by

Sebelum Beli, Ketahui Keunggulan dan Kekurangan Honda Genio CBS ISS

Honda Genio CBS ISS – Honda Genio, merupakan motor matic andalan PT Astra Honda Motor (AHM) yang menyasar kaum millennial. Maklum, Honda terus lakukan inovasi demi tetap dicintai konsumen. Tercatat, Honda menguasai 76,67% pasar domestik pada periode Februari 2019 (Data AISI). 

Di antara belasan model dan jenis matik yang beredar di pasaran, kehadiran Honda Genio pasti membuat Anda makin bingung pilih yang mana. Tenang, berikut kami akan berikan ulasan keunggulan dan kekurangan Honda Genio CBS ISS. Gas terus!

 

Honda Genio CBS ISS Punya Fitur Modern

plus-minus-honda-genio-cbs-iss-minimalis-tapi-modern
Honda Genio sudah ada power charger dan panel instrumen full digital

Menyasar entry level, ada beberapa fitur Honda Genio yang sangat berguna, misalnya panel instrumen yang sudah digital, meskipun bentuknya minimalis. Meski begitu informasi yang dihadirkan cukup komplit, mulai dari speedmeter, indikator BBM dan eco indicator untuk memandu berkendara agar bahan bakarnya lebih efisien.

Lampu depannya sudah menggunakan LED dan berdesain datar, dengan model yang terlihat futuristik. Dari segi keamanan, rumah kunci Honda Genio CBS ISS sudah tertutup dan ada tombol bagasi. Jika Anda berbelanja, sudah ada gantungan di depan. Mau mudik? Kapasitas bagasi Honda Genio cukup lega dengan ukuran 14L.

Tidak ketinggalan, disematkan fitur yang bikin konsumsi bahan bakar jadi semakin irit yang dinamakan ISS (Idling Stop System). Cara kerja dari fitur ini membuat mesin akan mati secara otomatis saat motor berhenti 3 detik, cukup dengan membuka gas maka motor kembali akan menyala.

Baca juga  Komparasi Motor Matik Murah; Suzuki Nex II Cross vs Honda BeAT eSP

Beralih ke bagiasn sasisnya, menggunakan teknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Manfaatnya, meskipun bobot Genio termasuk ringan (90 kg – versi CBS-ISS), tapi tingkat fleksibilitas tunggangan cukup baik. Motor pun lincah ketika diajak bermanuver dan tetap kokoh.

Sasis anyar itu membopong mesin Genio berstandar Euro 3 dan berteknologi eSP (enhanced Smart Power), yang melibas jalanan dengan kecepatan maksimal 94 km/jam. Selain itu, eco indicator bisa menghemat konsumsi bahan bakar hingga 59.1 KPL.

 

Honda Genio Terjangkau

plus-minus-honda-genio-cbs-iss-minimalis-tapi-modern
Harga Honda Genio terjangkau

Kelebihan Genio yang pertama adalah soal harganya. Lahir setelah Honda Scoopy, Genio dipatok dengan harga terjangkau.  Jika Anda mengambil tipe CBS, maka selisihnya Rp 2 jutaan. Tentunya selisih harga ini berdampak pada fitur yang disematkan.

Kita beralih pada sisi desain. Genio ini mengutamakan tampilan yang sederhana nan elegan. Motifnya pun bergaya modern minimalis namun tetap stylish. Seakan tahu kemauan bikers yang bermacam-macam, AHM membanjiri konsumen dengan pilihan warna sebanyak 11 varian. 

Daftar Harga Honda Genio

Produk Kelebihan Harga
Honda Genio – CBS Desain motor retro modern, harga terjangkau dan punya fitur canggih Cek Promonya di Sini
Honda Genio – ISS Irit konsumsi BBM, banyak pilihan warna, dan dilengkapi sistem pencahayaan LED Cek Promonya di Sini
Baca juga  Spesifikasi Yamaha MX King 155 VVA Terungkap, Pakai Keyless

 

Power Charger Honda Genio Kurang Praktis

plus-minus-honda-genio-cbs-iss-minimalis-tapi-modern
Power charger kurang praktis karena letaknya di bagasi

Kalau ada kelebihan, tentu saja ada kekurangan. Honda Genio CBS ISS memang sudah dilengkapi socket power charger, akan tetapi kurang praktis karena letaknya di dalam bagasi, sehingga saat digunakan akan merepotkan karena harus buka tutup jok. Sudah begitu, butuh konektor tambahan karena belum berjenis USB. 

Honda memasang kunci pengaman di bagian tuas rem sisi kiri. Sepintas, hal ini berguna kala harus berhenti di jalan menanjak. Namun, manfaat maksimal baru di dapat ketika kita mengoperasikannya dengan kedua tangan. Bagi yang belum terbiasa, ini terasa agak ribet. Kemudian Honda Genio CBS ISS lampu belakangnya masih pakai bohlam, belum LED.

 

Performa Honda Genio Kalah dari Honda Scoopy

plus-minus-honda-genio-cbs-iss-minimalis-tapi-modern
Sama-sama dibekali mesin 110cc, outputnya unggul Honda Scoopy

Honda Genio CBS ISS berbekal mesin eSP (enhanced Smart Power) terbaru, yang diklaim Honda bikin performa meningkat dan konsumsi bahan bakar jadi efisien. Dikutip dari laman resminya, Honda Genio memiliki rasio kompresi sebesar 10:1. Mesin itu diklaim sanggup hasilkan tenaga maksimal 8.8Hp/7.500rpm dengan torsi puncak 9.3Nm/5.500rpm.

Meskipun begitu, masih kalah dari Honda Scoopy yang secara genre sama-sama beraura retro dengan kubikasi mesin 110cc. Output Honda Scoopy sedikit berada di atas Honda Genio dengan tenaga maksimal yang dihasilkan 8.98Hp/7.500rpm dan torsi puncak 9.4Nm/6.000rpm.

Baca juga  Spesifikasi dan Kelebihan Honda PCX 150 Hybrid, Performanya Mantap!

Seharusnya, perbedaan tipis itu tidak terlalu berpengaruh saat berakselerasi. Nyatanya? Honda Genio CBS ISS serasa loyo saat putaran bawah. Usut punya usut, ini diakibatkan perbedaan ukuran bore x stroke. Honda Genio memiliki ukuran 47,0 mm x 63,1 mm, dengan jenis mesin overstroke. Mesin jenis itu berdiameter (bore) lebih kecil dari langkah piston (stroke). 

Nah, itu tadi keunggulan dan kekurangan Honda Genio CBS ISS. Jangan lupa, pertimbangkan baik-baik semua aspek yang sudah disebutkan di atas sebelum Anda membelinya.

Tertarik meminangnya sebagai tunggangan Anda? Caranya mudah dan tidak perlu ribet. Kini melakukan pembelian dengan cara online ataupun kredit jadi lebih mudah. Caranya cukup dengan melakukan klik link ini! Dapatkan penawaran cicilan ringan dengan promo DP rendah dan harga terbaik untuk Honda Genio CBS ISS.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru