by

Peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R, Resmi 10 Juli 2020

Peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R – Tidak lama lagi, Ninja 250 cc empat silinder bakal menyapa Indonesia. Pastinya ini adalah kabar baik buat para pecinta otomotif Tanah Air. Terlebih kuda besi geng hijau tersebut telah gagal meluncur beberapa kali.

Awalnya rencana pelucuran ZX-25R bertepatan Kawasaki Bike Week (KBW) di Ancol pada 4 April 2020. Hanya saja lantaran pandemi Virus Korona, tempat wisata harus tutup dan KBW batal terlaksana.

Seperti tidak mau kehilangan momen, Kawasaki kemudian menjadikan markasnya di Abdul Muis jadi lokasi peluncuran. Tanggal tidak berubah, tetap 4 April 2020. Ternyata satu hari sebelum waktu yang ditentukan, terjadi pembatalan.

“Dikarenakan wabah Covid-19, kami mengumumkan pembatalan memajang display Ninja ZX-25R di Kawasaki Abdul Muis pada tanggal 4 April 2020. Ini adalah bentuk kepedulian kami untuk taat peraturan social & physical distancing yang diterapkan oleh pemerintah,” seperti dikutip dari laman Instagram resmi KMI.

Bukan cuma peluncuran saja yang batal, keran pemesanan motor ini juga tidak jadi dibuka. Oleh karenanya, banyak calon konsumen kecewa.

Dua bulan berlalu, akhirnya Kawasaki ada secercah harapan. Optimisme itu diungkapkan langsung oleh Head Sales and Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Michael C. Tanadhi.

“Penantian ini bukan tidak ada akhirnya, pasti ada akhirnya. Semoga dalam waktu dekat… “Kita semua sedang mereview dan bersiap diri untuk melaunching produk ini,” kata Michael dalam Live Instagram Story di akun @kawasaki_indonesia, beberapa waktu lalu (5/6).

Lalu kapan tepatnya peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R bakal dilakukan? Untuk jawabannya, pantau tulisan di bawah sampai habis:

Meluncur Secara Resmi 10 Juli 2020

peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R
Kuda besi empat silinder 250 cc ini sudah dijajal di sirkuit Jerez oleh pembalap WSBK, Jonathan Rea

Michael menambahkan, peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R semua tergantung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Saat ini PSBB memang mulai dilonggarkan. Hanya saja belum selesai sepenuhnya.

Berdasar Keputusan Gubernur Nomor 563 Tahun 2020 disebutkan bahwa PSBB transisi berlangsung dalam dua tahap. Pertama adalah 5-14 Juni 2018. Jika tidak ada peningkatan kasus Korona, maka PSBB transisi bakal berlanjut sampai 2 Juli 2020.

Baca juga  Daftar Harga Suzuki GSX-R150, Paling Murah di Kelasnya!

Kalau ada peningkatan kasus Korona, bukan tidak mungkin PSBB transisi ini bakal dicabut. Lalu berganti dengan PSBB seperti sebelumnya.

“Jadi harapannya, tanggal 8 Juni ini PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar ) untuk sektoral otomotif seperti showroom dan bengkel kan sudah boleh buka. Dari situ gak lama lagi, harusnya kita bisa launching,” kata Michael.

Dia menambahkan, markas besar Kawasaki Indonesia adalah di Jakarta. Maka segala sesuatu, termasuk peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R harus tetap mengikuti peraturan yang berlaku di DKI Jakarta.

“Kita akan selalu mengikuti peraturan pemerintah sehingga launchingnya lebih enak dan tenang. Semua inden dan deliverynya juga kita bisa laksanakan dengan protokol dari pemerintah yang sudah ditetapkan,” jelas Michael.

Akhirnya pada 26 Juni 2020, waktu peluncuran Kawasaki ZX-25R benar-benar diumumkan oleh geng hijau. Motor 250 cc empat silinder ini siap mengaspal di Indonesia pada 10 Juli 2020 via streaming online.  Kamu bisa melihat langsung prosesi peluncurannya lewat laman Youtube Kawasaki Indonesia. Terkait waktu tepatnya, pukul 15.00.

Informasi itu kami peroleh juga lewat video berjudul: 2 Kawasaki Ninja ZX-25R meets Sentul International Circuit yang disebarkan KMI di Youtube mereka. “Iya betul, live streaming. Kita lebih mementingkan aspek safety,” ujar Micahel saat dihubungi Moladin via pesan singkat pada Jumat (26/6).

Ketika peluncuran nanti, sayangnya pemesanan unit belum bisa dilakukan. Lagi-lagi konsumen perlu menunggu lebih lama. Hanya saja soal waktu pastinya keran pemesanan dibuka, belum ada konfirmasi resmi dari Kawasaki.

“Sementara iya (hanya informasi spesifikasi dan harga), pemesanannya setelah itu,” beber Production Department Marketing and Sales Division KMI, Sucipto Wiyono. 

Baca juga  Bocoran Honda CBR250RR 2020, Apa yang Diharapkan?

Baca juga:

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R, Ada Dua Varian

kawasaki zx-25r special edition
Kawasaki Jepang sudah menampilkan motor ini dalam versi racing (warna hitam)

Sambil menunggu peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R, tidak ada salahnya kamu mengecek dulu spesifikasi lengkap motor ini. Dari bocoran yang sudah kami himpun, geng hijau bakal menjualnya dalam dua varian: Standard dan Special Edition.

Apa yang membedakan kedua varian ZX-25R tersebut? Dalam akun Youtube resminya, Kawasaki menuliskan bahwa ZX-25R Special Edition bakal mendapat fitur quick shifter.

Fungsi quick shifter adalah memudahkan pengendara saat ingin memindahkan gigi transmisi. Dengan fitur tersebut, tidak diperlukan lagi menekan kopling. Alhasil perpindahan gigi dapat dilakukan lebih cepat.

Kemudian varian Special Edition motor Kawasaki biasanya mendapat balutan warna special. Entah untuk Kawasaki ZX-25R apakah bakal diterapkan juga atau tidak.

Lalu baik Kawasaki ZX-25R Special Edition dan Standard, bakal mendapat berbagai keistimewaan. Sebut saja assist & slipper clutch, sistem pencahayaan LED, traction control, dan mode berkendara.

Kawasaki juga memberi kaki-kaki ala motor gede. Suspensinya sangat mirip kepunyaan ZX-6R selaku sang kakak. Di depan menggunakan SFF-BP (Separate Function Fork Big Piston) berdiameter 37mm. Sementara di belakang menggunakan tipe horizontal back-link.

Tidak ketinggalan mesin empat silinder 250 cc yang bisa memuntahkan tenaga hingga lebih dari 45 Hp. Gila! Jika benar demikian, maka ZX-25R merupakan motor 250 cc modern paling bertenaga di dunia.

Soal harga ZX-25R, patokannya masih di angka Rp100 juta. Buat kamu yang tertarik membeli, siapkan isi kantong ya. Jangan sampai jebol!

Kawasaki ZX-25R Custom Edition

aksesori modifikasi kawasaki ninja zx-25r
kawasaki zx-25r racer edition asal Jepang

Selama masa tunggu peluncuran Kawasaki ZX-25R, geng hijau juga membuat banyak video untuk konsumen terkait motor tersebut. Di antaranya adalah video modifikasi Ninja empat silinder 250 cc. Kawasaki menyebutnya sebagai custom Edition.

Baca juga  Motorsport Aprilia 250-300cc Rp 38 Juta, Bagaimana Nasib CBR250RR?

Ciri khas Ninja ZX-25R Custom Edition adalah penggunaan warna bodi hitam. Kemudian hadir pula berbagai aksesori aftermarket. Sebut saja tuas rem, kopling, dan transmisi dari Sniper. Ada pula bodi material carbon dari A-Tech.

Kemudian knalpot juga diubah pakai punya Yoshimura. Dengan komponen gas buang istimewa tersebut, suara ZX-25R jadi sungguh istimewa.

Dengan berbagai kehadiran aksesori aftermarket, tampilan motor berubah semakin beringas. Hanya saja sampai saat ini, belum jelas Ninja ZX-25R Custom Edition bakal dijual bebas atau tidak.

Tidak hanya di Indonesia, Kawasaki Jepang pun membuat motor serupa dengan tampilan yang tidak kalah istimewa. Mereka menunjukkannya di laman media sosial resmi pada Maret 2020. Bedanya, mereka sudah mengumumkan bahwa motor bernama Ninja ZX-25R Racer Custom tersebut tidak dijual.

“Kawasaki Motors Japan telah membuat motor custom dari Ninja ZX-25R. Modifikasi ini menunjukkan potensi ZX-25R dalam melibas lintasan dan memungkinkan untuk naik ke level yang lebih tinggi,” seperti dikutip dari laman Facebook resmi Kawasaki.

Perbedaan kawasaki Ninja ZX-25R Racer Custom Jepang dengan Custom Edition Indonesia, ada di komponen yang dipakai. Untuk bodi memang sama-sama pakai A-Tech. Begitu pula untuk tuas kopling dan rem yang serupa menggunakan Sniper.

Meski demikian, dalam hal knalpot sungguh beda antara Jepang dan Indonesia. Kawasaki Negeri Sakura lebih suka pakai knalpot merek Beet.

Nama Beet memang tidak asing di Jepang. Komponen aftermarket tersebut sering digunakan oleh produk-produk balap kawasaki. Khusus Ninja ZX-25R Racer Custom, knalpot yang digunakan adalah prototype bernama Beet Nassert-R Evolution Type II.

Dari tampilannya, knalpot punya desain mentereng. Warnanya biru dan punya ujung memanjang sampai ke samping ban belakang motor.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru