by

Panduan Modifikasi Kijang Kapsul yang Nyaman untuk Harian

Modifikasi Kijang kapsul sempat gencar dilakukan pada era tahun 2000an. Wajar saja, ketika itu Toyota Kijang menyandang gelar sebagai salah satu MPV terlaris di Indonesia, sebelum kemunculan Avanza.

Bicara Kijang kapsul tidak bisa terlepas dari kiprah perjalanan panjangnya di Indonesia. Mobil ini termasuk model Kijang generasi keempat, yang merupakan turunan langsung dari indukan Kijang Super.

Diperkenalkan pertama kali pada Januari 1997 dan langsung meninggalkan kesan kotak seperti pendahulunya. Sejak saat itu namanya populer disebut Kijang Kapsul, karena desainnya didominasi garis-garis yang membulat.

Toyota Kijang kapsul mula-mula menggunakan mesin lama 7K 1.800 cc dan lalu menyusul varian diesel 4 silinder berkapasitas 2.446 cc berkode 2L.

Di saat peluncurannya pertama kali, modifikasi Kijang kapsul cukup berkembang, namun belum begitu masif. Penyebabnya tidak lain, Indonesia dihantam krisis moneter di tahun 1998. Meski begitu, Kijang tetap eksis sebagai MPV yang sangat digandrungi.

Setelah tiga tahun malang melintang dan berhasil keluar dari krisis, Kijang kapsul akhirnya rilis versi facelift di tahun 2000. Pada eksterior sudah menggunakan lampu depan­, lampu belakang, dan gril baru. Hadir pula bumper polyurethane yang lebih panjang, spion elek­trik, serta kaca belakang berukuran lebih besar.

Sementara di interior ada perubahan pada desain dasbor, konsol tengah, serta warna interior. Nah di tahun ini juga tidak terlepas dari sejarah Kijang kapsul dimana pertama kali menerapkan sistem injeksi elektronik dan penggunaan mesin bensin empat-silinder berkapasitas 2.000 cc.

Baca juga  IMX 2021 Makassar Dihadiri 13 Ribu Pengunjung

Nah di era ini lah nama Kijang kapsul makin berkibar, pun dengan minat modifikasinya. Tidak jarang kendaraan tersebut menyabet best of the best dalam gelaran kontes modifikasi mobil.

Sekarang jika kamu baru saja meminang MPV lawas ini dan butuh refrensi untuk modifikasi Kijang Kapsul  agar tampil sedikit modern. Bisa diperoleh lewat tulisan ini. Salah satu kuncinya adalah penyegaran kaki-kaki, terutama buat kamu yang mencari kenyamanan.

Maka dari itu, berikut kami sampaikan refrensi apa saja ubahan modifikasi Kijang kapsul, agar selain keren juga nyaman di pakai harian. Berikut ulasannya.

Kaki-kaki Kijang Kapsul

modifikasi kijang kapsul
Ilustrasi modifikasi kijang kapsul

Untuk kamu yang penyuka aliran elegan, enggak ada salahnya mencoba penggunaan pelek ring 17 sebagai langkah awal modifikasi Kijang kapsul. Atau jika ingin tongkrongan mobil terlihat sedikit lebih celup, kamu bisa menggunakan pelek berukuran lebih besar yakni 18 inci dengan lebar lebar depan 9 inci dan belakang 10 inci. Selanjutnya kamu tinggal memasangkan ban mobil tipis ukuran 215/35 R18.

Bicara kaki-kaki, dulu di era tahun 2000an modifikasi Kijang kapsul tenar dengan aliran ALTO alias all terrain off-road. Jadi bahasa gampangnya modifikasi ini fokus pada peniggian kaki-kaki yang disesuaikan dengan penggunaan ban segala medan.

Tujuannya tentu saja agar si Kijang kapsul ini lebih tinggi jarak dari tanah ke sumbu bodynya sehingga asik dibawa pada kondisi lintasan yang sedikit berkontur off road.

Baca juga  Inspirasi Modifikasi Xpander Bergaya Elegan, Bisa Dicoba

Aliran ini juga masih relevan loh digunakan zaman sekarang. Terlebih untuk kamu yang tinggal di kawasan sering banjir.
Untuk momodifikasi ini kamu cukup menggunakan pelek standar ukuran 15 inci, biar lebih keren dilapis ban Goodyear Wrangler A/T 195/75. Atau agar makin liar, kamu juga bisa menggunakan pelek dengan tema rally.

“Dahulu biasanya untuk ubahan ini, suspensi harus mengalami penyesuaian. Karena mobil lebih tinggi, hal ini untuk mencegah limbung dengan cara mengganti sokbreker dengan yang lebih keras,” kata Putra, mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Pilihannya sokbreakernya pun beragam dan banyak tersedia di pasaran. “Pakai merek-merek bagus sekalian, agar bantingannya empuk, tapi mantap saat dibawa kencang,” tambah Putra.

Aksesoris Pelengkap

Modifikasi Kijang kapsul
Kasih aksesori seperti roof box bisa jadi meningkatkan kesan khas mobil tualang

Asiknya modifikasi harian, kita bisa melengkapi mobil dengan aksesoris-aksesoris yang gampang diburu. Misal untuk kamu yang ingin mengadopsi aliran elegan yang berkesan petualang, kamu bisa memasangkan roof box.

Di pasaran pilihan roof box berkulalitas ada merek Thule atau Car Whale Carrier yang berada di kisaran Rp 5 jutaan.

Nah jika kamu ingin tetap berkesan petualang silahkan pilih aksesoris berbau off road. Misalnya fog lamp dengan ukuran yang besar untuk memperkuat kesan jip atau mobil all-terrain. Ada juga yang menambahkan lampu trailblazer di bagian atap.

Baca juga  5 Velg Mobil Terbaik yang Cocok Untuk Modifikator

“Atau yang lagi tren saat ini towing bar yang menempel di bumper belakang,” tambah Putra.

Sentuhan Minimalis Interior Hasil Maksimal

Modifikasi Kijang kapsul
Interior pakai tampilan yang lebih sporty, bisa dengan ganti jok

Untuk pengguna harian, modifikasi kijang kapsul di sektor interior tidak perlu ekstrim. Bagi kamu yang merasa memiliki kuping premium, tidak ada salahnya upgrade audio sound system agar suara yang dihasilkan media intertainment system kamu menjadi lebih bening.

Selain itu tidak ada salahnya kamu menggunakan LCD 6-8 inci yang membuat pengoperasian sistem audio menjadi sedikit modern. Jangan lupa pasangkan kamera parkir depan belakang yang unit paketnya sudah tersedia murah di pasaran.

Di sektor jok, biarkan yang lain tampil standar, tapi tidak ada salahnya jika mencoba jok kemudi diganti produk racing dari Recaro. Yang pastinya akan membuat penampilan interior mobil kamu tidak bisa dipandang sebelah mata.

Terkadang penggunaan jok racing tidak melulu agar mobil tampil sporti, namun agar lebih nyaman digunakan dan mempu membuiat berkendara jadi lebih pede.

Demikial ulasan terkait modifikasi Kijang kapsul. Sejatinya Toyota Kijang kapsul adalah mobil keluarga yang sangat nyaman digunakan harian. 

Dan ide-ide  modifikasi seperti yang kami sebutkan di atas masih relate dengan kondisi sekarang. So tunggu apa lagi, jangan ragu untuk melakukan modifikasi Kijang kapsul kamu biar makin manis dan fungsional digunakan.

Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan konten-konter terbaru seputar otomotif.

Terbaru