Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

3 Masalah Civic FB, Cek Sebelum Membeli!

by Firdaus Ali
masalah honda civic fb

Berikut akan kami ulas mengenai beberapa masalah Civic FB, salah satunya adalah di sektor kaki-kaki. Tahu soal kekurangan sedan ini penting, utamanya jika kamu mau meminang. Pasalnya dari sisi usia memang tidak muda lagi, ada yang sudah sampai 10 tahun.

Oleh karenanya, ketika kamu beli Honda Civic FB bekas harus siapkan bujet lebih untuk perbaikan. Ya, namanya juga sedan produksi 2012 –  2016.

Walau masuk ke mobil lawas, tapi Civic Gen-9 tetap banyak peminat. Kebanyakan yang mengincarnya, menjadikan sedan Honda ini sebagai alternatif dari Corolla Altis Gen 2. Usia yang sudah tidak muda, juga membuat harganya semakin terjangkau. Civic FB dijual direntang Rp 110 juta hingga Rp 180 jutaan. Tergantung kondisi body, interior, kondisi mesin, kaki-kaki, keabsahan surat serta warnanya.

Mau tahu lebih detail soal Honda Civic FB, utamanya terkait masalah-masalah atau penyakit yang kerap menimpa mobil ini? Berikut bahasan lengkapnya:

Spesifikasi Honda Civic FB (Gen-9)

Masalah Civic FB

Civic FB tersedia dalam pilihan 2 mesin, 1.800 cc dan 2.000 cc.

Honda Civic FB merupakan Civic generasi ke sembilan, mengaspal di Indonesia mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2016 sebagai penerus dari Civic FD. Ada dua pilihan mesin yang ditawarkan, pertama mesin R18A berkapasitas 1.800 cc yang menghasilkan tenaga 141 hp pada 6.500 rpm dan torsi sebesar 174 Nm pada 4.300 rpm.

Selanjutnya ada pilihan mesin K20Z berkapasitas 2.000 cc yang di atas kertas mengasilkan tenaga maksimal 155 hp pada 6.500 rpm dan torsi sebesar 190 Nm pada 4.300 rpm.

Baca juga  7 Perbedaan Toyota Avanza dan Transmover Taksi

Dari sisi desain eksterior, tampilan depan sederhana. desain lampu utama yang tidak terlalu besar dikombinasikan dengan desain grill dengan gaya bold dan dibalut krom terlihat menawan. Bagian samping dan belakangnya juga tidak terlalu agresif, menyesuaikan keseluruhan desain eksterior.

Sebagai pembeda antara Civic FB bermesin 1.800 cc pakai velg ukuran 16 inchi. Sedangkan Civic FB bermesin 2.000 cc velgnya berukutan 17 inchi.

Masuk ke kabin interior, Honda Civic FB menawarkan aura yang elegan. Dominasi warna beige pada jok dan doortrim berpadu dengan warna abu-abu tua selaras.

Dashboardnya juga menarik, panel clusternya model susun. Untuk kecepatan menggunakan jarum dan untuk RPM posisinya ada di atasnya pakai gaya angka digital.

Head unit masih mengadopsi single din. Pada bagian setirnya sudah tersedia steering switch untuk memudahkan pengemudi mengontrol kebutuhan audio.

Kemudian untuk dimensinya, Honda Civic FB punya panjang 4.540 mm, lebar 1.755 mm dan lebar 1.435 mm.

Civic FB memiliki fitur keselamatan yang cukup modern. Ada dual SRS Airbag, 3 point seatbelt, serta sistem pengeremana ABS + EBD serta body G-Con sudah tersedia.

Penyakit Honda Civic FB Bekas

masalah civic fb

Masalah Civic FB antara lain pada bagian kaki-kaki dan power window

Namanya juga mobil bekas tentu akan ada masalah dan kekurangannya, apalagi umur mobil sudah lebih dari 5 tahun. Begitu juga dengan Honda Civic FB bekas yang punya penyakit di beberapa bagian.

“Untuk masalah Honda Civic FB umumnya pada bagian kaki-kaki, itu juga karena usia pakai. Kemudian pada power window pintu supir, banyak yang macet,” jelas Daniel, salah satu penjual mobil bekas wilayah Cirendeu, Tangsel (4/10/2023).

Baca juga  Luminary Used Car, Jual BMW Bekas Bersertifikat!

1. Tie Rod, Lower Arm, Bushing dan Link Stabilizer Baiknya Ganti Baru

Penyakit Civic FB umumnya pada bagian kaki-kaki, lebih spesifik pada tie rod, lower arm, bushing-bushing dan link stabilizer. Penyebabnya karena usia pakai atau kontur jalan yang sering dilalui oleh pemiliknya.

Jika komponen-komponen tersebut sudah aus atau mengalami kerusakan sebaiknya diganti dengan yang baru. Harganya juga tidak terlalu mahal. Berdasarkan penelusuran kami di toko online, berikut harga komponen-komponen tersebut:

  • Tie rod: Rp 400 ribuan (1 pc)
  • Bushing lower arm: Rp 400 ribuan
  • Bushing: Rp 150 ribuan (1 pc)
  • Link Stabilizer: Rp 700 ribuan

Sebagai catatan, harga tersebut untuk sparepart orisinil. Ada pula sparepart non orisinil yang harganya lebih murah. Kemudian harga tersebut juga bersifat kisaran, dalam artian ada toko yang menjual lebih murah atau lebih mahal.

2. Gearbox Steering Bisa Diperbaiki

Masih dibagian kaki-kaki, penyakit Civic FB bekas selanjutnya adalah gearbox steering juga kerap bermasalah. Untuk komponen ini masih bisa diperbaiki, dalam artian akan dilihat terlebih dahulu bagian mana yang mengalami kerusakan.

Servis gearbox steering ini dilakukan dengan cara mengganti bushing gearbox steering, bearing dan grease-nya, lalu memperbaiki as dan gearnya. Untuk biayanya servis atau perbaikan dikisaran Rp 2 jutaan.

“Dibeberapa bengkel spesialis kaki-kaki kisaran perbaikan atau servis gearbox stering sekitar Rp 2 juta. Mereka umumnya juga memberikan garansi 1 tahun,” tambah Daniel.

3. Power Window Macet

Masalah Civic FB bekas selanjutnya adalah pada bagian power window pintu depan sebelah kanan alias bagian supir. Ada beberapa penyebabnya, yaitu:

  • Motor Power Window Rusak
Baca juga  Penjualan Diler BMW Premium Selection, Seri 3 Bekas Terlaris!

Penyebab pertama bisa jadi karena motor power mengalami masalah atau rusak karena tembaga dinamo yang mengalami kerusakan karena terkena air atau kotoran debu yang menumpuk. Hal ini karena posisinya yang berada di dalam doortrim sehingga sering luput dari perawatan.

  • Sekring Rusak

Selanjutnya, tidak berfungsinya power window juga bisa disebabkan karena sekring rusak. Karena termasuk dalam komponen elektronik maka power window ini memiliki sekring, fungsinya adalah sebagai meminimalisir supaya korsleting listrik pada mobil tidak terjadi.

  • Saklar Rusak

Power window bisa mati atau bermasalah dikarenakan saklar yang rusak. Saklar rusak tersebut disebabkan korsleting listrik yang terjadi di dalam mobil dan juga bisa disebabkan oleh plastik saklar yang sudah aus.

  • Grease Mengeras

Penyebab power window bermasalah selanjutnya adalah grease yang mengeras. Grease ini disebut juga dengan gemuk atau pelumas. Grease yang seharusnya menjadi pelumas bisa mengeras seperti tanah liat dan menghambat fungsi atau kinerja power window.

Penyebab pengerasan dikarenakan mobil sering terparkir di outdoor dan sering terpapar sinar matahari terlalu lama. Jarang melakukan maintenance juga bisa menjadi penyebab grease mengeras dan menghalangi fungsi power window.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa masalah Civic FB bekas. Jika kamu tertarik untuk membeli mobil sedan dari Honda tersebut, jangan lupa juga untuk mengecek secara keseluruhan kondisi mobil beserta keabsahan surat-suratnya.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika