Minggu, Juni 16, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Penyebab Mesin Mobil Mati Ketika Melewati Rel Kereta dan Tipsnya!

by Tigor Sihombing
mesin mobil mati ketika melewati rel kereta api

Kira-kira apa penyebab mesin mobil mati ketika melewati rel kereta api? Pasalnya hal ini kerap terjadi, bahkan pada 18 Juli 2023 sampai menyebabkan kecelakaan serius. Kejadian nahas itu melibatkan Kereta Api (KA) Brantas rute Jakarta, menabrak truk trailer mogok di perlintasan rel area Semarang.

Mengacu laman NTMC, dikatakan kecelakaan KA Brantas di Semarang berawal dari adanya truk yang mogok saat melintas di atas rel. Sebelum tabrakan terjadi, sopir dan kernet truk sempat meminta tolong ke petugas palang pintu perlintasan, namun usaha tersebut sia-sia, lantaran kereta keburu tiba dan menyambar badan truk.

“Berdasarkan keterangan saksi di TKP penyebab awal laka karena truk kontainer mogok di perlintasan Kereta Api,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes M Iqbal Alqudusy.

Video kecelakaan tersebut juga beredar di media sosial. Terlihat truk yang mogok di perlintasan, dihantam kereta. Bahkan sempat ada ledakan dan kemudian timbul kobaran api di lokomotif dan truk yang berhenti di jembatan rel. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Baca juga  Mengenal Ciri-Ciri ECU Mobil Rusak, Awas Salah Penanganan!

Lalu apa yang jadi penyebab mesin mobil mati ketika melewati rel kereta api? Bagaimana tipsnya agar mobil tidak mogok ketika melintas di rel? Berikut bahasan lengkapnya:

Alasan Mobil Mogok di Perlintasan Kereta, Karena Ini!

mesin mobil mati ketika melewati rel kereta api

Mobil mogok di perlintasan kereta karena pengemudi kurang persiapan atau grogi

Instruktur Senior Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan bahwa penyebab mesin mobil mati ketika melewati rel kereta api lebih dikarenakan oleh beberapa faktor. Mulai dari kondisi jalan tidak rata, hingga pengemudi yang kurang persiapan.

“Kondisi jalan yang tidak rata pada perlintasan kereta, terkadang membuat mobil sering mati ketika melewatinya. Karena grogi, starter mobil pun kadang jadi sulit dilakukan,” jelas Jusri.

Utamanya mesin mati di rel sering terjadi untuk mobil dengan transmisi manual yang sedang menggunakan gigi transmisi tinggi, tapi lajunya pelan dan tidak injak kopling. Ditambah lagi jalan yang bergelombang, membuat rintangan di perlintasan rel kereta api semakin membutuhkan kelihaian pengemudi. Kadang, hal tersebut tidak diantisipasi dengan persiapan yang baik.

Baca juga  7 Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil

Setelah mesin mati, pengemudi biasanya akan grogi karena banyak hal. Mulai dari perlintasan kereta api yang ramai, suara palang pintu kereta yang turun, hingga persaan takut tertabrak kereta lewat. Itulah yang menyebabkan starter mesin mobil mati di lintasan kereta lebih sulit dilakukan.

Tips Mobil Tidak Mogok Ketika Melewati Perlintasan Kereta Api

mesin mobil mati ketika melewati rel kereta api

Pengemudi harus punya persiapan ketika melewati rel kereta api

Jusri menambahkan, sebaiknya pengendara mobil lebih waspada dan harus tertib berlalu lintas ketika melewati perlintasan kereta kalau tidak mau mogok. Contoh paling mudah, dimulai dari hal kecil seperti selalu berhenti di belakang garis, saat peringatan kereta lewat sudah diberikan.

“Selalu prioritaskan keselamatan saat berkendara di dekat rel kereta api. Jangan mengabaikan tanda peringatan atau mengambil risiko yang tidak perlu,” kata Jusri.

Berikut merupakan tips agar mesin mobil tidak mati ketika melewati rel kereta api:

  1. Kurangi kecepatan menjelang lintasan KA
  2. Jangan terburu-buru melintasi lintasan KA
  3. Jika terdengar bunyi sirine atau lampu rotari di lintasan KA berbunyi atau menyala, berhenti sebelum lintasan, walau palang pintu belum turun
  4. Jika perlintasan kereta tanpa palang pintu, sebaiknya berhenti sebelum lintasan, lalu turunkan kaca pintu dengarkan suara KA, jika terdengar atau terlihat, maka berhenti sejenak dan tunggu KA tersebut lewat dan lintasan betul-betul sudah aman baru bergerak
  5. Kalau melintasi lintasan KA dengan kecepatan dibawah 20 Km/jam, gunakan gigi 1 agar mesin mobil tidak mudah mati ketika rpm rendah.
Baca juga  Beda Aki Kering dan Aki Basah, Buat Mobil Beli yang Mana?

Demikian ulasan terkait mesin mobil mati ketika melewati rel kereta api. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika