Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Harga Toyota Prius PHEV 2023, Siap Masuk Indonesia?

by Firdaus Ali
Prius PHEV

Harga Toyota Prius PHEV 2023 resmi diungkap untuk pasar Jepang. Generasi kelima dari Prius ini dijual 4,6 juta Yen atau kisaran Rp 517 jutaan. Kelebihannya adalah mempunyai performa yang lebih istimewa dibanding model sebelumnya. 

Mesin Prius PHEV terbaru menggunakan Dynamic Force 2.000 cc yang dipadukan dengan baterai Lithium-ion 51 Ah yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 223 PS. Klaim Toyota, akselerasi 0 sampai 100 km/jam hanya butuh 6,7 detik. Lalu Prius terbaru juga diklaim mampu menempuh jarak tempuh sekitar 50 persen lebih jauh dari model sebelumnya. Alhasil pengemudi bisa lebih banyak berkendara sehari-hari dengan hanya memanfaatkan mode EV.

Sementara untuk tingkat efisiensi mesin bensinnya, diklaim mampu menawarkan konsumsi BBM hingga 30,1 km/liter. Irit bukan? Tentu Prius PHEV terbaru sanat menarik bila masuk Indonesia.

Di samping performa mesin dan konsumsi bahan bakar yang mantap, mobil dengan mesin Plug-In Hybrid (PHEV) mempunyai keuntungan bisa memberikan daya listrik untuk kebutuhan di luar mobil. Dengan kata lain, Prius PHEV bisa menjadi power bank yang mempunyai daya 1.500 watt (1,5 kW) pada 100 volt dan bisa digunakan dengan pintu dan kaca mobil tertutup.

Baca juga  Ini Dia Spesifikasi Toyota Veloz 2021, Istimewa!

Soal pengisian baterai, mobil Prius Plug-in Hybrid ini bisa diisi dengan input AC 200 dan 16 amp (3,2 kW) dengan waktu pengisian penuh membutuhkan waktu sekitar 4,5 jam.

Prius PHEV Terbaru Dilengkapi Panel Surya

Prius PHEV

Fitur Toyota Prius PHEV terbaru sudah dilengkapi dengan panel surya yang bisa mengisi baterai secara otomatis

Harga Toyota Prius PHEV 2023 yang tembus Rp 518 jutaan di Jepang, juga dikompenasi dengan fitur-fitur istimewa. Salah satu yang menarik adalah kehadiran solar charging system atau panel surya. Fitur ini mampu memberikan tenaga yang cukup untuk mobil melaju hingga 1.250 Km per tahun. Kemudian, tenaga listrik yang dihasilkan oleh panel surya, pun dapat digunakan untuk mengisi baterai saat mobil sedang parkir.

Dengan sistem panel surya tersebut maka tidak hanya memasok listrik untuk berkendara saja. Namun juga bisa untuk AC dan kebutuhan lain. Mantap kan?

Fitur lain yang hadir, tentu saja Toyota Safety Sense terbaru. Ini terintegrasi degnan Pre-crash safety, Lane tracing assist, Lane departure alert, Radar cruise control, dan lain-lain.

Baca juga  Recall Toyota Terkait Airbag Kembali Dilakukan

Ada pula Toyota Teammate Advanced Park yang memudahkan ketika memarkir kendaraan. Cukup tekan tombol, maka mobil akan bergerak otomatis.

Daftar Harga Toyota Prius 2023, Ada Varian Hybrid E-Four

harga toyota prius phev 2023 - interior

Interior Toyota All New Prius

Selain mengumumkan harga Toyota Prius PHEV 2023, pabrikan berlogo T juga menjual mobil ini dalam berbagai varian di Jepang. Ada Prius Hybrid 2WD hingga E-Four atau berpenggerak empat roda.

Khusus varian Hybrid, Prius menggunakan mesin yang serupa dengan varian PHEV yaitu M20A-FXS persis milik Toyota Innova Zenix Hybrid di Indonesia. Hanya saja, ukuran baterainya lebih kecil dibanding versi PHEV.

Lalu Prius Hybrid tipe U juga tersedia mesin 1.800 cc. Hanya saja mobil tersebut cuma tersedia untuk peminjaman dengan program Kinto. Berikut daftar harga Toyota Prius PHEV 2023 dan versi Hybridnya:

  • Z PHEV 2WD 4.600.000 Yen = Rp 517 jutaan
  • Z Hybrid 2WD 3.700.000 Yen = Rp 416 jutaan
  • Z Hybrid E-Four 3.920.000 Yen = Rp 440 jutaan
  • G Hybrid 2WD 3.200.000 Yen = Rp 359 jutaan
  • G Hybrid E-Four 3.420.000 Yen = Rp 384 jutaan
  • U Hybrid 2WD 16.610 Yen/Month = Rp 1,8 juta/bulan
  • U Hybrid E-Four 18.480 Yen/Month = Rp 2 juta/bulan
Baca juga  9 Rekomendasi MPV Pintu Geser Bekas Rp 100 Jutaan

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga Prius PHEV dan Hybrid 2023 serta spesifikasinya yang sudah resmi meluncur di Jepang. Apakah mobil ini bakal masuk Indonesia? Sesungguhnya Toyota Astra Motor (TAM) telah memasukkan Prius generasi sebelumnya ke Tanah Air, hanya saja mobil tersebut cuma digunakan untuk armada taksi.

Oleh karena itulah, bukan tidak mungkin di masa mendatang, Prius PHEV dan Hybrid 2023 bakal dijual massal di Indonesia. Terlebih karena memang mobil ini punya konsumsi BBM irit yang cocok dengan keinginan masyarakat Negeri Garuda. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika