Thursday, October 6, 2022

Toyota bZ4X Meluncur di GIIAS 2022, Lebih Murah dari Ioniq 5?

by Baghendra Lodra
toyota bz4x meluncur di giias 2022

Akhirnya Toyota bZ4X meluncur di Indonesia. Masyarakat Tanah Air, kini sudah bisa melihat langsung wujud dari mobil listrik pertama Toyota tersebut.

“Sebagai bagian dari strategi Multi-Pathway kami dalam menghadirkan teknologi elektrifikasi yang lebih lengkap lagi di Indonesia, kami berencana untuk memperkenalkan model Battery EV dengan brand Toyota, termasuk kehadiran bZ4X di Indonesia sebagai langkah awal kami untuk mengembangkan pilihan Battery EV menjadi lebih banyak ke depannya, kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Dengan Toyota bZ4X meluncur di GIIAS 2022, apakah konsumen sudah bisa beli? Ternyata belum. Seperti yang dikatakan oleh Henry, mobil listrik ini hadir di Indonesia sebagai bukti bahwa Toyota punya line-up lengkap untuk kendaraan elektrifikasi.

Lalu untuk penjualannya di Tanah Air, masih digodok lebih dalam. Janji Toyota, mereka bakal lebih dulu meluncurkan kendaraan elektrifikasi berteknologi hybrid yang diproduksi secara lokal. Prediksi kami, mobil tersebut adalah Innova Hybrid.

“Sebagai perusahaan mobilitas yang berkomitmen untuk Produce Happiness for All, kedepannya kami akan terus menambah pilihan kendaraan elektrifikasi, serta berupaya untuk terus mempopulerkan dan mengedukasi masyarakat melalui berbagai program yang terkait dengan lineup elektrifikasi kami,” tambah Henry.

Baca juga  Toyota Vios TNGA Lakukan Uji Jalan, Rilis Tahun Ini

Bocoran Harga dan Spesifikasi Toyota bZ4X

toyota bz4x meluncur di giias 2022 - tampak depan

Tampil di GIIAS 2022, Toyota bZ4X sayangnya belum bisa dibeli oleh konsumen Indonesia

Memang Toyota bZ4X meluncur di GIIAS 2022, namun belum bisa dibeli oleh masyarakat Indonesia. Tentu ini agak membuat kecewa. Walau demikian, bukan berarti kita tidak bisa mendapat bocoran harga dan spesifikasinya jika nantinya benar-benar dijual di Indonesia.

Kalau soal harga Toyota bZ4X, kita bisa merujuk ke Amerika Serikat yang menjualnya mulai $42.000 atau setara Rp 616 jutaan. Pembandingnya adalah kompetitor seperti Hyundai Ioniq 5, banderolnya mulai $39.950 atau sekitar Rp 586 jutaan.

Alhasil merujuk harga di Amerika Serikat, maka Toyota bZ4X harusnya akan lebih mahal dari Hyundai Ioniq 5 saat masuk Indonesia nanti. Terlebih lagi kalau mobil listrik pabrikan berlogo T itu belum produksi lokal, kemungkinan banderolnya bisa lebih tinggi lagi. Sebagai informasi, Ioniq 5 di Tanah Air kini dijual mulai Rp 748 juta (OTR Jakarta).

Bicara spesifikasi Toyota bZ4X merupakan mobil listrik bergaya SUV. Kapasitas baterainya 71,4 kWh, sehingga bisa membuatnya melaju hingga 405 Km. Cukup jauh untuk sebuah kendaraan elektrifikasi berbasis full baterai.

Baca juga  Bocoran Toyota Yaris Facelift 2020, Apa Bedanya?

Hadir fitur Toyota Safety Sense 3.0 di bZ4X. Tidak ketinggalan penggunaan head unit layar sentuh besar berukuran 12,3 inci, hingga Qi Wireless Charging.

Itulah tadi pembahasan soal Toyota bZ4X meluncur di GIIAS 2022. Sayangnya sampai sekarang unitnya belum dijual di Indonesia, cuma dipajang di pameran. Buat yang mau lihat mobil listrik Toyota tersebut, GIIAS berlangsung di ICE BSD Tangerang sejak hingga 31 Agustus 2022. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika