indonesia.

Sedikit menilik ke belakang, Yamaha RX King begitu populer sejak era tahun 1980-an di Tanah Air. Motor ikonik ini pun tak luput dari imej buruk di mata masyarakat, karena identik dengan motor penjambret pada dahulu kala.

Selain itu, pada era kejayaannya di awal tahun 1980 hingga 1990-an itu. Motor 2-tak ini menjadi salah satu motor yang cukup laris di pasar domestik.

Belakangan, harga motor bahan atau yang tidak utuh pun cenderung tinggi. Apalagi RX King sudah berhenti produksi dan masuk dalam kategori motor klasik yang jadi buruan kolektor atau penghobi motor.

Lalu apa yang menjadi daya tarik motor yang satu ini? Berikut Moladin akan membeberkan secara rinci terkait kelebihan dan kekurangan RX King:

8 Kelebihan dan Kekurangan RX King

kelebihan dan kekurangan rx king
Mengenal kelebihan dan kekurangan RX King

Buat kalian yang berminat untuk meminang Yamaha RX King. Nampaknya perlu mengetahui secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan RX King.

Tujuannya tentunya jangan sampai kalian menyesal setelah membeli motor yang satu ini. Sebagai gambaran, Yamaha RX King sejatinya tidak sulit untuk urusan perawatannya.

Pasalnya ketersediaan suku cadang cukup mudah ditemui, baik dalam kondisi asli atau orisinal maupun aftermarket. Perlu diingat, seiring usia dan masa pakai, tentunya performa kendaraan akan menurun.

Oleh karena itu, sebaiknya kalian sebagai pemilik wajib untuk lebih memperhatikan kondisi mesin maupun spare part lainnya. Jika sudah harus diganti, sewajibnya lakukan penggantian.

Baca juga  Spesifikasi Royal Enfield Meteor 350, Ada Fitur Navigasi

Tanpa berpanjang lebar, berikut daftar lengkap kelebihan dan kekurangan RX King.

1. Konsumsi BBM Boros, Jadi Kekurangan Yamaha RX King

Yamaha RX King
Yamaha RX King dikenal memiliki konsumsi BBM yang boros

Membahas mengenai kelebihan dan kekurangan RX King. Banyak pemilik mengklaim bahwa motor ini memiliki konsumsi bahan bakar yang cenderung boros.

Tentunya hal ini bukan tanpa alasan, mengingat Yamaha RX King menggunakan mesin 2-tak dan dirancang untuk menghasilkan kecepatan tinggi. Konsumsi BBM bakal terasa lebih boros, bila digunakan untuk berkendara di tengah kemacetan kota besar.

Kondisi stop n go tentunya bakal membuat kinerja mesin jadi semakin terasa boros. Di atas kertas, Yamaha RX King dipersenjatai mesin 2 langkah yang menggunakan volume silinder 132cc. Dilengkapi sistem pendingin air cooled dengan perbandingan kompresi 6,9:1 disertai karburator VM 26 x 1 MIKUNI.

2. Mesin Kencang, Jadi Salah Satu Kelebihannya

Yamaha RX King Balap
Memiliki tenaga besar, tak heran jika RX King dijadikan motor balap

Mengacu pada kelebihan dan kekurangan RX King, meski punya konsumsi BBM yang boros. Namun urusan tenaga, motor ini patut diacungi jempol.

Mesin berkapasitas 135cc 2-tak itu dikenal kencang. Tenaga yang dihasilkan bahkan mampu memacu adrenalin ketika ditunggangi.

Maka tak heran, jika Yamaha RX King kerap jadi pilihan banyak orang yang membutuhkan sepeda motor dengan performa terbaik.

3. Knalpot Bising, Jadi Keluhan Banyak Orang

Yamaha RX King
Yamaha RX King dikenal punya suara knalpot yang bising

Lebih jauh membahas kelebihan dan kekurangan RX King, motor ini identik dengan suara yang bising. Hal ini diklaim mengganggu pengguna jalan lain, maupun ketika melintas di jalan perumahan.

Selain itu, kelemahannya juga kerap mengeluarkan asap yang tentunya mengganggu pengguna jalan lain. Serta dianggap sebagai polusi di sejumlah kota-kota besar.

Jadi kalau kalian berminat untuk meminang Yamaha RX King, setidaknya kelemahan ini jadi salah satu hal penting yang patut untuk dipertimbangkan, Sob!

4. Pegal Untuk Diajak Beraktivitas Sehari-Hari

Kelebihan dan kekurangan RX King
Membahas mengenai kelebihan dan kekurangan RX King, banyak hal yang bisa jadi pertimbangan untuk membeli motor ini

Bicara mengenai kelebihan dan kekurangan RX King, motor ini dikatakan kurang menyenangkan ketika digunakan untuk menunjang mobilitas sehari-hari, maupun perjalanan jauh.

Pasalnya premotor zaman sekarang nampaknya lebih terbiasa menggunakan motor jenis matik. Jadi mereka merasa tangan mudah pegal, karena motor ini termasuk motor sport yang menggunakan tuas kopling.

Baca juga  Spesifikasi Suzuki Gixxer 250, Naked Sport Murah

5. Spare Part dan Perawatan Mudah

Yamaha RX King
RX King sangat cocok untuk kalian yang suka motor kencang

Berdasarkan informasi yang Moladin himpun mengenai kelebihan dan kekurangan RX King. Salah satu yang cukup menarik dari motor ini adalah perawatannya yang cenderung mudah.

Ketersediaan spare part pun mudah ditemui di bengkel-bengkel kecil maupun besar terdekat dari rumah kalian. Kinerja mesinnya pun dikenal bandel. Jadi kalian tak perlu mengeluarkan bujet lebih untuk urusan perawatan.

Harga suku cadangnya juga relatif terjangkau. Hal ini yang menyebabkan Yamaha RX King banyak diminati oleh masyarakat.6

6. Ringan dan Nyaman Dikendarai

Yamaha RX King
Yamaha RX King jadi motor legendaris di Indonesia

Bagi kalian yang masih penasaran dengan kelebihan dan kekurangan RX King. Poin penting yang perlu kalian ingat adalah motor ini punya karakter yang ringan dan nyaman ketika dikendarai.

Bodinya ringan dan terasa ramping, lantaran punya desain yang ergonomis dan juga dilengkapi dengan busa jok yang tebal dan empuk. Selain itu, model motor ini juga menganut motor touring sehingga memang di desain supaya pengendara merasa nyaman ketika berkendara.

7. Desain Tak Lekang Waktu

Yamaha RX King
Meski masuk dalam kategori motor klasik, namun desainnya tak lekang waktu

Alasan mengapa Yamaha RX King masih menjadi buruan banyak orang, karena memiliki desain yang tak lekang oleh waktu. Desainnya yang khas menjadi alasan mengapa Yamaha RX King begitu dicintai masyarakat.

Walaupun tergolong sebagai motor klasik, namun desainnya masih cocok digunakan di era modern saat ini. Hal ini dikarenakan bodinya yang cenderung mengkotak, yang terkesan awet muda, meskipun umurnya sudah cenderung tua.

Tak hanya itu saja, pada sejumlah bagian pun sudah mendapatkan sentuhan aksen krom, yang membuat tampilannya jadi semakin terasa elegan dan enak untuk dipandang. Gimana sudah ada gambaran mengenai kelebihan dan kekurangan RX King?

8. Blok Mesin Dengan Kualitas Terbaik

Yamaha RX King
Yamaha RX King punya kualitas mesin yang sangat baik

Kelebihan Yamaha RX King sebagai motor lawas adalah memiliki komponen atau material yang bahkan lebih baik dari motor-motor modern. Contohnya blok mesin yang dikenal tangguh yang punya material dengan kualitas terbaik.

Baca juga  Perbedaan Yamaha Aerox 155 Standar, R, dan S

Maklum saja pada era tahun 80-an hingga 90-an, komponen masih belum memikirkan tentang efisiensi bahan, pantas saja pihak Yamaha menggunakan material blok dari campuran logam yang sangat kuat.

Hingga kini bahkan blok silinder RX King kerap menjadi buruan masyarakat, khususnya untuk Yamaha RX King lansiran tahun 1994 yang memiliki kode Y4.

Tips Merawat Yamaha RX King

Mesin Yamaha RX King
Mesin Yamaha RX King

Setelah membahas secara rinci mengenai kelebihan dan kekurangan RX King. Bila kalian berminat untuk meminang motor ini, patut untuk mempelajari juga cara perawatan yang tepat.

Seperti diketahui mesin 2-tak tentunya membutuhkan oli mesin untuk melumasi jeroan seperti gear dan kopling. Berbeda dengan motor 4-tak, oli mesin di motor 2-tak lebih awet penggunaannya.

Jangka waktu penggantian oli bisa dilakukan setiap 5.000 kilometer atau sekitar 3 bulan sekali. Jika kondisi oli mesin berada di bawah garis max, maka sebaiknya segera tambahkan sampai batas garis. Jenis oli yang digunakan Yamaha RX-King memiliki tingkat viskositas SAE 20W-40.

Saat memasuki waktu ganti oli, volume yang dibutuhkan pun relatif hemat, hanya sekitar 650 cc saja. Ini jelas lebih sedikit ketimbang volume oli dalam botol berisi 800 ml yang dijual bebas.

Dengan demikian, sisa oli masih bisa disimpan dan kemudian ditambahkan kembali saat volume di carter oli berkurang. Jika membiarkan olinya kurang, motor berdampak jadi cepat panas dan performa tarikan akan berkurang.

Kalau dibiarkan secara terus menerus, maka mesin bisa berpotensi mengalami masalah. Karena perlumasan tidak bekerja secara optimal.

Nah, sekarang sudah tahukan mengenai kelebihan dan kekurangan RX King? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru