Minggu, Februari 25, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Intip Mobil Sandiaga Uno, Calon Wapres 2024 yang Cinta Nissan?

by Tigor Sihombing
mobil Sandiaga Uno

Melirik mobil Sandiaga Uno yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju terbilang menarik. Jika diperhatikan, dia memiliki dua mobil lawas dari merek Jepang yaitu Nissan.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tanggal penyampaia 8 Maret 2022, dikatakan nilai total harta kekayaan Sandiaga Uno sebesar Rp 10,6 triliun atau tepatnya Rp 10.617.085.468.830. Di dalamnya, terdapat Rp 775 juta yang masuk dalam kategori Transportasi dan Mesin.

Adapun berdasarkan data LHKPN mobil yang beratas nama Sandiaga Uno hanya ada tiga unit, di antaranya : 

1. MOBIL, NISSAN GRAND LIVINA MINIBUS Tahun 2013, HASIL SENDIRI Rp. 95.000.000

2. MOBIL, NISSAN X-TRAIL MINIBUS Tahun 2015, HASIL SENDIRI Rp. 200.000.000

3. MOBIL, TOYOTA COROLLA CROSS 18 HYB Tahun 2021, HASIL SENDIRI Rp. 480.000.000

Dari ketiga mobil Sandiaga Uno tersebut, ada dua mobil Nissan. Hal ini wajar, lantaran Sandiaga Uno sendiri pernah menjadi salah satu pemilik dari PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk.

Perusahaan ini didirikan oleh William Soeryadjaya di tahun 1987 yang memfokuskan sektor otomotif. Perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan seperti Federal Karya Utama perusahaan oli Federal, MPM Motor, Artha Finance, MPM Rent, MPM distributor, sampai dengan MPM Insurance.

Di mana MPM distributor adalah salah satu perusahaan yang membawahi diler Nissan di Indonesia. Dari lapaoran tersebut, dikatakan nilai mobil Nissan Grand Livina milik Sandiaga Uno untuk besutan tahun 2013 seharga Rp 95 jutaan, sedangkan untuk Nissan X-Trail tahun 1015 ditaksir senilai Rp 200 jutaan.

Selan Nissan, mobil Sandiaga Uni lainnya adalah Toyota Corolla Cross hybrid. Ini adalah mobil hibrida pabrikan berlogo T yang bergaya SUV, dijual di Indonesia hasil impor Thailand.

Bermobil Dinas Toyota Crown 2.5 Hybrid dan Innova Reborn

mobil Sandiaga Uno

Sandiaga juga sering terlihat menggunakan Toyota Innova Reborn dalam setiap melakukan tugasnya. Innova dinilai Sandi sudah sering digunakannya sejak sebelum menjadi Menteri di Kabinet Jokowi.

Sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno saat ini menggunakan mobil dinas Toyota Innova Reborn dan Toyota Crown 2.5 Hybrid yang menggendong mesin berkode A25A-FXS.

Khusus untuk Crown Hybrid, mobil  tersebut menggunakan baterai tipe nickel-metal hydride yang diklaim memiliki efisiensi panas dan performa yang tinggi. Mobil ini juga memberikan konsumsi BBM irit.

Selain itu Sandiaga Uni juga sering terlihat menggunakan Toyota Innova Reborn dalam setiap melakukan tugasnya. Hal menarik lain, ternyata ada alasan Menteri Jokowi ini masih nyaman dengan MPV Toyota lawas tersebut.

“Dulu Toyota Kijang adalah mobil pertama yang saya beli dengan keringat dan jerih payah saya sendiri, Kijang Kapsul sebutannya pada masa itu. Waktu itu saya baru saja menikah dengan Mama @nurasiauno. Sedang merintis usaha sendiri dan mencoba bangkit setelah terkena PHK di krisis ’98,” bebernya lewat akun Instagram pribadi @sandiuno.

Saat ini Sandiaga Uno digadang-gadang sedang dijodohkan dengan Ganjar Pranowo yang beberapa waktu lalu dideklarasikan sebagai calon presiden dari PDIP. Sandiaga Uno sendiri sudah keluar dari Gerindra dan kini kabarnya siap merapat ke PPP.

Demikian ulasan mobil Sandiaga Uno. Jangan lupa untuk terus menyimak Moladin.com supaya bisa mendapatkan  update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika