oleh

Gas Mobil Ngempos? Ini Penyebabnya

Bagi sebagian banyak pemilik mobil pasti pernah mengalami gas mobil ngempos. Hal tersebut tentunya sangat menganggu kenyamanan saat mengemudikan mobil, apalagi jika sedang ada urusan penting yang membutuhkan akselerasi dan performa mobil yang optimal.

Penyebab gas ngempos pada mesin mobil ada beberapa penyebabnya, jika hal tersebut sudah muncul, disarankan untuk segera mengencek mesin mobil ke bengkel resmi atau bengkel langganan yang terpercaya.

Sebab jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut buka tidak mungkin kondisi mesin mobil akan bertambah loyo dan bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen mesin.

“Penyebab gas mobil ngempos ummnya karena filter udara mobil kotor. Namun, tetap harus dicek juga, sebab ditakutkan ada beberapa komponen lain yang menjadi penyebabnya. Dan jika benar penyebabnya bukan hanya filter saja, itu harus segera diatasi,” terang Ari, salah satu mekanik dari bengkel Senja Jaya di bilangan Ciater, Tangerang Selatan.

Penyebab gas mobil ngempos

  • Filter udara kotor

gas mobil ngempos
Filter udara kotor bisa menjadi penyebab gas mobil ngempos.

Seperti disebutkan sebelumnya, penyebab umum gas mobil ngempos adalah filter udara yang kotor. Filter udara mempunyai peran penting dalam proses pembakaran di dalam mesin yang notabennya membutuhkan oksigen untuk proses kerjanya.

Filter udara bertugas menyaring udara yang masuk dari berbagai kotoran seperti debu dan kotoran lain yang bisa menghambat udara masuk.

  • Busi kotor

gas mobil ngempos__
Busi kotor bisa membuat gas mobil ngempos.

Selain oksigen, busi juga sangat berpengaruh dalam proses sistem pembakaran mesin. Jika busi kotor otomatis proses pembakaran akan tidak maksimal.

Busi kotor umumnya disebabkan kerak-kerak yang muncul akibat tidak pernah dibersihkan sevara rutin.

  • Klep bocor

gas mobil ngempos
Klep bocor penyebab gas mobil ngempos.

Klep atau katup dalam mobil bertugas untuk menjadi pintu masuk material seperti udara dan bensin dari intake. Selain itu menjadi pintu keluar gas buang dari mesin ke knalpot.

Apalagi saat ini semakin banyak mobil mengusung mesin dengan sistem double katup (DOHC). Jadi dalam satu silinder terdapat dua katup intake dan exhaust. Penyetelan celah katup yang kurang tepat bisa saja membuat mobil Anda kekurangan tenaga alias ngempos.

  • Elektrik injektor bermasalah

Elektrik injektor yang bermasalah menjadi salah satu penyebab gas mobil ngempos. Sebab, fungsi elektrik injektor sendiri untuk mengalirkan pasokan bahan bakar ke dalam mesin mobil.

Sehingga jika elektrik injektor bermasalah, aliran bahan bakar menjadi tidak sempurna dan kurang pasokan. Jika katupnya macet, otomatis tidak ada bahan bakar yang dialirkan ke dapur pacu, hal inilah yang membuat mobil terasa tidak bertenaga saat injak pedal gas.

  • Over heat pada mesin mobil

gas mobil ngempos
Mesin overheat penyebab gas mobil ngempos.

Overheat bisa disebabkan oleh radiator yang mengalami kerusakan, lalu berpengaruh pada sistem pendinginan.

Saat mesin bekerja, dibutuhkan sistem pendingin untuk menghambat panas yang berlebihan. Sebab jika panas mesin berlebih akan mengakibatkan mobil jadi panas dan memuai pada beberapa komponen mesin.

Proses pemuaian ini yang membuat komponen mesin yang terbuat dari logam bergesekan dan membuat mobil lebih berat karena memakan banyak tenaga mesin. Jika tenaga mobil cepat habis, gas mobil akan menjadi ngempos.

Nah, jika sudah membahas beberapa penyebab gas mobil ngempos. Selanjutnya adalah beberapa cara mencegah agar gas mobil tidak ngempos.

Tips agar gas mobil tidak ngempos

  • Periksa secara rutin kualitas serta kecukupan oli mesin, apakah masih mencukupi dan kualitasnya masih layak untuk digunakan. Jika sudah menghitam atau takarannya tidak sesuai, segera ganti dengan oli mesin baru.
  • Cek takaran serta kualitas dari air radiator yang digunakan. Pastikan air radiator tidak keruh dan kotor.
  • Periksa bagian kipas atau fan pendingin bekerja normal. Bersihkan kotoran-kotoran yang hinggap agar kinerja kipas sesuai porsinya.
  • Pastikan bahwa bodi radiator tidak dalam kondisi basah. Karena apabila dalam keadaa basah, itu artinya ada rembesan atau bocor yang harus segera diperbaiki.
  • Gunakan air khusus untuk radiaotor. Hindari menggunakan air keran karena bisa menimbulkan korosi pada body radiator.

“Gas mobil ngempos bisa dihindari jika pemilik mobil melakukan servis brekala secara rutin di bengkel resmi atau bengkel langganan terpercaya. Namun, untuk antisipasi yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah dengan mengecek kualitas oli mesin dan takarannya, mengecek air radiator, serta komponen lainnya,” imbuh Ari.

“Selain itu, pemilik mobil ada kalanya juga mencuci bagian mesin mobil. Kan saat ini banyak tempat cuci mobil atau car detailing yang menawarkan jasa paket cuci mesin. Sebab kebersihan bagian mesin tentunya juga akan mempengaruhi kinerja mesin. Kotoran-kotoran yang menempel pada mesin bisa dihilangkan dan menghindari hal-hal yang bisa merusak atau mengganggu kinerja mesin,” tutup Ari.

Moladiners, itulah ulasan mengenai penyebab gas mobil ngempos beserta cara menghindarinya. Selalu servis rutin mobilmu dan jaga kebersihannya selalu.

Untuk informasi seputar otomotif yang menarik, pantau terus Moladin.com.

Terbaru