Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

PLN Siap Bangun 2.000 SPKLU Tiang Listrik Tahun Ini

by Tigor Sihombing
PLN Bangun 2.000 SPKLU Tiang Listrik

PLN siap bangun 2.000 SPKLU tiang listrik tahun 2024 ini. Hal ini diungkapkan langsung Edi Srimulyanti, Direktur Retail & Niaga PT PLN Persero dalam acara konferensi pers, di salah satu hotel di bilangan Kemayoran Jakarta 22 April 2024.

“Dengan mengubah tiang listrik menjadi SPKLU, ekspansi infrastruktur untuk mendukung kendaraan listrik menjadi sangat mudah, terutama di beberapa titik di kawasan perkotaan,” ujar Srimulyanti.

SPKLU PLN Eye

Sekilas tentang tiang listrik yang diubah menjadi SPKLU. Saat ini PLN sendiri telah mengembangkan stasiun pengisian kendaraan listrik (SPKLU) yang diberi label PLN Eye, yang bertipe pole mounted charger. SPKLU tiang listrik ini memiliki dua tipe kapasitas, yaitu 7 kilowatt (kW) dan 22 kW.

Tidak hanya SPKLU tiang listrik, PLN juga akan membangun 15.000 stasiun pengisian, yang akan tersebar di supermarket, mal, dan area perkantoran.

Dalam implementasinya, SPKLU PLN EYE (Electric Vehicle Charging) yang dihasilkan dari transformasi tiang listrik tersebar di beberapa lokasi strategis.

Hadir dengan dua kapasitas SPKLU PLN EYE, yaitu 7 kilo Watt (kW) dan 22 kW, yang dirancang untuk mengisi daya mobil listrik. Lokasinya mencakup dua di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat dan satu di Sekolah Dasar Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.

Baca juga  7 Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 N, Harganya Semahal Apa?

PLN EYE merupakan pole mounted charger, yang dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi PLN Mobile. Transformasi digital mempermudah pengguna kendaraan listrik untuk menemukan SPKLU terdekat melalui SuperApp PLN Mobile.

Dengan membuka aplikasi dan menu electric vehicle, pengguna dapat dengan cepat menemukan dan mengakses SPKLU PLN terdekat.

PEVS 2024 Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik

Sejalan dengan itu, Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) bersama Dyandra Promosindo memastikan akan menyelenggarakan PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 pada 30 April – 5 Mei 2024, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pameran ini merupakan bentuk komitmen PERIKLINDO dengan Dyandra Promosindo untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan transisi kendaraan listrik di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, PEVS 2024 mengumumkan kolaborasi apiknya dengan Asia Bike Jakarta untuk terus menggenjot kesadaran masyarakat Indonesia terhadap ekosistem kendaraan listrik. Kabar ini, memberikan angin segar bagi pelaku industri otomotif berbasis listrik untuk terus menjajakan produk kendaraan listrik andalan ke pasar Indonesia.

Di sisi lain, pameran ini akan memanjakan masyarakat Indonesia dengan banyaknya berbagai pilihan brand kendaraan listrik yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Baca juga  Mobil Listrik Xiaomi SU7 Akselerasinya Lebih Kencang Dibanding Porsche Taycan

Terkait peserta Project Manager PEVS 2024, Rudi MF, menjelaskan bahwa pameran tersebut melibatkan berbagai merek kendaraan, termasuk BYD, Chery, Seres, Wuling, BMW, dan Prestige Image Motorcars. Di sisi roda dua, ada peserta seperti Kymco, iONEX, Rakata, Selis, VMOVE, Astra Honda Motor (AHM), dan ZPT.

Anggota Periklindo juga turut berpartisipasi dengan merek seperti ABC Lithium, Birubatt, Fast, Keeway EV, MAB, Motoriz, Neta, Seres, dan Wuling. Selain itu, produsen pendukung kendaraan listrik seperti Astra Otoparts, PT Dubbs Energi Teknologi, Exicom, EVI, Gotion High-Tech, Hardy Motor, Hex Up, Naxeon, Powerindo, Power Electronics, SSKTama, Starvo, TL Power, dan Wallbox juga ikut serta.

Untuk harga tiket, tidak ada kenaikan dari tahun sebelumnya, kecuali pada hari pertama (premium day) yang dijual seharga Rp 100.000, sementara tiket untuk hari-hari berikutnya tetap Rp 50.000.

Pameran PEVS 2024 juga menawarkan berbagai hiburan menarik seperti EV Motorcycle Fun Race, Drone Competition, EV Taxi Ride, Miss PEVS 2024, Formula Student Show Off, Parade & Catwalk, Electric Board & Scooter Ride, EV Riding, EV Morning Run, Push Bike Race, Test Drive, dan Test Ride.

Baca juga  3 Kekurangan Neta V 2023 Dibanding Kompetitor, Masih Mau Beli?

Demikian ulasan terkait PLN Bangun 2.000 SPKLU Tiang Listrik Tahun Ini. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika