Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

MAKA Motors Siap Bikin Motor Listrik Murah Buatan Indonesia!

by Tigor Sihombing

Perusahaan rintisan (startup) yang bergerak di bidang kendaraan listrik, MAKA Motors mengumumkan telah mendapatkan pendanaan tahap awal (Seed Funding), sebesar US$ 37,6 juta atau Rp 563 miliar. Pendanaan ini dipimpin bersama oleh AC Ventures, East Ventures, dan SV Investment dari Korea Selatan.

Investasi tersebut merupakan salah satu pendanaan awal dengan jumlah terbesar di Asia Tenggara untuk startup perangkat keras (hardware). Putaran pendanaan untuk MAKA Motors juga diikuti oleh investor strategis lainnya termasuk Northstar Group, Provident, AlfaCorp, Skystar Capital, Peak XV Partners atau yang sebelumnya dikenal sebagai Sequoia India dan SEA. Terlibat pula di dalamnya Openspace Ventures, Shinhan Venture Investment, BEENEXT, Kinesys Group, dan M Venture Partners ( MVP).

“Apalagi dengan tingginya penggunaan kendaraan roda dua di Indonesia, kami yakin tim MAKA menargetkan segmen
EV yang tepat pada waktu yang tepat. Selain itu, Korea adalah pasar yang maju dalam hal teknologi EV, dengan banyak perusahaan rintisan dan konglomerat yang mengembangkan baterai, motor, dan lain-lain. Sebagai mitra strategis, kami berharap dapat menjembatani MAKA Motors dengan pemain Korea yang relevan yang dapat menjadi dukungan sinergis bagi perusahaan,” Managing Partner di SV Investment, David Junghun Bang dalam rilis resmi yang kami terima pada Kamis (20/7/2023). 

Baca juga  Harga Vespa Elettrica 2023 Bikin Kaget, Resmi Dijual di Indonesia!

MAKA Motors didirikan pada 2021 oleh mantan petinggi Gojek, Raditya Wibowo dan Arief Fadillah. Seperti kebanyakan orang Indonesia, keduanya mengendarai motor sejak di bangku sekolah.

Mereka melihat adanya peluang yang belum terjawab di sektor motor listrik di Indonesia, yaitu produk yang kompetitif dengan motor bensin dari sisi jarak tempuh, tenaga, fitur, daya tahan, dan harga jual terjangkau. Maka dari itu, mereka ingin membuat sepeda motor listrik beserta pabriknya di Indonesia. 

Motor Listrik MAKA MOTORS Meluncur 2024

MAKA MOTORS

Raditya Wibowo dan Arief Fadillah akan hadirkan sepeda motor listrik yang sesuai dengan kebutuhan pengendara Indonesia.

Harapan besar untuk membangun motor listrik dari Indonesia dan untuk Indonesia tersebut, diwujudkan dengan fokus melakukan penelitian dan pengembangan (R&D) selama dua tahun terakhir. Tujuannya, memastikan MAKA Motors menciptakan produk terbaik dengan struktur biaya yang efisien.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan investor yang memahami dan mendukung pendekatan R&D-first kami. Tidak seperti kebanyakan kompetitor kami, MAKA Motors melakukan proses R&D secara in-house dan lokal, sehingga kami memiliki kontrol atas rantai pasok (supply chain), user insight, dan pada akhirnya atas efisiensi biaya dalam upaya kami membawa solusi inovatif yang memenuhi kebutuhan unik pengendara Indonesia,” kata Founder & Chief Executive Officer MAKA Motors, Raditya Wibowo.

Baca juga  7 Cara Dapat Subsidi Motor Listrik di Tahun 2024!

Dengan pendanaan kali ini, MAKA Motors akan memperluas dan melanjutkan operasional serta fasilitas penelitian dan pengembangannya untuk mempercepat produksi sepeda motor listrik inovatifnya. Produk massal pertama MAKA Motors saat ini sedang dalam tahap pilot project dan akan siap diluncurkan tahun depan. MAKA Motors juga akan membangun pabriknya di Jawa Barat mulai akhir tahun ini.

“ACV sangat antusias untuk berinvestasi dan bermitra dengan MAKA Motors, sebuah game-changer di salah satu pasar kendaraan roda dua terbesar di dunia,” kata Founder dan Managing Partner AC Ventures, Michael Soerijadji. 

Demikian ulasan terkait MAKA Motors siap bikin motor listrik murah buatan Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika