Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mercedes-Benz Resmi Gabung Indomobil, Pabrik Wanaherang Diambil Alih!

by Baghendra Lodra
mercedes-benz resmi gabung indomobil

Akhirnya Mercedes-Benz resmi gabung Indomobil. Pencaplokan ini tidak dilakukan oleh PT Indomobil Sukses International Tbk sendirian, melainkan bersama Inchcape Motors Private Limited (Inchcape) dalam sebuat usaha patungan atau joint-venture.

“Kami sangat percaya dengan keterlibatan kami sebagai entitas lokal yang kuat dalam kerja sama dengan entitas otomotif global, Inchcape, Mercedes-Benz dapat terus berkembang di Indonesia dan mendukung pemerintahan Republik Indonesia dalam mengembangkan industri otomotif di Indonesia ke depannya,” Direktur Utama Indomobil, Jusak Kertowidjojo dalam rilis resmi yang kami terima pada Jumat (31/3/2023).

Dengan begitu, Indomobil dan Inchcape menjadi otoritas yang berhak menjalankan kegiatan perakitan dan distribusi Mercedes-Benz AG di Indonesia. Sebelumnya, operasional tersebut dilakukan oleh PT Mercedes-Benz Indonesia untuk perakitan dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia terkait impor serta distribusi.

“Pengalihan entitas produsen kendaraan Mercedes-Benz di Indonesia serta distributor kendaraan Mercedes-Benz di Indonesia adalah sejalan dengan kebijakan dan peraturan pemerintah yang berlaku,” beber rilis resmi tersebut.

Pabrik Mercedes-Benz Wanaherang Tetap Produksi Mobil Seperti Biasa

mercedes-benz resmi gabung indomobil - pabrik wanaherang

Pabrik Wanaherang telah melahirkan berbagai mobil Mercedes-Benz rakitan lokal

Mercedes-Benz resmi gabung Indomobil dan Inchcape dibuktikan dengan perjanjian terkait jual-beli pabrik dan distributor. Ini diklaim untuk memastikan keberlanjutan bisnis Mercedes-Benz di Indonesia dalam segala aspek, dengan tujuan
memberikan keamanan jangka panjang dan transparansi tingkat tinggi bagi seluruh pemangku kepentingannya.

Baca juga  4 Koleksi Mobil BJ Habibie, Langka dan Mewah

“Transaksi ini mencakup pengalihan 100% kepemilikan Mercedes-Benz AG di Indonesia, di mana Inchcape mengambil alih 70% dan Indomobil 30%. Transaksi ini akan mengembangkan kerjasama antara Inchcape dan Indomobil, secara berkelanjutan membangun kehadirannya di Indonesia,” tulis rilis resmi yang kami terima.

Kemudian untuk proses produksi pada pabrik Mercedes-Benz yang berlokasi di Wanaherang, Bogor akan terus berjalan tanpa gangguan. Seluruh karyawan tetap bekerja dan diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaannya saat ini di bawah
kepemilikan baru. Lalu seluruh kebijakan terkait kepegawaian akan tetap sama dan patuh pada peraturan yang berlaku.

Semua itu menjamin seluruh pelanggan Mercedes-Benz di Indonesia akan terus mendapatkan produk dan layanan dengan
kualitas terbaik, sebagaimana telah diberikan oleh Mercedes-Benz selama bertahun-tahun. Mercedes-Benz juga
akan mendirikan sebuah perusahaan baru yang 100% dimiliki oleh Mercedes-Benz, untuk mendukung dan mengarahkan pemilik baru.

Pabrik Wanaherang sendiri sudah merakit mobil Mercedes-Benz rakitan lokal dalam berbagai macam model. Mulai dari C-Class, E-Class, S-Class, hingga GLC-Class.

Baca juga  Harga Mobil Mercedes-Benz Februari 2023, Ada Promo!

“Kami percaya dengan potensi yang sangat besar di pasar Indonesia, dan maka dari itu kami senang dapat bekerja sama dengan rekanan yang dapat diandalkan untuk kelanjutan bisnis kami,” kata Head of Region Overseas Mercedes-Benz Cars, Matthias Luhrs.

Inchcape Pemilik 70 Persen Saham Mercedes-Benz di Indonesia

Mercedes-Benz EQS

Mercedes-Benz EQS adalah salah satu mobil listrik yang dijual di Indonesia

Seperti yang disebutkan di atas, Mercedes-Benz resmi gabung Indomobil dan Inchcape. Lalu apa itu Inchcape? Ini adalah perusahaan distributor otomotif global terkemuka, yang beroperasi di enam benua dan memiliki kantor pusat di London, Inggris.

Bicara soal Mercedes-Benz di Indonesia, Inchcape bahkan memegang saham 70 persen. Dengan kata lain jauh lebih banyak dari Indomobil yang cuma 30 persen.

Harapan Inchcape, mereka bisa mengembangkan bisnis Mercedes-Benz semakin hebat di pasar Tanah Air. Terlebih, Inchcape punya spesialisasi dalam hal kapabilitas digital dan data.

“Kami sangat senang untuk mengembangkan sayap kami di Indonesia dengan pengalihan kegiatan usaha Mercedes-Benz Indonesia ke usaha patungan kami dengan Indomobil, yang mana dengan Indomobil kami telah memiliki kerjasama distribusi yang kuat di Indonesia,” kata Inchcape’s APAC CEO, Ruslan Kinebas.

Baca juga  3 SUV Listrik Mercedes-Benz di 2023: EQA, EQB, dan EQC!

Itulah tadi bahasan soal Mercedes-Benz resmi gabung Indomobil dan Inchcape. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika