Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Yamaha MT-07 Jadi Motor Pengawal Capres 2024?

by Tigor Sihombing
Yamaha MT-07

Yamaha Indonesia telah melakukan ekspor perdana moge Yamaha MT-07 ke Eropa pada September 2023. Motor naked sport ini istimewa, karena produksi Indonesia, dirakit di pabrik Yamaha di kawasan Pulogadung.

Nah menariknya moge Yamaha MT-07 yang hanya dipasarkan untuk pasar ekspor tersebut, berpeluang bisa menjadi kendaraan untuk pengawal capres (calon presiden) di Indonesia untuk masa pemilihan di tahun 2024. Info ini disampaikan langsung oleh Presiden Direktur & CEO YIMM, Dyonisius Beti dalam acara press confrence and victory visit di pabrik Yamaha Karawang pada Kamis (5/10/2023).

“Mereka (pemerintah) sudah mencoba, dalam satu event ketika motor ini ditampilkan, mereka buka suara kalau pemerintah membutuhkan motor untuk pengawal capres dalam waktu singkat, berhubung motor ini rakitan Indonesia, jadi peluang itu ada,” kata Dyonisius Beti.

Walau demikian, hingga saat ini belum ada pengumuman resmi soal MT-07 akan mengawal para capres untuk pemilu 2024. Sebagai mana kita ketahui, Indonesia akan mengadakan pemilihan umum serentak pada 14-15 Februari 2024. Bakal calon presiden sendiri saat ini ada tiga: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Baca juga  Pelek Vixion Jari-Jari Atau Racing, Mana yang Lebih Baik?

Spesifikasi Yamaha MT-07 

Moge Yamaha MT-07

Yamaha MT-07 Rakitan Indonesia

Sebagai informasi moge Yamahha MT-07 merupakan salah satu line up dari MT Series yang sangat diminati oleh para penggemar big bike Eropa. Motor ini memiliki desain khas MT yang berkarakter Hyper Naked, menampilkan visual gagah dengan lampu LED Projector untuk meningkatkan visibilitas melalui pencahayaan maksimal (low beam dan high beam menyatu).

Yamaha MT-07 juga dilengkapi dengan Daytime Running Lights (DRL) dan lampu sein LED. Desain modern MT-07 tercermin dari digital LED speedometer dengan layar TFT 5 inci, serta keterhubungannya dengan smartphone pengendaranya.

Yamaha mengklaim MT-07 unggul dalam pengendalian, didukung oleh posisi handlebar yang tinggi dan lebar untuk menambah kenyamanan berkendara. Motor ini juga dilengkapi dengan dual front disc brakes berdiameter besar 298 mm sehingga lebih powerful, memberikan tenaga pengereman progresif di semua kecepatan.

MT-07 juga menggunakan ban Michelin Road 5 untuk memberikan pengendalian maksimal. Performa mumpuni MT-07 didukung oleh mesin 689 cc, 2 silinder, menggunakan teknologi crossplane, dan berpendingin cairan (standar Euro 5). Motor ini dikenal dengan karakter “Master of Torque,” dengan torsi maksimal mencapai 67 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal sebesar 72,4 dk pada 8.750 rpm.

Baca juga  Kawasaki Ninja ZX-25R Versi Naked Meluncur Akhir 2021?

“Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dipercaya oleh kantor pusat Yamaha Motor Co., Ltd. (YMC) Jepang untuk memproduksi MT-07 ini, menandakan adanya transfer teknologi tinggi ke pekerja Indonesia. Hal ini sekaligus merupakan investasi dan penciptaan lapangan kerja. Target pasar kita adalah untuk mengekspor ke banyak negara di Eropa. Kepercayaan ini menunjukkan kualitas produksi Yamaha Indonesia yang sudah tinggi, dengan produksi lebih dari 2 juta unit hingga saat ini untuk berbagai global model seperti MAXi series Nmax, XMAX, R Series R15, R25, dan sekarang MT Series,” tambah Dyonisius Beti.

Menurut informasi, untuk pasar Eropa pada kategori ini, motor MT-07 sudah menduduki posisi teratas dalam hal penjualan. Di pasarkan di Eropa mulai dengan harga 10,250 Euro atau setara dengan Rp 168 jutaan.

Demikian ulasan terkait moge Yamaha MT-07. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika