Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Review Honda CR-V Hybrid 2023, SUV Nyaman dan Irit BBM!

by Firdaus Ali
Review Honda CR-V Hybrid

Berikut akan kami ulas mengenai review Honda CR-V Hybrid 2023 saat acara Media Test Drive All New Honda CR-V Hybrid di pulau Bali. Menariknya, mobil dengan harga di atas Rp 800 juta ini bisa pakai BBM RON 90 alias Pertalite.

Honda CR-V Hybrid merupakan generasi ke-6 dengan menggendong mesin 2.0-liter direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC yang dipadu Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh. Di atas kertas, tenaganya mencapai 207 PS serta torsi puncak sebesar 335 Nm.

Kemudian, mobil SUV 5-seater ini juga sudah pakai teknologi e:HEV yang punya 3 mode berkendara yaitu EV Mode, Hybrid Mode, dan Engine Mode yang secara otomatis akan menyesuaikan dengan beban mesin.

Soal fitur, CR-V RS e:HEV ini sudah dilengkapi dengan Honda Sensing dan Honda Connect. Sehingga keamanan dan kenyamanan dari mobil SUV ini semakin terjamin.

Mau tahu hasil review Honda CR-V Hybrid 2023 lebih lengkap? berikut ulasan lengkapnya.

Konsumsi BBM CR-V Irit Berkat Teknologi e:HEV

Review Honda CR-V Hybrid

Sistem e:HEV punya 3 mode berkendara yang bikin CR-V Hybrid jadi irit BBM

Review Honda CR-V Hybrid 2023 pertama adalah dari konsumsi BBM. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa CR-V Hybrid sudah mengadopsi teknologi e:HEV.

Cara kerja dari sistem e:HEV ini menarik, kami merasakannya saat mencoba langsung saat melewati jalanan kota Denpasar yang macet dan jalan tol Mandara yang leggang.

Dalam kecepatan rendah dibawah 60 km/jam saat melewati kemacetan, motor elektrik milik CR-V Gen-6 ini yang lebih banyak bekerja, sehingga konsumsi bensin menjadi hemat. Kemudian, saat mobil membutuhkan tenaga lebih untuk berakselerasi dengan lebih kuat, sistem akan menggunakan mode Hybrid di mana mesin bensin dan baterai bekerja bersamaan untuk menggerakkan motor listrik yang menghasilkan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Baca juga  Apa itu Off Road? Cek Arti, Jenis Mobil, dan Tipsnya

Dari total perjalanan ke beberapa tempat sejauh 61 kilometer, konsumsi BBM CR-V Hybrid yang kami raih adalah 16,3 km/liter. Namun begitu, ada beberapa rekan media lain yang turut serta menguji bisa meraih angka 21 km/liter dan 14 km/liter.

Hasilnya memang berbeda-beda, sebab masing-masing mobil memilih rute masing-masing serta punya gaya berkendara yang juga berbeda.

Kenyamanan Kabin Jempolan

Review Honda CR-V Hybrid

Kenyamanan kabin mantap

Review Honda CR-V Hybrid selanjutnya adalah dari sisi kenyamanan kabin. Di mana kualitas jok, doortrim, material setir, serta legroom yang nyaman.

Saat mencoba mengendarai, bentuk jok dan kualitas pembungkusnya dirasakan proporsional. Posisi duduk maju mundur, tinggi dan rendah bisa diatur secara elektrik. Kemudian setir juga sudah bisa naik turun (tilt) dan maju mundur (teleskopik), menyesuaikan postur pengemudi.

Kenyamanan berkendara dengan CR-V Gen-6 juga didukung oleh fitur Head Up Display (HUD). Jadi pengemudi lebih mudah melihat angka kecepatan mobil dan informasi peta. Untuk informasi peta akan muncul beberapa meter sebelum ada persimpangan atau pertigaan.

Untuk head unit ukurannya juga proporsional, yaitu 9 inchi yang bisa mengakomodir kebutuhan audio dan beberapa fitur mobil. Seperti kamera parkir dan saat akan berbelok. Oh ya, untuk mendukung kenyamanan audio, disematkan speaker Bose 12 titik.

Kemudian saat kami mencoba kenyamanan kabin di baris kedua, hasilnya juga tidak mengecewakan. Posisi legroom dan headroom memadai untuk tinggi badan 182 cm. Dibagian tengah juga disediakan handrest dan tempat untuk botol atau gelas.

Baca juga  Harga Chery Omoda 5 GT 2023, AWD Termurah!

Oh ya, ada pula lubang ventilasi AC dibagian bawah serta 2 colokan USB untuk menambah kenyamanan dan kemudahana mengisi gawai. Ada pula panoramic sunroof untuk membuat kabin terasa lebih lega dan elegan, namun sayangnya terdapat pembatas dibagian tengah yang mengurangi estetika desain.

Bantingan Suspensi Nyaman

Review Honda CR-V Hybrid

CR-V punya bantingan suspensi nyaman

Berbicara bantingan suspensi dari Honda CR-V Hybrid, kami merasakannya cukup nyaman. Saat melewati jalanan yang tidak rata, suspensi dirasakan bekerja dengan baik sehingga penumpang kabin tidak terlalu bergoyang.

Kemudian saat kami mencoba bantingan di kecepatan skitar 60 km/jam, mobil ini masih terasa cukup nyaman dan tidak limbung saat diajak bermanuver. Racikan suspensinya menopang dengan cukup baik bobot mobil dan dimensinya.

Sudah Dilengkapi Fitur Honda Connect dan Honda Sensing

Review Honda CR-V Hybrid

Sudah dilengkapi teknologi Honda Connect

Review Honda CR-V Hybrid selanjutnya adalah dari sisi kelengkapan fitur. Yup, CR-V generasi keenam ini sudah mengadopsi Honda Connect dan Honda Sensing.

Honda Connect merupakan teknologi konektivitas yang menghubungkan kendaraan dengan smartphone pemilik melalui aplikasi. Di dalamnya terdapat fitur Vehicle Status yang memungkinkan pemilik mengakses informasi aktual kendaraan, seperti tingkat bahan bakar, status baterai, hingga status airbag.

Selain itu, pada aspek ini juga terdapat fitur Remote Vehicle Control untuk menyalakan mesin mobil sekaligus AC lewat smartphoneSaat mencoba CR-V Hybrid di Bali, kami mencoba fitur ini. Jadi pas awal acara pihak panitia sengaja memarkirkan CR-V Hybrid di wilayah Pantai Pandawa saat kami berada di rumah makan yang lokasinya sekitar 12 km dari mobil.

Baca juga  7 Perbedaan Honda Brio RS dan Satya Facelift 2023, Signifikan!

Kami diberikan smartphone yang sudah terinstal aplikasi Honda Connect, dan langung mencoba fitur find my car. Dengan fitur ini, kami dituntun menggunakan peta menuju lokasi mobil. Tak hanya itu saja, kami juga telah mengaktifkan AC dari smartphone saat dalam perjalanan menuju mobil supaya kabin interior sudah dingin saat kami masuk.

Untuk fitur lain yang ada di dalam Honda Connect, sudah tersedia Automatic Collision Detection yang akan memberi notifikasi kepada call center seandainya terjadi kecelakaan sampai airbag mengembang. Selanjutnya call center akan menghubungi pengguna guna mendapatkan bantuan secepatnya.

Pada aspek ini juga terdapat fungsi security alarm untuk memberikan notifikasi seandainya mobil terdeteksi dibuka secara paksa. Ada pula Speed Alert untuk memberi notifikasi jika mobil digeber melewati batas kecepatan yang ditentukan.

Selain Honda Connect, CR-V Gen-6 juga sudah dilengkapi Honda Sensing yang sudah terintegrasi dengan fitur Adaptive Driving Beam, Active Cornering Light, Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF), Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW),  Lead Car Departure Notification System (LCDN), Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Auto High Beam (AHB) serta fitur keselamatan modern lain.

Moladiners, itulah ulasan mengenai review Honda CR-V Hybrid 2023. Dengan harga Rp 804,9 juta (OTR DKI Jakarta), mobil SUV ini terbilang punya performa mesin, fitur, konsumsi BBM dan kenyamanan yang cukup realistis. Bagaimana menurut kamu?

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika