Skuter Matik Genio VS Scoopy, Pilih yang Mana?

Moladin – Baru-baru ini, Honda resmi menghadirkan produk motor teranyar bernama Genio yang siap bersaing dalam pasar skuter matik Indonesia. Bila diperhatikan sekilas, desain Honda Genio tak jauh berbeda dengan tampilan Scoopy.

Saking miripnya, sebagian dari Anda pasti bingung sebaiknya varian mana yang dipilih. Untuk mengetahui jawabannya, coba simak komparasi Genio VS Scoopy berikut ini.

 

Desain Honda Genio Vs Honda Scoopy

Headlamp ScoopyDesain Headlamp Scoopy dibuat menyatu dengan sein, kental nuansa retro

AHM menjelaskan bahwa desain Genio dibuat sedemikian rupa untuk menyasar segmen anak muda. Menampilkan ukuran lebih simpel, segar, dan kasual, dengan bodi lebih ramping dari Scoopy, Genio terlihat ideal untuk dikendarai di kota besar yang kondisi lalu lintasnya cukup padat.

Secara keseluruhan, bisa dibilang bahwa tampilan Scoopy terlihat lebih retro dan feminin dibanding Genio. Karakter retro pada Scoopy pun semakin diperkuat dengan penggunaan lampu, spion bundar, dan panel meter. Sementara itu, desain Genio terkesan lebih maskulin dari Scoopy karena beberapa bagian seperti headlamp memiliki sudut seperti persegi.

Baik Scoopy dan Genio, ke duanya sama-sama menggunakan lampu depan LED. Berbicara soal lampu sign, ke duanya punya desain berbeda. Lampu sign depan dan belakang pada Genio terlihat terpisah dari lampu utama, sedangkan lampu sign depan dan belakang pada Scoopy cenderung lebih menyatu dengan lampu utama.

Beralih ke bagian lainnya, Genio telah sepenuhnya menggunakan panel meter digital,  hanya saja ukurannya lebih kecil dari Scoopy. Panel meter Scoopy terbilang lebih besar dengan kombinasi MID digital dan speedometer analog. Oh iya, satu lagi yang perlu Anda tahu, ke duanya telah dilengkapi dengan indikator ECO sebagai acuan untuk berkendara secara efisien dan hemat bahan bakar.

Untuk pilihan warna, Genio hadir dalam 11 varian warna yang bisa Anda pilih, di antaranya adalah trendy white, trendy black, trendy white blue, dan smart silver. Sedangkan Scoopy keluaran 2019 hadir dengan 7 warna baru seperti sporty white, sporty red, stylish matte red, dan stylish matte brown.

 

Honda Scoopy All New

*Angsuran mulai dari

 

Fitur dan Teknologi

Di bagian fitur, Scoopy terlihat lebih unggul dari Genio. Fitur kunci, misalnya. Genio hanya menggunakan kunci standar yang dilengkapi penutup pada lubang. Beda halnya dengan Scoopy. Motor bernuansa retro ini dibekali dengan fitur Anti-Thief Alarm untuk mencegah terjadinya pencurian.

Selain itu, Scoopy juga dibekali dengan fitur Answer Back yang berfungsi untuk memberi tanda bunyi disertai kedipan sein hazard. Jadi, Anda tak akan kesusahan menemukan keberadaan motor di tempat parkir yang begitu padat.

Menengok bagian bagasi, kapasitas bagasi Scoopy terbilang lebih besar dibanding Genio. Ukuran bagasi Scoopy yaitu 15,4 L, sedangkan kapasitas bagasi Genio yaitu 14 L. Meski memiliki 3 perbedaan fitur, di sisi lain Scoopy dan Genio sama-sama dilengkapi dengan parking brake-lock yang membantu sistem pengereman pada motor, idling stop yang bekerja mematikan mesin secara otomatis ketika motor berhenti sejenak, ECO indikator, panel instrumen digital, dan power charge.

Pada bagian power charge, peletakan power charge milik Genio agak berbeda dengan Scoopy yaitu berada di dalam bagasi. Kendati demikian, pihak Honda mengaku telah menjalani serangkaian tes dan uji coba untuk memastikan bahwa peletakan power charge yang dekat dengan tangki bahan bakar terbilang aman dan tak akan membawa dampak buruk bagi konsumen.

 

Performa Berkendara

mesin skuter matik GenioPerforma mesin skuter matik Genio masih kalah dengan sang kakak Scoopy

Bila mengacu pada spesifikasi mesin, performa mesin Scoopy sedikit lebih unggul dari Genio. Scoopy memiliki torsi mencapai 9,4 Nm pada 6.000 rpm serta tenaga maksimalnya adalah 9,1 PS pada 7.500 rpm. Sementara itu, Genio hanya punya torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm serta tenaga maksimal adalah 9 PS pada 7.500 rpm.

Meski begitu, Anda tidak bisa mengesampingkan bobot motor dari ke duanya. Seperti yang diketahui, berat Genio 9-10 kg lebih ringan daripada Scoopy. Berkaca dari hal tersebut, seharusnya Genio mampu berakselerasi lebih baik dari Scoopy.

Honda juga mengklaim bahwa penggunaan bahan bakar Genio lebih irit. Motor skuter matik ini mampu menghemat bahan bakar sebanyak 0,1 kpl dari Scoopy. Belum lagi, ukuran tangki bahan bakarnya yang 0,2 liter lebih besar dari Scoopy membuat Genio mampu melaju lebih jauh dalam satu kali pengisian penuh tangki bensin.

 

Harga Genio Lebih Murah daripada Scoopy

Honda GenioSoal harganya Honda Genio lebih murah ketimbang Honda Scoopy

Benar, harga Genio terbilang lebih murah daripada Scoopy. Honda Genio varian CBS dijual mulai dari Rp 17,2 juta (OTR Jakarta) dan Rp17,7 juta (OTR Jakarta) untuk Genio varian CBS-ISS. Untuk Honda Scoopy, harga jualnya 1 juta lebih mahal dari Genio yaitu sekitar Rp18,94 juta (OTR Jakarta).

Demikian ulasan mengenai perbandingan antara Genio dengan Scoopy. Kini, Anda tinggal menentukan, skuter matik mana yang sesuai kebutuhan. Kalau Anda mencari motor dengan harga murah dan performa berkendara lebih oke, Genio adalah pilihan yang tepat. Sedangkan bagi Anda yang mencari motor yang dilengkapi fitur keamanan dari maling, maka jawabannya adalah Scoopy.  

 

Yamaha Mio S

*DP mulai dari

 

Tertarik untuk membeli salah satu di antaranya? Nah, Anda bisa langsung mengunjungi website Moladin dan dapatkan sejumlah penawaran eksklusif yang akan membuat pengeluaran lebih irit.

Baca juga;

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *