by

7 Tips Membeli Mobil Baru Agar Tidak Menyesal

Kali ini kami bakal bahas soal tips membeli mobil baru. Meski terlihat sepele, tapi percayalah bahwa mendapatkan kendaraan yang sesuai tidaklah mudah.

Hal tersebut semakin dipersulit dengan banyaknya lini produk mobil baru yang dijual di Indonesia. Pemainnya kini bukan cuma dari Jepang, tapi juga Cina dan Korea Seletan. Lalu merek-merek Eropa pun ikutan menjajakan kendaraan dengan harga terjangkau di Tanah Air.

Supaya tidak menyesal di kemudian hari. Kamu sebaiknya lakukan beberapa pertimbangan sebelum membeli mobil baru. Mulai dari sesuaikan harga dengan bujet, ketahui spesifikasi dan fitur-fitur, serta biaya perawatannya. 

Buat kamu yang mau tahu tips membeli mobil baru secara detail, berikut tujuh hal yang wajib dicoba:

1. Cari Mobil Sesuai Kebutuhan Bukan Keinginan

tips membeli mobil baru
Kalau mau mobil yang mudah selap-selip di perkotaan dan irit bahan bakar, carilah city car

Tips membeli mobil baru yang pertama, jangan dahulukan keinginan. Sebaiknya sesuaikan pula dengan kebutuhan kamu. Hal ini perlu dilakukan, lantaran harga mobil tidaklah murah. Kalau salah beli, bisa menyesal nanti.

Ingat, mobil bukan kebutuhan primer. Jadi sebisa mungkin penuhi dulu kebutuhan primer seperti sandang, pangan, dan papan sebelum melangkah lebih jauh degan membeli mobil baru.

Kemudian kalau memang itu sudah sesuai dengan kebutuhan, kamu juga perlu pilih jenis mobil yang pas. Cara termudah, seleksi dulu berdasarkan harga. Misalnya kamu cuma punya uang Rp 180 juta. Maka opsinya ada di segmen mobil LCGC dan city car.

Baca juga  3 Bahaya Suka Gonta-Ganti BBM Kendaraan

Di samping itu, kamu juga perlu tahu kapasitas kabin mobil tersebut. Jika punya keluarga besar atau untuk dipakai taksi online, maka pilih yang punya konfigurasi tiga baris bangku seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. 

Sementara kalau jumlah keluarga tidak banyak, bisa cek mobil dengan dimensi ringkas seperti Toyota Agya, Suzuki karimun Wagon R, Honda Brio, dan masih banyak lagi.

2. Pelajari Fitur-Fiturnya

tips membeli mobil baru
Semain mahal mobil, biasanya semakin banyak pula fitur-fitur modern yang tersemat

Selanjutnya dalam tips membeli mobil baru adalah wajib pelajari fitur-fitur yang menyertai. Misal sudah punya head unit sudah pakai layar atau belum? Kalau untuk mobil keluarga, fitur ini bisa memutar film dan video yang mampu mengusir kebosanan anak-anak selama di perjalanan. 

Fitur lain yang perlu diperhatikan, misal sudah mengadopsi jok kulit atau belum? Gunanya untuk memudahkan pembersihan kabin bila terkena kotoran.

Terkait fitur keselamatan juga jangan luput. Ada baiknya kamu pilih kendaraan dengan anti-lock braking system (ABS) dan SRS airbag sebagai standar. Lebih banyak sistem yang menjaga keselamatan di dalam kabin, tentu semakin baik.

Jika kamu merupakan pengendara yang sering lewat medan berbukit-bukit. Sebaiknya pilih mobil dengan penggerak roda belakang (RWD), karena lebih bisa diandalkan untuk melaju naik. Intinya fitur-fitur mobil baru yang ingin kamu beli tersebut haruslah sesuai dengan kebutuhan.

3. Ketahui Biaya Perawatannya

tips membeli mobil baru
Sebelum beli mobil, ketahui apakah bengkelnya ada di dekat rumah?

Tentu perawatan tidak kalah penting untuk diketahui saat membeli mobil baru. Jika harga kendaraanya murah, tapi di dekat rumah tidak ada bengkelnya, pasti jadi masalah tersendiri.

Baca juga  10 Ciri Ban Mobil Harus Diganti, Jangan Tunggu!

Maka dari itu tips membeli mobil baru berikutnya, ketahui seluk-beluk perawatannya. Kalau ada bengkel resmi di dekat rumah, cari tahu keterediaan dan harga suku cadangnya. Kadang untuk mobil-mobil yang tidak terlalu laris di pasaran, lebih sulit untuk mencari suku cadangnya.

Beda halnya dengan mobil-mobil dengan penjualan tinggi seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan lain-lain. Produk tersebut bahkan didukung bukan cuma suku cadang resmi, tapi juga banyak versi after marketnya.

4. Diskusikan dengan Komunitas

test drive wuling cortez ct type s
Kalau mobil yang kamu beli tidak terlalu populer, ada baiknya ikut komunitas supaya mudah kalau ada masalah di kemudian hari

Setelah tahu soal spesifikasi dan fitur dari mobil baru yang ingin kamu beli, selanjutnya coba berdiskusi dengan komunitas mobil tersebut. Misalnya mobil yang diincar adalah Wuling Cortez, tidak ada salahnya kamu masuk ke grup pemilik Cortez di sosial media.

Bertanyalah terkait kelebihan dan kekurangan Wuling Cortez dari sisi pengguna. Biasanya dari sanalah kamu bakal tahu detail-detail yang tidak dipajang di brosur penjualan.

5. Lakukan Test Drive

test drive mobil
Ada baiknya test drive calon mobil kamu dengan seluruh anggota keluarga

Tips memebeli mobil baru berikutnya, kamu sebaiknya lakukan test drive. Hal ini dilakukan supaya tidak membeli mobil dalam karung. Setidaknya kamu telah merasakan langsung bantingan suspensi, performa mesin, serta kenyamanan kabinnya.

Bila memungkinkan, lakukan pula test drive mobil dengan anggota keluarga. Hal tersebut ditujukan agar mereka juga bisa memberi tanggapan soal kendaraan tersebut dari berbagai sisi.

Baca juga  Cara Membersihkan Oli Mesin yang Bercampur Air, Mudah!

6. Wajib Dapat Promo

tips membeli mobil baru
Promo yang paling sederhana adalah bonus berupa kaca film

Ketahuilah para penjual mobil pasti memberikan promo untuk produk-produk yang dijajakan. Entah itu berupa bonus sarung jok, talang air, atau kaca film, namun kamu perlu meminta promo tersebut. Kalau tidak ditawarkan, ada baiknya tanya.

Jika mau dapat diskon, belilah mobil di waktu-waktu tertentu. Misalnya saat akhir tahun, pasti banyak pabrikan mengeluarkan potongan harga besar.

Lalu tips membeli mobil baru juga bisa dilakukan pada awal tahun, tapi cari kendaraan dengan nomor rangka tahun lalu. Biasanya, harga produk tersebut jadi jauh lebih murah.

7. Buat Simulasi Kredit Membeli Mobil Baru Secara Detail

tips membeli mobil baru
Ketahui secara seksama angsuran, bunga, hingga keuntungan yang didapat ketika kredit mobil baru

Bila kamu tidak sanggup membeli mobil baru dengan uang tunai, pakai siapkan opsi kredit. Sekilas memang terasa memudahkan, namun yang perlu kamu tahu, beli secara kredit justru mengeluarkan total uang yang lebih banyak dari harga asli.

Dalam membeli mobil baru secara kredit, juga jangan cuma perhatikan besar uang muka. Jumlah angsuran serta tenor wajib dicek. Sebisa mungkin kamu harus meminta simulasi kreditnya, supaya semua jelas dan bujet bisa kamu persiapkan.

Kadang dengan tenor yang lebih pendek, bunganya pun jadi semakin kecil. Jika memang punya kemampuan, hal tersebut perlu kamu pertimbangkan agar kredit mobil bisa cepat lunas.

Itulah tadi tips membeli mobil baru dari Moladin. Semoga informasi yang kami berikan, bisa bermanfaat buat kamu!

Terbaru