Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mengenal Kode Sasis Bus dan Truk Mercedes-Benz di Indonesia Hingga Evolusi Truk Listrik Globalnya

by Ivan
Kode dan sasis truk dan bus Mercedes-Benz

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) punya sederet sasis bus dan truk Mercedes-Benz untuk pasar Indonesia.

Umumnya sasis bus dikategorikan berdasarkan kode nama dengan kombinasi huruf dan angka, berbeda dengan sasis truk yang dipertegas nama tipe truk baru disusul kode tertentu.

“Saya ambil contoh Axor 2528 CX sudah jelas ini tipe truk Axor dengan angka 25 menunjukkan Gross Vehicle Weight (GVW) yakni berat kendaraan tunggal ditambah berat muatan dalam satuan ton. Sementara 28 merujuk pada output mesin dikali 10 jadi tenaga truk ini 280 hp. Lalu CX kependekan dari Contruction Xtra terkait tipe truk,” kata Imam Sujono, Training Manager Daimler Commercial Vehicles Indonesia.

Variasi tipe di Actros dan Arocs jauh lebih

Variasi tipe di Actros dan Arocs jauh lebih

Pengelompokan tipe truk Mercedes-Benz Axor terbagi atas R (Rigid) yang dipahami bak atau karoseri tambahannya ada di atas sasis. Ada juga C kependekan dari Construction, RMC atau Ready Mix Concrate untuk truk pengaspalan atau pemadatan jalan, CH yakni Contruction with Hub, serta TT yang berarti Tractor Trailer.

Kode sasis Axor sedikit berbeda dengan truk Arocs/Actros yang beragam dengan kode nama lebih spesifik tak hanya untuk kebutuhan konstruksi tapi juga untuk area tambang.

Mulai dari Arocs 4042 K (6×4), Arocs 4045 AK (6×6), Arocs 4845 K (8×4), Arocs 4048 AS (6×6), Arocs 2551 A (4×4) hingga tractor head semisal Actros 2636 LS (6×4), Actros 3351 S (6×4), dan Actros 4048 S (6×4).

Beragam varian truk Axor ada bisa dibuat jadi mobil damkar

Beragam varian truk Axor ada bisa dibuat jadi mobil damkar

Contoh lain ialah truk Mercedes-Benz Arocs 4048 AS (6×6). Jadi kapasitas total kendaraan itu 40 ton sementara kemampuan mesin atau output mesin 48 dikali 10 jadi 480 hp. Sedang AS merujuk pada tipe kendaraan All-wheel drive semi trailer tractor vehicle dan kofigurasi roda berpenggerak 6×6.

Adapun variasi tipe di Actros dan Arocs jauh lebih banyak yakni seperti A yang berarti All-wheel drive platform vehicle, AK All-wheel drive dumper vehicle, AF All-wheel drive Fire-fighting vehicle. B merujuk pada concrate mixer, K dumper vehicle, LKO air spring municipal vehicle, KK crane dumper vehicle, S semitrailer tractor vehicle, DNA Dual-tired trailing axle dan masih banyak lainnya.

Hal ini tentu sedikit berbeda dengan kode sasis bus Mercy. Contohnya sasis bus OH 1626 L. O artinya Omnibus (bus), H itu Hinter dalam bahasa Jerman artinya di belakang kalau F itu kependekan Front atau depan. Jadi OH menujukkan bus ini bermesin di belakang. Lalu 16 menujukkan Gross Vehicle Weight yakni 16 ton bertenaga 26 dikali 10 yakni 260 hp dan L itu air-spring platform vehicle simpelnya pakai suspensi udara dengan balon.

Evolusi Truk Listrik Mercedes-Benz eActros 600

Truk listrik Mercedes-Benz eActros 600 meluncur Oktober 2023

Truk listrik Mercedes-Benz eActros 600 meluncur Oktober 2023

Elektrifikasi saat ini juga semakin merambah segmen komersial. Termasuk bagi Mercedes-Benz Trucks ketika pertengahan Oktober 2023 sudah resmi meluncurkan truk heavy-duty bertenaga baterai pertama yang diberi nama eActros 600.

Truk listrik ini menjadi babak baru bagi Mercedes-Benz Trucks yang diketahui menjadi salah satu produsen truk diesel terbesar di dunia. “Tidak seperti truk lainnya, eActros 600 mewakili transformasi transportasi angkutan barang di jalan raya menuju netralitas CO2. Truk ini dilengkapi dengan teknologi penggerak yang sangat inovatif, yang menawarkan efisiensi energi yang sangat tinggi kepada pelanggan kami, dan dengan demikian juga menawarkan profitabilitas. Hal ini membuat e-mobilitas semakin menarik bagi operator armada,” kata Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks.

Truk listrik eActros 600 memiliki tiga paket baterai masing-masing 207 kWh. Komposisi ini memberikan total kapasitas (baterai) terpasang sebesar 621 kWh. Baterai didasarkan pada teknologi sel Lithium Iron Phosphate (LFP) dan ditandai dengan masa pakai yang lama.

Para insinyur pengembangan di Mercedes-Benz Trucks telah merancang eActros 600 untuk memenuhi persyaratan daya tahan yang sebanding Actros dan memiliki komponen yang sama seperti Actros di sector Heavy-Duty. Ini berarti truk eActros mampu mencapai hingga 1,2 juta kilometer dalam sepuluh tahun.

Pada akhir periode ini, baterai masih harus lebih dari 80 persen sehat. Selain itu, tidak seperti teknologi sel baterai lainnya, teknologi LFP memungkinkan sekitar 95 persen dari kapasitas terpasang untuk digunakan. Hal ini memungkinkan jarak tempuh yang lebih jauh dengan kapasitas baterai terpasang yang sama.

Mercedes-Benz Trucks juga telah mengembangkan poros listrik 800 volt baru dengan dua motor listrik serta transmisi empat percepatan khusus untuk digunakan dalam pengangkutan jarak jauh. Motor listrik menghasilkan output berkelanjutan 400 kW dan output puncak 600 kW, sehingga diklaim truk ini memiliki akselerasi yang kuat, memberi kenyamanan berkendara, dan menghadrikan dinamika berkendara yang luar biasa.

Truk listrik eActros 600 memiliki tiga paket baterai

Truk listrik eActros 600 memiliki tiga paket baterai

Tenaga mesin penuh tersedia hampir sepanjang waktu, dengan hampir tidak ada gangguan pada torsi. Selain itu, dengan gaya mengemudi modern, energi listrik dapat dipulihkan dan dimasukkan kembali ke dalam baterai eActros 600 untuk menyalakan sistem penggerak. Pemulihan ini mengurangi beban pada rem eActros 600.

Tergantung pada situasinya, pengemudi dapat memilih di antara lima tingkat pengereman regeneratif yang berbeda. Sebagai pilihan, mengemudi dengan satu pedal juga dapat diaktifkan melalui layar sentuh di kokpit digital – yaitu perlambatan melalui pengereman regeneratif dengan mengurangi aktuasi rem mekanis.

Truk eActros 600 juga dilengkapi dengan sistem kontrol perjalanan dan transmisi Predictive Powertrain Control (PPC), yang telah disesuaikan secara khusus dengan sistem penggerak listrik.

Ada juga Predictive Powertrain Control secara otomatis memperhitungkan topografi, tata letak jalan, dan rambu-rambu lalu lintas untuk memastikan gaya mengemudi yang paling efisien. Informasi rute dari sistem navigasi sekarang digabungkan untuk membantu menilai situasi jalan dengan lebih baik. Jika sudah secanggih ini, akankah Mercedes-Benz Trucks beralih sepenuhnya dan meninggalkan truk diesel mereka? Jawabannya tidak!

eActros 600 akan diproduksi di pabrik perakitan truk terbesar Mercedes-Benz Trucks di Wörth am Rhein. Di pabrik ini secara paralel dan fleksibel akan lahir eActros 600 di samping truk diesel yang akan tetap diproduksi. Komponen penggerak listrik dari pabrik Mercedes-Benz di Mannheim, Gaggenau dan Kassel juga akan kemudian dirakit di Wörth.

Seperti pabrik Wörth, ketiga lokasi ini sedang mengalami transformasi dari teknologi diesel menjadi pusat kompetensi untuk transportasi niremisi.

Perakitan di Wörth dilakukan dalam beberapa langkah produksi, termasuk pemasangan poros listrik, baterai bertegangan tinggi dan boks depan, modul teknologi yang kompleks dengan beberapa unit kontrol, komponen bertegangan tinggi, dan kompresor udara listrik.

Setelah semua komponen bertegangan tinggi dipasang, seluruh sistem dioperasikan dan truk siap untuk dikemudikan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika