Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Memahami Engine Flush Mobil dan Motor, Manfaat, Serta Biayanya

by Tigor Sihombing
Engine flush

Engine flush adalah suatu proses penting dalam perawatan kendaraan yang bertujuan untuk membersihkan mesin kendaraan baik mobil atau motor dari kotoran dan endapan yang dapat terbentuk akibat pemakaian rutin atau usia kendaraan yang sudah cukup lama.

Proses ini melibatkan penggunaan cairan pembersih yang dimasukkan ke dalam sistem oli mesin untuk membersihkan komponen-komponen kritis di dalam mesin. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang engine flush, manfaat-manfaatnya, serta estimasi biayanya.

Apa Itu Engine Flush?

Engine flush

Mobil dan motor perlu melakukan engine flush untuk hilangkan kotoran yang ganggu kinerja mesin.

Engine flush merupakan proses perawatan kendaraan yang bertujuan untuk membersihkan bagian dalam mesin kendaraan. Cara kerja engine flush melibatkan penggunaan cairan pembersih khusus yang dimasukkan ke dalam sistem oli mesin.

Cairan pembersih ini akan mengalir melalui sistem minyak dan membersihkan komponen-komponen mesin seperti saluran minyak, piston, bearing, dan bagian-bagian lain yang terkait dengan sistem pelumasan.

Tujuan utama dari engine flush adalah untuk menghilangkan kotoran, endapan, dan residu yang dapat mengganggu kinerja mesin. Selama pemakaian kendaraan, kotoran dan endapan dapat terbentuk akibat pembakaran bahan bakar, penggunaan oli, dan proses operasional mesin mobil dan motor.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Mesin Boxer di Mobil

Engine flush membantu membersihkan kotoran ini sehingga mesin dapat berfungsi lebih baik dan lebih efisien.

Manfaat Engine Flush

Engine flush

Mesin yang telah di-engine flush akan bersih dan bekerja optimal.

Ada beragam manfaat engine flush di mobil dan motor. Berikut akan kami rinci keuntungan kamu bila melakukan servis jenis ini:

1. Menghilangkan Kotoran dan Endapan

Salah satu manfaat utama dari engine flush adalah membersihkan kotoran dan endapan yang terbentuk di dalam mesin. Kotoran ini dapat mengganggu aliran minyak dan komponen mesin lainnya, sehingga membersihkannya secara teratur dapat memastikan mesin beroperasi dengan lancar dan efisien.

2. Meningkatkan Performa Mesin

Dengan membersihkan komponen-komponen mesin, engine flush dapat membantu meningkatkan performa mesin. Mesin yang bersih cenderung memiliki respons yang lebih baik, akselerasi yang lebih lancar, dan daya yang lebih optimal.

3. Memperpanjang Umur Mesin

Kotoran dan endapan yang terakumulasi di dalam mesin dapat menyebabkan keausan komponen-komponen mesin. Dengan melakukan engine flush secara teratur, Anda dapat membantu memperpanjang umur mesin kendaraan Anda dengan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh kotoran dan endapan.

4. Mengoptimalkan Konsumsi Bahan Bakar

Mesin yang bersih dan berfungsi optimal cenderung lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Dengan melakukan engine flush, Anda dapat membantu mengoptimalkan konsumsi bahan bakar kendaraan Anda, menghemat biaya bahan bakar dalam jangka panjang.

Baca juga  Mesin Mobil 3 Silinder VS 4 Silinder, Bagus Mana?

Cara penggunaan engine flush cukup sederhana. Saat hendak mengganti oli mesin, tambahkan cairan engine flush melalui lubang pengisian oli. Nyalakan mesin selama 5-10 menit agar cairan bekerja bersama oli lama, membersihkan kotoran di mesin. Selanjutnya, ganti dengan oli baru setelah menguras oli lama.

Penting untuk mengganti oli sesuai jadwal, khususnya untuk mobil Mitsubishi yang dikutip dari laman resminya,  disarankan setiap 10.000 km atau 6 bulan. Bahkan jika mobil jarang dipakai, gantilah oli setiap 6 bulan untuk mencegah oli mengental atau sludge.

Periksa keadaan oli dan viskositasnya dengan Deepstik oli. Jika oli sudah mengental, gunakan cairan engine flush untuk membersihkan sisa oli lama di mesin. Selalu pastikan juga untuk mengganti filter oli saat melakukan engine flush agar oli lama yang tercampur dengan cairan flush tidak bercampur dengan oli baru.

Estimasi Biaya Engine Flush

Engine Flush

Penting untuk diingat bahwa biaya engine flush mungkin berbeda antara bengkel atau penyedia jasa perawatan kendaraan.

Biaya engine flush dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis kendaraan, merek, lokasi geografis, dan jenis cairan pembersih yang digunakan. Secara umum, biaya engine flush di Indonesia berkisar antara beberapa ratus ribu hingga sekitar satu juta rupiah.

Baca juga  10 Alat Pendingin Mesin Saat Mobil Overheat

Penting untuk diingat bahwa biaya engine flush mungkin berbeda antara bengkel atau penyedia jasa perawatan kendaraan. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan penelitian terlebih dahulu dan bandingkan harga dari beberapa tempat sebelum memutuskan di mana Anda ingin melakukan engine flush.

Berikut adalah contoh harga engine flush di pasaran :

  • Autofit Engine Flush 250 ml – Rp37.000
  • Autofit Engine Flush 250 ml – Rp37.000
  • Automaster Engine Flush 250 ml – Rp30.450
  • Ekathronic Engine Flush – Rp35.000
  • IAC Engine Flush – Rp42.700
  • IAC Engine Flush – Rp42.700
  • Mannol Motor Flush 350 ml – Rp110.000
  • Mitsubishi Motors Engine Flush – Rp140.000
  • Prestone Engine Flush 443 ml – Rp34.000
  • SR15 Engine Flush 300 ml – Rp35.000
  • STP Engine Flush – Rp56.000
  • Voltronic E20 – Rp339.000
  • Voltronic E20 + E55 + G30 – Rp943.000
  • Wepp Engine System Cleaner
  • Wurth Engine Flush 300 ml – Rp74.800

Penting untuk selalu memperhatikan perawatan kendaraan secara rutin dan melakukan engine flush sesuai dengan rekomendasi produsen untuk memastikan mesin kendaraan kamu tetap beroperasi dalam kondisi optimal.

Demikian ulasan terkait engine flush. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika