Tips Memilih Ban Motor yang Baik buat Motor Kesayangan

Hai, Sobat Moladin! Ternyata memilih ban motor yang baik dan cocok buat motor kesayangan tidak semudah yang kita kira lho. Sebab setiap ban punya karakter yang berbeda. Selain itu pilihanannya pun cukup banyak. Hayo ngaku, kalian pun kadang memasang ban yang tidak sesuai dengan ukuran yang direkomendasikan pabrikan motor kan.

Nah, supaya kalian enggak salah dalam memilih ban motor yang baik, yuk intip beberapa tips dari Jinny berikut dalam memilih si karet hitam.

1. Merk Gak Pernah Bohong, Sob

Honda CBX125F
Honda CBX125F Dari 1983 – 1993

Tidak ada salahnya memilih merk ban yang cukup terkenal karena kualitasnya, sob. Meskipun sedikit lebih mahal, tapi hati terasa tenang karena ban yang dipakai menunjang keselamatan kita saat berkendara.

Yamaha Mio M3

*DP mulai dari

2. Pergunakan Ban yang Cocok

pilih ban yang cocok

Cocok disini maksudnya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan, sob. Ban harian jangan dipakai untuk touring ya, soalnya ban harian kan biasanya untuk jarak dekat. Sedangkan saat touring kalian membutuhkan ban yang lebih tangguh di segala medan.

3. Perhatikan Kondisi Jalan yang Akan Dilalui

Ingin-Pasang-Ban-Motor-Baru-Sendiri-Perhatikan-Hal-Ini-Sob

Kalau jalanannya beraspal dan dalam kota, enaknya pakai ban-nya untuk jalan beraspal, sob, alias yang soft compound. Kalau rumah kalian di daerah pegunungan dan tinggal di kota dengan curah hujan tinggi, ada baiknya menggunakan ban dengan dual purpose. Ingat sob, Masing-masing ban didesain khusus sesuai dengan kondisi jalan yang akan dilalui.

DAPATKAN DP SUZUKI NEX 2 HANYA 300 RIBU DI SINI!

4. Sesuaikan ukuran Ban dan Velg

sesuaikan ukuran ban dan velg

Kalian yang hobi modifikasi dan gatel pengen ganti velg, kalau mau up-size atau down-size ukuran ban usahakan maksimal hanya turun atau naik sebanyak dua tingkat. Misalnya, saat ini kalian pakai ban ukuran 90, maksimal bisa naik menjadi 110 atau turun jadi 70. Kalau kalian menggunakan ban yang tidak sesuai biasanya performa ban jadi tidak maksimal, sob.

Oya, standar ukuran ban untuk motor konvensional biasanya 70 untuk ban depan dan 90 untuk ban belakang . Sedangkan motor injeksi atau motor matic biasanya menggunakan ukuran 80/90 dan 90/90.

Yamaha Nmax

*Angsuran mulai dari

5. Pastikan Alur Kembangan Ban Sesuai

memilih ban motor yang tepat

Alur kembangan ban depan dan ban belakang itu mempunyai fungsi yang berbeda, sob. Ban depan itu berfungsi sebagai pencengkeram karena ban depan yang pertama kali menyentuh jalanan serta air apabila hujan. Adapaun ban belakang berfungsi sebagai penjaga kestabilan. Oleh karena itu, alur ban depan dan ban belakang harus berbeda.

6. Gunakan Tekanan Angin yang Sesuai

Ban Gambot Ring 12
Menggunakan Ban Gambot Dengan Diameter Velg 12 Inchi

Setiap pabrikan ban pastinya sudah memastikan kemampuan ban itu akan cocok dengan tekanan angin sampai berapa psi. Tapi Jinny menyarankan kalian untuk mengikuti anjuran dari pabrikan motor ya, sob.

DAPATKAN DP YAMAHA R15 HANYA 1,2 juta DI SINI!

Misalnya di ban yang baru kalian beli ditulis tekanan maksimal 38 psi tapi pabrikan motor memakai 32 psi, maka gunakan tekanan 32 psi saja, sob. Ukuran yang tertera di ban itu dikarenakan pabrikan ban menyiapkan ban tersebut untuk dipergunakan oleh banyak motor. Jadi gunakan tekanan yang paking sesuai dengan motormu.

Itu dia enam tips dari Jinny untuk memilih ban motor yang baik, sob. Sudah siap kan membeli ban motor yang baru? Jangan lupa belinya di Moladin ya. Kalian tinggal klik menu apparel dan pilih ban motor yang kalian inginkan. Ban baru kalian akan segera dikirim ke rumah oleh Moladin.

Yamaha Mio S

*DP mulai dari

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *