Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Pabrik Motor Listrik Sunra Resmi Dibangun di Kendal Jateng, Terbesar se-Indonesia, Ini Jajaran Motornya

by Tigor Sihombing
Pabrik Motor Listrik Sunra

Pabrik motor listrik Sunra resmi dibangun di Kendal Jawa Tengah dengan total nilai investasi diperkirakan mencapai 120 juta USD atau sekitar Rp 1,9 Triliun.

Seremoni peletakan batu pertama dilakukan 5 Mei 2024 lalu, dihadiri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, melalui Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Indonesia, Dr. Ir. Taufik Bawazier, M. Si.

Mereka memimpin upacara peletakan batu pertama untuk memulai pembangunan pabrik sepeda motor listrik PT Sunra Asia Pasific Hi-Tech (Sunra Indonesia), di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah.

Peletakan batu pertama pabrik motor listrik Sunra Indonesia juga dihadiri oleh Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah, Ir. Sakina Rosellasari M.Si.M.Sc dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Dr. A.P. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko M. Si.

Dr. Ir. Taufik Bawazier, M. Si. saat memberikan kata sambutan dalam peletakan batu pertama pabrik motor listrik Sunra
Dr. Ir. Taufik Bawazier, M. Si. saat memberikan kata sambutan dalam peletakan batu pertama pabrik motor listrik Sunra

Sunra Indonesia diketahui telah berinvestasi di pasar Indonesia sejak tahun 2023. Gebrakan pabrikan Cina tersebut menjadi salah satu investasi terbesar dalam industri kendaraan listrik roda dua.

Baca juga  Kabira Hermes 75, Skuter Listrik Khusus Kurir

Zhang Chongshun, Chairman Sunra Group, menegaskan bahwa pembangunan pabrik Sunra di Indonesia adalah langkah penting untuk menjamin kualitas produk dan meningkatkan layanan purna jual.

Sejalan dengan Perpres 79 tahun 2023 tersebut, Kemenperin telah menerbitkan 2 (dua) Peraturan Menteri Perindustrian yakni Permenperin Nomor 28 Tahun 2023 tentang perubahan atas Permenperin Nomor 6 Tahun 2022 tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan dan Ketentuan Perhitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) KBLB.

Dan Permenperin Nomor 29 Tahun 2023 Tentang Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Dalam Keadaan Terurai Lengkap dan Keadaan Terurai Tidak Lengkap. Penerbitan aturan-aturan tersebut diharapkan dapat lebih menarik investasi sekaligus percepatan market creation KBLBB di Indonesia.

Taufik Bawazier menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 11,89% pada tahun 2030, “Dengan fokus pada program percepatan elektrifikasi kendaraan bermotor. Dalam upaya ini, pemerintah telah mengeluarkan berbagai regulasi, termasuk Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2023, yang berdampak positif pada investasi dan percepatan adopsi kendaraan listrik di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi 7 Mei 2024.

Baca juga  Intip 3 Desain Motor Listrik MBI Yang Akan Masuk Indonesia

Sunra Indonesia Siap Menyerap 1.500 Tenaga Kerja

image645
Pabrik motor listrik Sunra akan menyerap 1.500 tenaga kerja lokal.

Pembangunan pabrik Sunra ini juga merupakan dukungan terhadap inisiatif pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi karbon dan mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Pabrik Sunra Indonesia direncanakan akan selesai dalam dua tahap, dengan kapasitas produksi mencapai 1 juta kendaraan listrik roda dua setelah beroperasi penuh. Pabrik ini akan dilengkapi dengan fasilitas produksi utama, termasuk bengkel motor dan bengkel PACK baterai.

Pembangunan pabrik Sunra Indonesia tidak hanya akan meningkatkan investasi dalam negeri dan pasokan kendaraan ramah lingkungan, tetapi juga akan menciptakan lapangan kerja baru, terutama bagi masyarakat setempat.

Diperkirakan pabrik ini akan menyerap 1.500 tenaga kerja lokal, memberikan dampak positif bagi perekonomian dan pembangunan industri di Indonesia.

Jajaran Motor Listrik Sunra

Jajaran motor listrik Sunra di keluarga Miku
Jajaran motor listrik Sunra di keluarga Miku

Menilik laman resmi www.sunraev.com, pabrikan motor listrik Cina tersebut memiliki banyak produk dalam portofolio produknya. Terbagi dalam varian Miku (Miku 1, Miku Super, Miku Max), Utility (Swift, Robo-SC), High Speed (Legend, Future, Dream, Robo-S, Ronic, Anger-S).

Baca juga  Alva Experience Center, Diler Motor Listrik Yang Bisa Buat Nongkrong!

Tidak hanya itu, Sunra juga memiliki banyak jajaran lain di kategori Moped, Small Size, Bicycle, hingga E-car. Namun yang menarik saat kami mengunjungi laman utama Sunra EV, ternyata mereka memiliki satu produk baru yang desainnya begitu identik dengan motor listrik BMW CE 04 diberi label Sunra Dream.

Tampang Sunra Dream begitu mirip motor listrik BMW CE 04
Tampang Sunra Dream begitu mirip motor listrik BMW CE 04

Motor listrik Sunra Dream tampil begitu futuristik dengan desain modern urban didukung motor listrik 8000 Watt dengan klaim top speed 120 km/jam dan jarak tempuh mencapai 120 km.

Demikian ulasan terkait peresmian Pabrik Motor Listrik Sunra. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika