Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Kolaborasi Honda dengan Universitas Indonesia, Kembangkan Mobil Listrik?

by Firdaus Ali
Kolaborasi Honda dengan Universitas Indonesia

Kolaborasi Honda dengan Universitas Indonesia terjalin dengan tujuan untuk mengembangkan industri otomotif khususnya mobil listrik. Menariknya, dalam kerjasama tersebut, PT HPM meminjamkan dua unit mobil listrik Honda e, sepeda motor Honda PCX elektrik serta satu unit power product Honda’s LiB-AID E500.

Yup, PT Honda Prospect Motor (HPM) bersama Universitas Indonesia (UI) telah menandatangani nota kesemapahaman yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Universitas Indonesia Dedi Priadi dan Presiden Direktur PT HPM Kotaro Shimizu (26/6/2023).

“Honda dan Universitas Indonesia memiliki visi yang sama dalam menciptakan ekosistem yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Kerjasama ini merupakan jembatan antara industri dan akademisi dalam mewujudkan elektrifikasi di Indonesia melalui edukasi dan riset,” jelas Kotaro Shimizu President Director PT Honda Prospect Motor dalam kata sambutan acara yang berlangsung di UI tersebut.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UI, mengatakan pihaknya berharap bisa mengikuti perkembangan teknologi dan industri otomotif, khususnya mobil Honda.

Baca juga  3 Masalah Honda Civic FD yang Sering Dikeluhkan

“Kami sangat mengapresiasi kerjasama ini yang merupakan wujud nyata pihak UI dan Honda yang sama-sama ingin mengurangi gas CO2. Dalam hal ini Honda meminjamkan dua mobil listrik Honda e, dan juga ada motor listrik. Saat ini UI selalu berusaha bagaimana kampus UI tetap hijau,” terang Prof Dedi.

Sekilas Mengenai Honda e Yang Dipinjamkan ke UI

Kolaborasi Honda dengan Universitas Indonesia

2 unit Honda e dan PCX elektrik dipinjamkan HPM dalam rangka kolaborasi Honda dan UI

HPM meminjamkan 2 unit Honda e ke UI untuk mendukung mengurangi gas CO2. Lalu, seperti apa spesifikasi Honda e?

Honda E pertama kali diperkenalkan pada perhelatan Frankfurt Motor Show 2019 dan kemudian juga dipamerkan pada acara Tokyo Motor Show 2019. Kemudian, di Indonesia sendiri Honda e diperkenalkan pada bulan April 2022 lalu.

Mengusung motor penggerak listrik yang mampu menghasilan besaran dua tenaga. Masing-masing tenaga tersebut diklaim mampu menghasilkan 136 hp serta torsi maksimal 315 Nm.

Sebagai jantung pacunya, city car bertenaga listrik dari Honda ini mengadopsi baterai dengan kapasitas 35,5 kWh dan menjadi baterai berdimensi terkecil untuk dikelasnya. Untuk pengisian hingga 80 persen, baterai tersebut hanya butuh waktu pengecasan sekitar 30 menit.

Baca juga  HR-V Raja Penjualan SUV Agustus 2023, Creta dan Yaris Cross Lewat!

Kombinasi teknologi tersebut mampu   menghasilkan akselerasi delapan detik untuk meraih 100 km/jam serta jarak tempuh yang diklaim mampu mencapai 220 km.

Desain eksteriornya mengusung konsep simpel modern. Desain bulat pada bagian lampu depan dengan LED yang dikombinasikan dengan grill berkelir hitam membuat mobil bertenaga listrik ini terlihat sporty.

Bodi mobil listrik ini nampaknya sengaja didesain minim lekukan, namun justru hal tersebut menggambarkan mobil masa depan yang identik dengan desain simpel namun terlihat tetap modern dan sporty.

Honda E tentunya mengusung desain interior yang futuristik dan modern. Hal tersebut dibuktikan dengan desain dashboard minimalis yang menampung pengaturan lima layar.

Cluster instrumen pengemudi berdiameter 8,8 inci sementara di sebelahnya terdapat layar sentuh 12,3 inci ganda untuk infotainment, yang dilengkapi dengan asisten pribadi baru Honda, sistem perintah suara bertenaga AI. Dua layar luar menampilkan gambar dari kamera tampak belakang yang dipasang di pintu.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika