Monday, October 3, 2022

5 Keuntungan Beli Mobil Bekas Tangan Pertama

by Tigor Sihombing
Beli Mobil Bekas Tangan Pertama

Beli mobil bekas tangan pertama adalah impian banyak orang. Pasalnya pandangan yang beredar, kondisinya pasti mulus dan minim kerusakan.

Oleh karena itulah dalam iklan, kata-kata jual mobil bekas tangan pertama selalu menarik. Tidak jarang, unit dengan iklan tersebut selalu jadi prioritas pembeli ketika sedang berburu mobil bekas.

Harga yang ditawarkan pun, umumnya lebih mahal. Apalagi didukung dengan kondisi mobil yang masih orisinal, baik di sisi cat, interior, hingga mesin.

Tapi apakah benar, beli mobil bekas tangan pertama unit kendaraannya selalu baik? Abdulah Safei pedagang mobil bekas di bilangan Depok, Jawa Barat mengatakan tidak selalu demikian. Alias hanya mitos belaka.

“Tetap ada saja kondisi mobil bekas tangan pertama yang unitnya buruk. Jika kita beli akan banyak PR yang harus diperbaiki. Misal, banyak keropos, kondisi mesin bocor, atau bekas tabrakan,” katanya.

Dia menambahkan, jika sudah begitu lebih baik cari mobil dari tangan kedua dan ketiga tapi unitnya sehat. Jadi memang yang prioritas sesungguhnya adalah kondisi mobil.

Walau demikian, Abdul juga tidak mengelak jika beli mobil bekas tangan pertama banyak untungnya. Nah kira-kira seperti apa sih untungnya beli mobil bekas tangan pertama? Yuk simak ulasan lengkapnya.

1. Gampang Dijual Lagi

Beli Mobil Bekas Tangan Pertama

Mobil dengan tangan pertama umumnya dimiliki oleh orang-orang yang tidak ingin terlalu lama menggunakan mobil. Dalam artian mobil akan dijual setelah berumur 3 atau lima tahun. 

Untuk Abdul yang merupakan seorang pedagang, beli mobil bekas tangan pertama keuntungannya adalah gampang dijual lagi. Dengan stigma positif yang berlaku di masyarakat, tentu mobil tangan pertama merupakan incaran banyak orang.

Baca juga  Buka-Bukaan Soal Penjualan Mobil Bekas di Indonesia

“Selain itu harga jual kembali mobil bekas tangan pertama pasti lebih tinggi dari mobil tangan kedua atau ketiga. Apalagi dalam kondisi orisinal dan kilometer rendah,” tambahnya.

Mobil dengan tangan pertama, umumnya dimiliki oleh orang-orang yang tidak ingin terlalu lama menggunakan mobil. Dalam artian mobil akan dijual setelah berumur tiga atau lima tahun. 

Karena semakin lama mobil digunakan, perawatannya akan semakin mahal. Hal ini sesuai dengan masa garansi yang telah habis dan servis gratisnya usai.

Oleh karena itulah, kalau kamu berniat beli mobil tangan pertama dan mau menjualnya lagi. Sebaiknya jangan balik nama dulu.

2. Bisa Tahu Riwayat Mobil dari Pemilik Langsung

Beli Mobil Bekas Tangan Pertama

Dengan beli mobil bekas tangan pertama kita bisa mengira-ngira, riwayat servicenya. Apalagi kalau ternyata pemilik tersebut cukup apik dalam perawatan.

Mungkin akan lebih baik mengetahui kondisi mobil bekas dari pemiliknya pertamanya langsung. Tapi hal ini akan sulit, bila kondisi mobil sudah pindah tangan beberapa kali.

Karena tidak bisa dipungkiri, jika kondisi mobil terkait erat dengan perlakuan dari pemilik sebelumnya. Baik menyangkut perawatan maupun cara pemilik menggunakan mobilnya sehari-hari.

Baca juga  5 Resiko Beli Mobil Bekas Rental dan Tipsnya!

Dengan beli mobil bekas tangan pertama, kita bisa mengira-ngira, riwayat servicenya. Apalagi kalau ternyata pemilik tersebut cukup apik merawatnya. Hampir bisa dipastikan kondisi mobil baik dan prima. Kalau ada masalah, bisa langsung dikonsultasikan dengan pemilik sebelumnya.

3. Umumnya Kondisi Masih Orisinal

Beli Mobil Bekas Tangan Pertama

Kijang Super dengan kondisi interior original akan memiliki nilai jual yang baik di banding sudah mengalami restorasi total. Apa lagi didukung dengan kondisi cat yang juga original.

Keuntungan beli mobil bekas tangan pertama lainnya adalah kondisi mobil masih orisinal. Apalagi yang kamu beli mobil-mobil tahun muda, misal 2010 ke atas.

Sebab kalau ada penggantian komponen dengan produk after market, biasanya pemilik lama masih menyimpan komponen orisinalnya. Jadi harusnya lebih aman buat kamu yang suka mobil orisinal.

“Contohnya pelek. Biasanya pemilik lama masih menyimpan pelek orisinal jika mobil yang dijual sudah ganti dengan pelek aftermarket. Keuntungannya kita jadi dapat 1 set lagi pelek tambahan. Untuk harga biasanya sesuai kesepakatan, bahkan banyak juga yang dikasih begitu saja,” tambah Abdul.

4. Surat – surat Lebih Terjamin

Beli Mobil Bekas Tangan Pertama

Selain itu untuk menyocokan surat-surat mobil dengan pemilik tangan pertama tentunya sangat mudah. Kamu tinggal mencocokan surat – surat BPKB halaman pertama dan STNK yang harus sesuai dengan nama KTP pemilik.

Kelebihan beli mobil bekas tangan pertama berikutnya adalah kondisi surat-surat lebih terjamin. Apalagi si penjual masih menyimpan faktur jual beli pertama saat mobil dalam kondisi baru.

Baca juga  Sejarah Toyota Starlet, Mobil Gaul Anak Muda 90-an

Karena faktur diperlukan untuk mempermudah kamu mengurus surat-surat kendaraan di kemudian hari. Untuk mobil retro, mobil tangan pertama yang lengkap dengan faktur akan menambah nilai jual.

Selain itu untuk mencocokkan surat-surat mobil dengan pemilik tangan pertama tentunya sangat mudah. Kamu tinggal mencocokan surat – surat BPKB halaman pertama dan STNK yang harus sesuai dengan nama KTP pemilik. Jika mau balik nama mau pun perpanjang STNK, juga tidak sulit, karena tahu pemilik lamanya.

5. Tahu Penyakitnya

Beli Mobil Bekas Tangan Pertama

Deteksi kerusakan kaki-kaki mobil bisa dirasakan dari bunyi yang ditimbulkan.

Keuntungan beli mobil bekas tangan pertama lainnya adalah kita jadi tahu penyakit mobil tersebut. Karena dengan pemiliknya langsung, kita bisa menanyakan kendala-kendala apa saja yang terjadi, komponen-komponen apa saja yang sering bermasalah untuk segera ditanggulangi nantinya. 

Apalagi yang akan kamu beli adalah mobil keluaran 2000-an ke bawah yang telah habis masa garansi. Mengetahui kerusakan-kerusakan mobil sejak dini sangat penting dilakukan.

Jika pemiliknya mau jujur, biasanya akan memberi tahu masalah yang kerap terjadi pada kendaraanya. Ini dilakukan, tanpa takut si calon pembeli tidak jadi membeli.

Selain itu, penjual yang baik umumnya akan menceritakan masalah mobil baik kecil maupun besar, agar pemilik selanjutnya lebih mudah untuk perawatan. Lebih baik lagi, kalau penjual punya solusinya agar tidak lagi jadi masalah. Misal dengan merekomendasikan bengkel spesialis langganan ke calon pembeli mobil baru.

Demikian ulasan terkait beli mobil bekas tangan pertama. Jika kamu ingin beli mobil bekas berkualitas kamu bisa cek halaman ini.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika