by

Suzuki Karimun Wagon R Terbaru, 1.200 cc dan 7-Seater?

Suzuki Karimun Wagon R Terbaru – Pabrikan berlogo S mengaku tengah mempersiapkan peluncuran mobil terbarunya di Indonesia. Kendaraan tersebut diklaim punya harga murah dan dimensi kompak.

“Secara persyaratan, produk baru ini memenuhi sebagai model LCGC,” kata Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel.

Bila mendengar kata murah, dimensi kompak, dan LCGC, maka pikiran kami langsung melayang ke Karimun Wagon R generasi terbaru. Dari sisi usia, penyegaran tentu sangat dibutuhkan olehnya. Maklum sejak lahir pada 2013, mobil ini tidak pernah mendapat revisi.

Padahal kalau melihat kompetitor sudah rombak sana-sini. Lihat saja Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang kini telah punya mesin 1.200 cc. Desainnya juga semakin modern, begitu pula dengan fitur.

Kalau tidak segera dipermak, maka mobil murah dari Suzuki bakal terus ketinggalan. Pertanyaannya, kapan peluncuran Karimun Wagon R terbaru bakal dilakukan? Kira-kira apa saja perubahannya?

Untuk menjawabnya, simak bocoran Suzuki Karimun Wagon R terbaru berikut ini:

Suzuki karimun Wagon R Terbaru Siap Pakai Mesin 1.200 cc

suzuki karimun wagon r terbaru
Desainnya dibuat lebih membulat dan dimensinya membesar

Bakal seperti apakah Suzuki karimun Wagon R Terbaru? Untuk menjawabnya kita bisa melihat kompetitor. Pasalnya hal ini penting, terlebih supaya mampu bersaing.

Jika melihat Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, hal paling mencolok adalah mesin. Di atas kertas, mobil kembar itu punya performa mantap lantaran dibekali jantung mekanis 1.200 cc.

Baca juga  Berpaling Dari Otomotif, Suzuki Akan Produksi Alat Kesehatan

Di atas kertas, mesin berkode 3NR-VE tersebut punya teknologi DOHC, dan Dual VVT-i. Mampu melontarkan torsi hingga 108 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 88 PS pada 6.000 rpm.

Kalau dibandingkan dengan Karimun Wagon R yang dijual sekarang, tentu beda jauh. Mesin K10B punya Suzuki hanya mampu mengeluarkan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm dan tenaga 68 PS pada 6.200 rpm.

Lalu bagaimana supaya bisa bersaing dengan Agya-Ayla? Satu-satunya cara, Suzuki siapkan mesin 1.200 cc. Tidak perlu bingung melakukan pengembangan, lantaran Ignis sudah memilikinya.

Mesin Ignis yang berkode K12M mampu mengeluarkan torsi hingga 113 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 83 PS pada 6.000 rpm. Performa itu lebih dari cukup untuk melawan Agya-Ayla.

Terlebih lagi Karimun Wagon R yang dijual di India juga sudah mengaplikasikan mesin tersebut. Jadi, tidak ada soal bukan?

Baca juga:

Dimensi Semakin Bongsor dengan Platform Baru

suzuki karimun wagon r terbaru
Interior Karimun Wagon R terbaru dibuat lebih modern dengan head unit layar sentuh

Selain mesin yang lebih bertenaga, Suzuki Karimun Wagon R terbaru juga kemungkinan mengalami revisi besar dari sisi desain dan rangka. Jika melihat di India, platformn barunya menggunakan heartect serupa Ertiga, Swift, dan Ignis.

Baca juga  Suzuki S-Presso, SUV Murah Cocok untuk Indonesia

Alhasil dimensinya juga jadi lebih besar. Bila melihat spesifikasi di laman Maruti Suzuki, panjangnya jadi 3.655 mm (+19 mm), lebar 1.620 mm (+35 mm), dan tinggi 1.675 mm (+5 mm).

Bila dibandingkan dengan Agya-Ayla, maka Karimun Wagon R terbaru bakal lebih lebar dan tinggi. Tentunya ini membuat kenyamanan penumpang di dalam juga semakin baik, karena ruangan kabin semakin lega.

Hal menarik lain dari mobil murah Suzuki, desainnya dibuat lebih modern. Kalau menilik di India, bentuk bodinya jadi lebih membulat. Hanya saja soal pencahayaan masih pakai bohlam.

Masuk ke interior, aura modern lebih terpancar dengan pengunaan head unit layar sentuh. Tidak lupa ada audio steering switch untuk melakukan pengaturan audio, tanpa perlu melepas tangan dari lingkar kemudi.

Hanya saja untuk sektor AC masih mengandalkan model putar. Padahal kalau melihat Agya-Ayla selaku kompetitor telah mengaplikasikan model digital.

Entah nanti versi Suzuki Karimun Wagon R terbaru untuk pasar Indonesia bakal ada perbedaan atau tidak. Satu yang kami harapkan, semua revisi tersebut tidak membuat harganya jadi menjulang tinggi.

Baca juga  7 Rekomendasi Mobil Pick Up Terbaik dan Murah untuk Usaha

“Terdapat satu ceruk pasar yang berhubungan dengan masyarakat, yang masih bisa kita penuhi. Kami akan isi ceruk tersebut dengan kendaraan yang sesuai dengan bujet konsumen, atau meluncurkan kendaraan yang terjangkau bagi konsumen pasca pandemi,” janji Harold.

Isu Suzuki Karimun Wagon R 7-Seater

Suzuki Karimun Wagon R 7-seater
Karimun Wagon R 7-Seater saat hadir di IIMS 2013 sebagai mobil konsep

Sebenarnya bukan hal aneh ketika Suzuki Karimun Wagon R 7-seater hadir di Indonesia. Kenapa? Pasalnya kompetitor sudah bermain di segmen tersebut. Lihat saja Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Belum lagi ditambah Renault Triber.

Bila mau bersaing di pasar mobil murah, sudah jadi kewajiban Suzuki untuk ikut serta membuat versi 7-seater. Dari berbagai bocoran, Karimun Wagon R 7-seater memang tengah dikembangkan.

Mobil tersebut sebenarnya pernah hadir di Indonesia sebagai sebuah konsep pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Kemudian, beberapa waktu lagi, muncul lagi versi uji jalannya, tapi di India.

Jadi bukan tidak mungkin Karimun Wagon R 7-Seater benar-benar terwujud. Kita tunggu saja kehadirannya sama-sama.

“Di Indonesia itu, apapun yang tiga baris itu yang jadi menu utama. Mau LCGC, MPV, atau SUV sekalipun, tiga baris itu kata kuncinya,” Kata 4W Marketing Director SIS, Donny Saputra. 

Comment

Leave a Reply

Terbaru