by

Penjualan Mobil Suzuki Meningkat, Ini Alasannya!

Penjualan mobil Suzuki di bulan Oktober lalu mengalami pertumbuhan sebesar 12,4 persen, dengan torehan penjualan sebanyak 5.715 unit untuk penjualan retail dan 5.143 unit untuk penjualan wholesales yang naik 10,5 persen di pasar domestik.

Catatan positif dalam penjualan mobil Suzuki tersebut tak lepas dari tingginya minat konsumen terhadap line-up produk pabrikan berlogo ‘S’ itu di Indonesia. Meski saat ini kondisi pasar otomotif belum stabil, terdampak virus korona (Covid-19).

“Meski pasar otomotif sedang lesu, namun capaian penjualan Suzuki perlahan-lahan semakin stabil. Di bulan September dan Oktober, kami berhasil mencatat angka penjualan mendekati 6.000 unit,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales dalam keterangan resminya kepada Moladin.

Menurut Donny, “Tentunya hal ini juga berkat kepercayaan masyarakat yang memilih produk Suzuki sebagai kendaraan andalan. Kami berharap industri otomotif Indonesia semakin pulih dan stabil kembali menjelang akhir tahun”.

Peningkatan penjualan mobil Suzuki tersebut sejalan dengan pertumbuhan angka penjualan mobil secara Nasional. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan retail mobil mengalami pertumbuhan sebesar 6,4 persen.

Baca juga  Sejarah Suzuki Karimun, Dari 'Kotak' Hingga Wagon R Special Edition

Produk yang Berkontribusi Terhadap Penjualan Mobil Suzuki

Penjualan mobil Suzuki Oktober 2020
Penjualan mobil Suzuki Oktober 2020

Peningkatan penjualan mobil Suzuki tak lepas dari kontribusi sejumlah produk yang mereka tawarkan untuk pasar Indonesia. Berdasarkan data PT Suzuki Indomobil Sales, penjualan Suzuki masih didominasi oleh kendaraan komersial mereka, Suzuki Carry Pikap.

New Carry Pick Up berhasil terjual sebanyak 3.363 unit atau sekitar 64% dari penjualan retail Suzuki di bulan Oktober. Pada posisi kedua, penjualan mobil Suzuki ditopang oleh SUV terbaru mereka, XL7 yang berkontribusi sebesar 11 persen dari total penjualan.

MPV 7-penumpang Suzuki, yakni All New Ertiga berhasil mendorong penjualan Suzuki sebesar 8 persen. Menariknya, penjualan mobil yang semakin membaik didorong oleh 95 persen produk yang telah diproduksi secara lokal.

Selain itu, jajaran produk Suzuki yang diproduksi di dalam Negeri memiliki kandungan lokal tinggi, mencapai 85 persen. Baik untuk produk yang diperuntuk bagi pasar lokal, maupun ekspor.

Tercatat produk-produk Suzuki yang diproduksi di Indonesia membukukan angka ekspor sebesar 4.190 unit di bulan Oktober 2020 lalu. Torehan itu tentunya cukup baik, mengingat industri otomotif global sendiri cukup terdampak Covid-19.

Baca juga  5 Protokol Kesehatan Saat Berlibur yang Perlu Diperhatikan

Tak hanya itu, mengacu pada data penjualan ekspor itu. Memastikan bahwa jajaran produk Suzuki yang diproduksi di dalam negeri memiliki kualitas yang memenuhi standar internasional.

“Terima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk Suzuki. Tentunya dukungan dan kepercayaan dari masyarakat semakin memotivasi kami untuk terus berkontribusi dalam menstimulus pasar. Sehingga dalam berbagai hal, baik ekonomi, industri, dan sektor lainnya bisa kembali stabil dan pulih seperti sedia kala,” pungkas Donny.

Baca juga:

Terbaru