Senin, Februari 26, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Review Toyota C-HR Hybrid 2023, Irit Tapi Lemot?

by Firdaus Ali
Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power

Berikut akan kami ulas mengenai review Toyota C-HR Hybrid 2023 yang tentunya menarik untuk diulas. Sebab, mobil SUV ini merupakan salah satu kendaraan hybrid pertama yang mengaspal di Indonesia.

Toyota C-HR Hybrid pertama kali mengaspal di Indonesia pada tahun 2019. Hadir dengan mesin hybrid tentu saja membuatnya menjadi istimewa. Kemudian pada 2021, Toyota memberinya penyegaran dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS). Produk dengan TSS inilah yang dijual sampai sekarang di Tanah Air.

Kehadiran Toyota C-HR Hybrid di Indonesia sesungguhnya diharapkan mampu mendorong pertumbuhan pasar kendaraan elektrifikasi. Mobil ini juga sekaligus mendukung kebijakan pemerintah mengembangkan industri kendaraan ramah lingkungan melalui program LCEV (low carbon emission vehicle). Walau hingga sekarang, Toyota masih mengimpornya dari Thailand, belum produksi lokal.

Bicara harga, Toyota C-HR Hybrid dijual mulai Rp 601 juta (non premium color) dan Rp 602,5 juta (premium color). Apakah dengan banderol tersebut, mobil ini layak dibeli? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Sebelum meminang, sebaiknya kamu cek review Toyota C-HR terbaru yang kami lakukan berikut ini:

Desain Eksterior Futuristik

Review Toyota C-HR Hybrid

Desain eksterior futuristik

Review Toyota C-HR yang pertama adalah bagian eksteriornya. Dimana mobil SUV hybrid ini memiliki garis lekuk body yang cukup agresif dan aerodinamis.

Pada area headlight mengusung desain modern dan menggunakan teknologi Bi-Beam LED Headlamp With Auto Leveling. Kemudian, logo Toyota juga diberikan aksen biru sekaligus menjadi identitas untuk semua mobil Hybrid produksi Toyota.

Pada bagian belakang, Toyota C-HR Hybrid hadir dengan lekukan body yang agresif menyesuaikan garis body samping dan desain facia depan. Untuk mendukung estetika desain eksterior, disematkan velg alloy two tone berukuran 17 inci dengan ban 215/60 R17. Untuk dimensi panjang 4.360 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.565 dan jarak poros roda 2.640 mm. 

Baca juga  Review Pajero Sport Generasi Kedua, Layak Dibeli?

Kabin Interior Modern & Elegan

Review Toyota C-HR Hybrid

Interior modern & elegan

Review Toyota C-HR Hybrid selanjutnya adalah dari kabin interiornya yang hadir dengan kesan moden dan elegan. Hal itu bisa dilihat dari dominasi warna hitam pada bagian jok, dashboard dan doortrim.

Dibagian tengah dashboard disematkan headunit model floating berukuran 7 inch yang sudah bisa terkoneksi dengan smartphone. Di bawahnya terdapat beberapa tombol untuk mengoperasikan AC digital. Selanjutnya, bagian setir juga sudah dibungkus dengan material berkualitas dan terdapat tombol multifungsi.

Sebagai informasi bagian instrumen cluster dari C-HR Hybrid tampil beda. Di mana area takometer berubah menjadi indikator ‘CHG (Charge)’, ‘ECO’, dan ‘Power’. Adapun di tengah instrument cluster terdapat layar 4.2 inci untuk MID dan indikator Hybrid Synergy Drive Technology.

Fitur Lengkap, Ada TSS (Toyota Safety Sense)

Review Toyota C-HR Hybrid

Sudah dilengkapi fitur TSS

Toyota C-HR Hybrid sudah mengusung fitur yang modern. Buktinya, mobil hybrid ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif TSS (Toyota Safety Sense). Dimana fitur ini sudah terintegrasi dengan fitur Forward Collison Warning, Rear Cross Traffic Alert, Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist, dan fitur keselamatan aktif lain.

Selain fitur keselamatan aktif, CH-R Hybrid juga tetap dilengkapi fitur keselamatan pasif seperti Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Braking Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Traction Control, Auto-Brake-Hold, Impact Absorbing Structure, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert. Selain itu di dalam kabin tersedia tujuh SRS Airbag (D+P+S+CSA+D-Knee) dan seatbelt di setiap jok.

Baca juga  7 Spesifikasi Honda CR-V Hybrid 2023 dan Harganya, Seirit Brio!

Selain itu, untuk menambah kesan fun to drive selama berkendara, C-HR Hybrid memiliki mode berkendara EV Mode yang memungkinkan mobil berjalan dengan motor elektrik full selama baterai di mobil ini kondisi penuh. Adapun mode berkendara Sport, Normal, dan Eco tetap tersedia di mobil ini.

Dan jika Anda penasaran, Anda bisa mengecek efek g-force mobil ini melalui G-Force Indicator di layar MID pada instrument cluster.

Performa Mesin CH-R Hybrid

Review Toyota C-HR Hybrid

Tidak kuat menanjak dengan penumpang full (398 kg)

Review Toyota C-HR Hybrid berikutnya adalah dari jantung pacunya yang menggunakan mesin 2ZR-FXE 1.798 cc dipadu dengan Hybrid Synergy Drive. Di atas kertas, tenaga yang dihasilkan mesin ini sebesar 100 ps (engine) dan 36 ps (motor). Kemudian tenaga itu disalukan ke roda depan melalui transmisi CVT 7-speed.

Seperti biasanya, saat kami melakukan review sebuah mobil, akan ada beberapa pengujian, seperti Drag race sejauh 201 meter, tes menanjak, dan konsumsi bahan bakar.

Pengujian pertama adalah tes menanjak. Pada pengujian ini, hasil yang ditorehkan Toyota C-HR kurang memuaskan. Sebab mobil SUV hybrid itu tidak sanggup menanjak dengan kondisi kabin dijejali 4 penumpang yang memiliki total bobot 398 kilogram. Memang, uji tanjakan yang kami lakukan terbilang ekstrem dengan bobot penumpang sangat berat. Ditambah lagi kemiringan tanjakannya mencapai 21 derajat.

Lalu saat pengujian, mobil juga dibiarkan tanpa momentum. Artinya C-HR Hybrid harus berhenti di tengah-tengah tanjakan, kemudian coba menanjak. Hasilnya memang mobil tidak bisa naik sama sekali. Bahkan sempat keluar tulisan di panel instrumen: hybrid system overheated.

Review Toyota C-HR Hybrid di tanjakan ini, tidak hanya dilakukan sekali. Akhirnya kami coba menanjak menggunakan momentum atau ancang-ancang terlebih dulu. Barulah di sini, mobil SUV Toyota ini bisa menanjak dengan mulus.

Baca juga  Peluncuran Hyundai Santa Fe Terbaru, 7 April 2021

Akselerasi 0-100 Km/Jam

Kemudian saat drag race, hasil yang ditorehkan oleh Toyota C-HR Hybrid yaitu untuk akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam tercatat angkanya 12,0 detik. Sementara untuk jarak sejauh 201 meter raihan angkanya 11,7 detik. Catatan yang sesungguhnya tergolong tidak istimewa untuk mobil hybrid 1.800 cc.

Tidak percaya? Kami pernah menguji SUV lain yaitu Hyundai Creta yang mesinnya cuma 1.500 cc tanpa hybrid. Hasilnya untuk akselerasi 0-100 cuma butuh 11,2 detik. Padahal dari sisi mesin, lebih kecil kubikasinya dibanding C-HR Hybrid.

Konsumsi BBM Irit

Selanjutnya, review Toyota C-HR juga dari sisi konsumsi bahan bakarnya. Ini adalah salah satu kelebihan dari SUV Toyota. Dalam pengujian konsumsi BBM kali ini, kami menggunakan metode full to full. 

Jadi pertama-tama tangki bensin diisi penuh. Kemudian menempuh jarak sejauh 76 kilometer dengan averaged speed 47 km/jam. Tangki kemudian diisi penuh lagi dan membutuhkan 2,7 liter. Hasilnya, konsumsi BBM Toyota C-HR tembus 28,3 km/liter. Irit banget!

Pengujian lain juga kami lakukan dengan cek MID dengan perjalanan sejauh kurang lebih 100 km. Hasilnya C-HR Hybrid bisa mengirit BBM hingga 22,3 km/liter di dalam kota dan 22,9 km/liter di luar kota. 

Moladiners, itulah ulasan mengenai review Toyota CH-R Hybrid. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika