Minggu, Juni 16, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

3 Kelebihan Oli Mobil Suzuki Ecstar

by Tigor Sihombing
Kelebihan Oli Mobil Suzuki Ecstar

Untuk kamu pengguna kendaraan Suzuki, tidak ada salahnya mengetahui kelebihan oli mobil Suzuki Ecstar. Supaya kamu paham manfaat cairan mesin mobil tersebut.

Sebagai informasi, oli Suzuki Ecstar diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2020. Ecstar sendiri merupakan brand dan standar global Suzuki Motor Corporation (SMC) untuk urusan oil dan chemical.

Produk ini sebelumnya hadir untuk menggantikan SGO (Suzuki Genuine Oil) yang waktu itu dipasarkan. Lalu apa saja kelebihan dari oli mobil Suzuki Ecstar? Simak bahasan berikut:

Ini Daftar Kelebihan Oli Ecstar

Kelebihan Oli Mobil Suzuki Ecstar

Molybdenum merupakan kandungan yang berfungsi sebagai friction modifier yang membentuk lapisan di atas permukaan metal dalam mesin.

Mengutip dari situs resmi Suzuki, oli mobil Ecstar merupakan hasil pengembangan dengan lisensi lebih khusus dan memiliki spesifikasi lebih tinggi dari deretan SGO sebelumnya.

Yakni standar kualitas oli tertinggi yang diakui API atau American Petroleum Standard. Spesifikasinya adalah SAE 0W-20 SN. Kemudian apa saja kelebihan oli mobil Suzuki Ecstar dengan spesifikasi itu, berikut detailnya:

Baca juga  Waktu Ganti Oli Mobil, Lihat Kilometer atau Bulan?

1. Hemat Bahan Bakar

Ecstar SAE 0W-20 SN merupakan oli mobil modern yang mengandung kandungan Molybdenum.

Kandungan Molybdenum inilah yang  mampu mengurangi gesekan (minim friksi), sehingga kerja mesin menjadi lebih ringan dan otomatis membuat penggunaan bahan bakar jadi lebih hemat.

Molybdenum sendiri merupakan kandungan yang berfungsi sebagai friction modifier yang membentuk lapisan di atas permukaan metal dalam mesin.

Gunanya adalah mengurangi gesekan sehingga kinerja mesin lebih optimal dan hemat bahan bakar.

2. Perlindungan Mesin

Kelebihan oli mobil Suzuki Ecstar lainnya adalah mampu mencapai kestabilan temperatur. Alhasil sanggup memberikan perlindungan mesin menyeluruh, bahkan pada saat menyalakan mesin di kondisi dingin.

3. Mesin Lebih Bersih, Usia pakai Lebih Lama

Selain itu oli Ecstar juga membuat oli mesin lebih bersih. Hal ini berguna untuk memperpanjang usia mesin dengan mencegah pembentukan lumpur dan endapan sehingga mesin bebas dari masalah.

Oli Ecstar Laris di Pasaran

Kelebihan Oli Mobil Suzuki Ecstar

Penjualan Ecstar yang terlaris sejak diluncurkan tahun lalu didominasi oleh varian 0W-20 SN ukuran 1 liter.

Dari kelebihan – kelebihan oli mobil Ecstar tersebut tidak heran jika pelumas resmi Suzuki ini diterima baik di pasaran. Mengutip data dari Suzuki, penjualan produk Ecstar untuk mobil sejak diluncurkan pada tahun 2020 dari Februari lalu hingga Mei 2021 berhasil berkontribusi 9,62% dari total penjualan Suzuki Genuine Oil sejak
tahun 2006 hingga Mei 2021.

Baca juga  4 Akibat Oli Mesin Mobil Habis, Bikin Kantong Jebol!

Penjualan Ecstar yang terlaris sejak diluncurkan tahun lalu didominasi oleh varian 0W-20 SN ukuran 1 liter (17,5%), kemudian Ecstar 10W-40 SL ukuran 4 liter (14,4%), dan Ecstar 5W-30 SL ukuran 1 liter (10,5%). Sisanya didominasi oleh varian cairan Ecstar lainnya sebesar 57,6%.

Jenis – jenis Oli ECSTAR di Pasaran

Oya, saat ini Oli Ecstar tersedia untuk jenis bahan bakar bensin dengan tipe F 7000 Semi Sintetis dan F 9000 Full Sintetis.

Pelumas ECSTAR 0W–20 juga sudah mencapai standar API-SN (American Petroleum Standard) tertinggi yaitu SN. Hal ini berarti ECSTAR F 9000 0W-20 SN memiliki kualitas oli mesin terbaik.

Api-SN sendiri menjamin perlindungan piston terhadap deposit akibat temperatur tinggi, pengendalian sludge untuk memperpanjang usia mesin.

Selain itu juga meningkatkan perlindungan pada kondisi putaran mesin rendah, ramah lingkungan dan lebih kompatibel terhadap alat pengendali emisi seperti katalitis konverter.

Saat ini di pasaran ada beberapa produk pelumas Ecstar diantaranya Gear Oil (Pelumas transmisi manual), ATF Fluid (Pelumas transmisi otomatis), ECSTAR Chemical, Brake fluid (minyak rem) dan Long Life Coolant (cairan pendingin untuk menjaga suhu mesin).

Baca juga  Pelumas Pertamina Makin Eksis di Internasional

Demikian ulasan terkait kelebihan oli mobil Suzuki Ecstar. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika