Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Mobil Perdana Menteri Anwar Ibrahim, Proton Perdana Limousine!

by Firdaus Ali
Mobil perdana menteri Anwar Ibrahim

Mengulas mobil Perdana Menteri Anwar Ibrahim tentu saja menarik. Sebab, mobil yang digunakan adalah merek lokal Malaysia yaitu Proton Perdana Limousine. Seperti diketahui, Anwar Ibrahim terpilih menjadi Perdana Menteri Malaysia ke-10.

Sebelumnya, Pemerintah Malaysia telah menawarkan Mercedes-Benz S600 untuk digunakan sebagai mobil operasional Anwar Ibrahim. Namun, dia menolaknya. Hal ini tentu menjadi perhatian semua kalangan, lantaran memilih kendaraan yang sudah ada yaitu Proton Perdana Limousine (VED 4008).

Anwar Ibrahim mengungkapkan alasannya memilih mobil Proton, karena tidak ingin boros dalam pengeluaran uang negara. Bahkan dia juga menolak menerima gaji sebagai Perdana Menteri.

“Saya tidak ingin pengeluaran publik baru dihabiskan untuk saya. Sebaliknya, saya akan menggunakan kendaraan apa pun yang tersedia untuk penggunaan resmi sehari-hari,” ungkap Anwar Ibrahim seperti dikutip dari laman Free Malaysia Today beberapa hari lalu.

Keputusan yang diambil oleh Anwar Ibrahim itu berlandaskan ingin memperbaiki kondisi ekonomi Malaysia pasca Covid-19.

Sekilas Proton Perdana Limousine

Mobil perdana menteri Anwar Ibrahim - proton perdana limousine

Mobil Perdana Menteri Anwar Ibrahim, Proton Perdana Limousine

Sebagai informasi, Proton Perdana Limousine juga pernah digunakan oleh Perdana Menteri Malaysia lainnya. Jadi, ini bukan pertama kalinya. Sebelumnya, ada Datuk Seri Najib Razak selaku Perdana Menteri Ke-6.

Baca juga  Proton X90 Hybrid, Mobil Malaysia Tapi Dari Cina!

Ketika itu, Najib Razak pakai versi facelift yang meluncur pertama kali pada 2016, basisnya adalah Honda Accord gen-8. Oleh karena itulah disebut sebagai Accordana Limo. Sebelumnya Najib Razak juga pakai Perdana pre-facelift, yang diberikan padanya pada 2013. Model lawas ini berpelat nomor W11N dengan mempertahankan ujung depan dan belakang yang sama dari Accord, hanya logo yang ditukar dengan harimau Proton.

Perdana Menteri lain yang pernah menggunakan Proton Perdana Limousine adalah Mahathir Mohamad (PM ke-4 dan ke-7). Dia pakai versi facelift, tapi dengan spesifikasi yang lebih mewah dibanding Najib Razak.

Semua model long wheelbase dari Proton seperti Limousine, Executive, dan Chancellor diproduksi oleh Automotive Conversion Engineering (ACE). Itu merupakan anak perusahaan Edaran Otomobil Nasional (EON) yang sekarang berada di bawah Proton Edar.

Proton Perdana merupakan mobil buatan lokal Malaysia yang pertama kali mengaspal pada tahun 1995. Generasi pertama mobil ini merupakan hasil kolaborasi Proton dan Mitsubishi dengan merekayasa dan mengembangkan generasi ketujuh Mitsubishi Eterna.

Baca juga  Proton X90 Hybrid, Mobil Malaysia Tapi Dari Cina!

Sementara itu, Proton Perdana Limousine yang digunakan sebagai mobil Perdana Menteri Anwar Ibrahim ini merupakan generasi kedua yang meluncur pada 2016 lalu dan merupakan hasil rekayasa dari Honda Accord generasi kedelapan. Berbicara dapur pacunya, mobil ini berpenggerak roda depan dengan dibekali mesin 2.4 L K24Z2 I4 yang diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 178 hp dan torsi 222 Nm.

Proton Perdana Limousine generasi kedua ini memiliki dimensi wheelbase 2.800 mm, panjang 4.988 mm, lebar 1.845 mm, dan tinggi 1.475 mm. Spesifikasinya juga sudah didesain khusus untuk keselamatan pemimpin negara.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil Perdana Menteri Anwar Ibrahim yaitu Proton Perdana Limousine. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika