Thursday, October 6, 2022

Nissan Terra 2023 Bermesin Diesel Kecil, Tantang Pajero dan Fortuner!

by Tigor Sihombing
Nissan Terra

Nissan Terra 2023 resmi diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022. Mobil SUV tersebut hadir dengan dengan banyak pembaruan. Apalagi soal harga, diklaim cukup terjangkau.

Sebelumnya Nissan Terra sempat berkiprah di Indonesia sejak 2018, lalu berhenti dijual pada 2021. Kini SUV itu hadir lagi untuk menantang eksistensi Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

“Nissan Terra sendiri sudah pernah pasarkan di Indonesia ya, sempat terhenti karena masalah produksi. Sekarang akhirnya kami bawa kembali ke Indonesia dengan generasi terbarunya yang sudah mendapatkan berbagai perubahan,” kata Sales and Marketing Director NMDI (Nissan Motor Distributor Indonesia), Tan Kim Piauw.

Kali ini Nissan Terra 2023 siap menggebrak pasar SUV Tanah Air. Di GIIAS 2022, hadir varian tertinggi atau VL dengan sistem penggerak 4×4 yang didatangkan langsung dari Thailand. Salah satu keunggulannya, pakai mesin diesel kecil berkubikasi 2.3 Liter. Walau mungil, tapi performanya boleh diadu.

Fitur-fitur yang diusung Nissan Terra terbaru juga tidak kalah istimewa. Ada 360 Degree Safety Shield yang terdiri dari intelligent emergency braking system, intelligent forward collision warning, lane departure warning, blind spot warning, intelligent around view monitor dengan moving object detection dan rear cross traffic alert.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Nissan March Bekas

Ada juga Intelligent Driver Alertnerss untuk membantu pengemudi saat perjalanan jauh. Tidak ketinggalan kehadiran rear view mirror display guna membantu saat kondisi parkir.

Interior Nissan Terra juga semakin istimewa karena menggunakan jok kulit dengan warna yang kontras dengan dinding kabinnya. Plus tentu saja konfigurasi jok tiga baris bangku untuk 7-orang.

Mesin Lebih Kecil Bikin Harga Nissan Terra 2023 Lebih Murah?

Nissan Terra 2023 hadir di GIIAS 2022 - tampak belakang

Sales Nissan membocorkan harga Terra 2023 sekitar Rp 600-700 jutaan

Salah satu keunggulan Nissan Terra 2023 adalah penggunaan mesin kecil 2.300 cc. Ini lebih mungil dibandingkan Terra model lama yang menggunakan kubikasi 2.500 cc. Jantung mekanis tersebut juga lebih kecil dari kompetitor seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner yang pakai 2.400 cc 

Walalu demikian, dari sisi performa ternyata cukup istimewa. Mesin diesel Terra terbaru bisa mengeluarkan torsi hingga 450 Nm dan tenaga 190 hp. Sementara untuk padanannya pakai transmisi 7-percepatan otomatis.

Kemudian Nissan Terra varian VL yang dipajang di GIIAS 2022 menggunakan penggerak 4×4 yang bisa diubah menjadi 4×2 lewat tombol di konsol tengah. Suspensinya menggunakan multi-link (5-link) di belakang untuk kenyamanan saat membawa beban berat.

Baca juga  Mercedes-Benz GLA dan GLB, SUV Mewah tapi Murah

Bicara soal harga, sales Nissan di GIIAS 2022 mengatakan bahwa Terra bakal dijual Rp 600-700 jutaan. Artinya banderol tersebut tidak beda jauh dibanding Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Hanya saja untuk harga resminya belum diumumkan, kemungkinan pada 2023.

Untuk kamu yang ingin memesan unit Nissan Terra 2023, bisa siapkan uang booking fee Rp 5 juta. Kemungkinan peluncurannya dilakukan pada awal 2023, lalu pengiriman unit sekitar Mei dan Juni 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terberu seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika