by

5 Riding Gear Motor Offroad yang Wajib Dipakai

Saat berkendara di medan ekstrem, kamu wajib persiapkan motor sebaik mungkin. Di samping itu, riding gear motor offroad juga perlu dikenakan. Hal ini dimaksudkan supaya keselamatan pengendara terjamin selama menjelajah.

Tidak seperti naik motor di jalan raya, menunggang motor offroad perlu apparel ekstra. Pasalnya potensi terjatuh saat berkendara di jalan tanah lebih tinggi. Maklum, kontur medannya pun tidak rata.

Oleh karena itu, riding gear terbaik perlu dipakai. Bukan cuma helm, kamu pun wajib menggunakan pelindung tubuh lengkap seperti chest, inner Knee, dan elbow protector. Kurang lebih persiapannya persis menunggang motor sport di sirkuit. Tujuannya tidak lain mencegah resiko cedera parah saat terjatuh.

Buat kamu para pemula, berikut kami beberkan 5 riding gear motor offroad wajib yang harus dikenakan saat menjelajah:

1. Sepatu Tinggi

riding gear motor offroad sepatu
Kamu harus pakai sepatu tinggi untuk naik motor offroad

Riding gear motor offroad yang pertama adalah sepatu tinggi hingga menutupi tulang kering dan betis. Jika dilihat bentuknya, persis dengan sepatu khas para penyanyi rock dengan bagian sol bawah sangat tebal. Kemudian bahan yang digunakan juga kaku untuk mencegah cedera pada pergelangan kaki, serta menahan beban berat saat tertimpa kendaraan.

Baca juga  Bocoran Honda CRF 250 Terbaru, Lebih Ringan!

“Spesifikasi yang digunakan untuk off road harus memiliki bahan yang lebih kaku namun tetap mudah dalam menggerakan pergelangan kaki,” kata Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky dalam siaran pers yang kami terima.

2. Sarung Tangan dan Jersey

riding gear motor offroad
Bahan jersey dipakai lantaran mudah kering dan gampang menyerap keringat

Naik motor offroad juga perlu pakai sarung tangan. Hanya saja sebaiknya pilih bahan yang terbuat dari kain dan lembut. Dengan demikian, pergelangan tangan dan jari bisa bermanuver dengan baik. Meski begitu, kehadiran protektor di sarung tangan tersebut tetap diperlukan untuk meminimalkan cedera.

Kemudian pakaian yang dikenakan, bukanlah jaket, melainkan jersey. Maklum, berkendara offroad termasuk kategori ekstrem atau aktivitas berat. Keringat pasti bercucuran banyak di tubuh pengendara.

Bahan jersey tentunya bakal menyerap keringat lebih cepat serta mudah kering. Hal ini tentu mencegah potensi pengendara mengalami masalah kesehatan akibat menggunakan pakaian basah dalam jangka waktu lama. Jersey juga berbahan ringan dan lentur. Pastinya sangat memudahkan pengendara melakukan pergerakan ketika melalui medan off road.

Baca juga  Kawasaki KLX 300 Supermoto, Mungil dan Menyenangkan

3. Kenakan Pelindung Tubuh Ekstra

body protector motocross
Pelindung tubuh ini penting untuk meminimalkan resiko cedera saat terjatuh

Oleh karena cuma pakai jersey, maka pelindung tubuh harus lengkap. Kamu perlu lengkapi diri dengan riding gear motor offroad yang lengkap seperti protektor dada, lutut, hingga siku.

Ingat, potensi bahaya yang ditimbulkan saat berkendara offroad lebih tinggi. Pasalnya kamu melalui medan tidak rata dan licin, alhasil potensi terjatuh sangat besar. Lagi pula naik motor trail tanpa jatuh, seperti kurang lengkap.

4. Helm Offroad

helm motocross riding gear motor offroad
Ciri khas helm offroad, punya moncong yang lebih maju dan tanpa visor

Riding gear motor offroad yang pertama adalah helm. Bentuknya berbeda dari helm motor onroad, karena punya desain lebih panjang dibagian mulut. Hal ini bertujuan sebagai pelindung rahang, serta membuat sirkulasi udara lebih baik saat naik motor trail.

“Selain itu, biasanya pada helm untuk off road tidak memiliki visor. Pet pada helm off road juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya,” beber Lucky

5. Google Sebagai Riding Gear Motor Offroad yang Wajib Dikenakan

google riding gear motor offroad
Helm dan google menjadi pasangan yang tidak terpisahkan saat berkendara motor offroad

Menurut Lucky, google paling pas sebagai riding gear motor offroad. Pasalnya tidak mengembun layaknya visor helm. Dengan begitu berkendara jadi semakin nyaman.

Baca juga  Triumph Scrambler 1200 Terbaru Lolos Standar Emisi Euro 5

Google yang menempel ke mata juga mampu menjaga dari benda asing lebih baik. Maklum saat berkendara offroad, cipratan lumpur, hingga batu bisa saja terkena mata.

Itulah 5 riding gear motor offroad yang wajib dipakai. Jangan sampai terlupa ya. Ingat dalam berkendara, keselamatan tetap yang nomor satu. Kemudian bersenang-senanglah!

Terkait pilihan motor trail entry level di Indonesia, sesungguhnya cukup beragam. Ada Kawasaki KLX 150, Honda CRF 150L, dan Yamaha WR155R. Untuk informasi penting seputar dunia otomotif, cek terus Moladin ya.

Terbaru