Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Ban Motor Matic Bergelombang? Ini Sebab dan Cara Mengantisipasinya

by Baghendra Lodra
ban motor matic bergelombang

Ban Motor Matic Bergelombang – Jika usia pakai ban motor sudah masuk bulan ke-10 atau bahkan lebih, biasanya permukaan luar tapak ban akan terlihat mulai gundul. Indikasinya kembangan, ulir atau profilnya mendekati rata, sehingga beresiko akan mengurangi kemampuannya mencengkram aspal.

Akan tetapi permasalahan motor, tepatnya ban motor bukan cuma gundul saja. Selain ulirnya makin tipis, ada juga ban motor matic bergelombang. Bahkan masalah ini tidak disadari oleh pemiliknya, kalau permukaan ban tampak benjol-benjol di sekeliling roda. Terutama terjadi pada ban depan skubek ukuran ring 14 inci.

“Dilihat sekilas memang tidak tampak seperti bergelombang. Namun jika ban mulai gundul dan diraba, maka gelombang akan sangat terasa jelas. Apalagi saat melibas jalan halus, efek benjolan makin terasa. Bahkan coba di jalur menurun dalam kondisi mesin off pakai satu tangan, rasanya seperti diaduk-aduk,” ujar Tri Tombro Nugroho, spesialis matik D45 Yogyakarta.

(Baca Juga: Ban Motor Terbaik)

Nah, apakah ban motor matic Moladiners juga alami bergelombang? Buruan deh diperiksa.

Baca juga  12 Merek Ban Motor Terbaik, Anti Licin Buat Harian
Produk Kelebihan
Viar Q1 Efisiensi Tinggi
TVS Ntorq Desain Unik

Ban Motor Matic Bergelombang Sering Dipicu Kurang Angin 

ban motor bergelombang cek angin

Sering cek tekanan angin biar putaran roda stabil

Penyebab awalnya dikarenakan tekanan angin sering kurang atau di bawah ukuran standar tekanan rata-rata. Lalu minimnya tekanan angin diperparah dengan seringnya lakukan pengereman ban depan secara mendadak dan berulang.

“Saat terjadi pengereman, spontan beban keseluruhan tertumpu di bagian depan. Sehingga penerima beban paling berat ada di bagian roda depan. Makanya jika dilakukan berulang akan menyebabkan permukaan tapak ban bergelombang,” lanjut mekanik di Jl. Wahid Hasyim No. 87 Condongcatur Depok, Sleman-Yogyakarta.

Cuma jadi dilema ketika tekanan angin pada ban skutik bebek nggak boleh terlalu empuk. Sebab kalau terlalu keras biasanya bikin ban depan-belakang jadi nggak enak waktu ditunggangi. Terutama saat melibas trek kribo atau jalan bergelombang dan rusak parah.

Baca Juga :

Baca juga  Daftar Harga Ban Motor Matic Tubeless Terbaru 2019

Rajin Cek Tekanan Angin Meminimalkan Risiko Ban Motor Matic Bergelombang

ban matic

Ban matic jangan sering kurang angin biar nggak bergelombang

Jika tidak ingin ban motor matic bergelombang, solusi yang bisa dilakukan adalah membiasakan cek kondisi tekanan angin ban sesuai spesifikasi. Lalu kurangi pengereman depan secara mendadak. Dan usahakan ganti angin sebulan sekali atau sesudah melakukan perjalanan jauh.

“Soal ganti angin sebulan sekali atau setelah jalan jauh, biasanya angin baru nggak cepat panas penyebab meningkatnya tekanan angin di dalam ban. Karena tekanan ban tinggi akan mengurangi tinggkat pengereman juga mengakibatkan ban mudah bergelombang,” tutupnya.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika