by

Modifikasi Kawasaki W800 Offroad, Garapan Prancis

Rumah custom asal Prancis, MRS Oficina berhasil melakukan modifikasi Kawasaki W800 offroad. Tampilan kakak tertua dari Kawasaki W175 ini jadi sangat berbeda dibanding versi pabrikan. Walau demikian, aura retro tetap dipertahankan.

Hampir semua komponen diubah, mulai dari tangki, suspensi, lengan ayun, hingga, setang. Beberapa komponen dari Kawasaki KX450F juga diaplikasikan ke motor modifikasi tersebut, seperti suspensi depan upside down merek Showa, pijakan kaki, serta pelindung rantai.

Lalu soal pewarnaan bodi, MRS Oficina mengambil inspirasi dari motor Kawasaki KX500 lansiran 1980. Ciri khasnya pakai kombinasi hijau dan biru. Alhasil jok dan rangka dicat biru. Kemudian tangki menggunakan panduan dua warna itu.

Hadir pula aksen berupa warna asli aluminium di sepatbor dan dudukan nomor bodi. Tidak ketinggalan detail jok dengan kemunculan logo W sebagai identitas asli motor.

Ingin tahu detail dari modifikasi Kawasaki W800 Offroad garapan MRS Oficina tersebut? Kalau penasaran, cek bahasan di bawah sampai habis:

Butuh Waktu 400 Jam untuk Modifikasi Kawasaki W800 Offroad

modifikasi kawasaki w800 offroad
Ini merupakan proyek kerja bareng MRS Oficina dengan Kawasaki Prancis

Di Eropa, Kawasaki W800 hadir dalam berbagai varian. Ada versi standar dan cafe racer, seperti yang juga dijual di Indonesia. Lalu terdapat pula versi street yang sedikit beraliran scrambler.

Baca juga  Kawasaki KLR 650 2021 Dirilis, Siap Buat Trabasan

Hanya saja memang sampai sekarang belum ada yang tampilannya benar-benar khas penggaruk tanah. Sampai akhirnya muncul modifikasi Kawasaki W800 offroad.

Proyek ini sesungguhnya tidak dilakukan oleh MRS Oficina sendirian, melainkan bersama Kawasaki Prancis. Beberapa komponen dibuat secara custom, sehingga butuh 400 jam untuk menyelesaikannya.

Ambil contoh tangki dipendekkan dan dirancang lebih ramping untuk menyesuaikan proporsi dengan motor trail. Lalu modifikasi Kawasaki W800 offroad juga memiliki plat nomor bodi aluminium yang dibuat dengan tangan. Pun untuk sepatbor depan dan belakang.

Lengan ayun motor offroad tersebut mengambil dari produk aftermarket, namun dimensinya diperpendek sesuai kebutuhan. Suspensi belakang Ohlins bergaya tabung yang dihadirkan juga dirancang khusus, lebih panjang dari standarnya.

Area setang ikut dirombak total. Modifikasi Kawasaki W800 offroad ini menanggalkan banyak komponen. Sebut saja spion, lampu depan, sein, hingga speedometer dihilangkan. Kemudian setangnya diganti dengan produk Renthal yang lebih lebar.

Sektor knalpot pun tidak kalah menarik. Desainnya dibuat mungil dan pendek, serta posisinya agak ke atas. Sekilas bentuknya seperti pipa.

Baca juga  5 Ide Modifikasi Megapro dari Cafe racer hingga Trail

“Knalpot kembarnya menggunakan material stainless stell, juga dibuat khusus oleh Mario (builder MRS Oficina). Di sana terdapat dB killer tersembunyi supaya tidak terlalu berisik, dan juga sensor emisi OEM, sehingga sistem injeksinya bisa berjalan dengan baik,” seperti dikutip dari laman bikeexif.

Motor untuk Perayaan Dominasi Kawasaki di AMA Supercross 2020

modifikasi kawasaki w800 offroad
Motor ini bisa kamu jadikan inspirasi untuk melakukan modifikasi W800, W250, bahkan W175

Di motor modifikasi Kawasaki W800 offroad ternyata juga tersemat rasa bangga. Terutama terkait kesuksesan Kawasaki mendominasi AMA Supercross 2020. Di kejuaraan yang berlangsung di Amerika Serikat itu, Eli Tomac berhasil keluar sebagai pemenang untuk kelas 450 cc.

Eli menunggang Kawasaki KX450F pada balapan tersebut. Oleh karenanya, berbagai komponen motor modifikasi ini juga mengambil dari KX450F.

Hadir pula penyematan nomor balap 1 di tameng depan dan bodi samping. Secara tidak langsung, berarti Kawasaki merupakan pabrikan nomor satu di kelas supercross 450 cc pada musim 2020.

Jika kamu tertarik untuk membuat kuda besi seperti ini, bisa jadikan modifikasi Kawasaki W800 offroad sebagai inspirasi. Tentu motornya tidak perlu W800. Bisa juga pakai Kawasaki W175 atau W250 untuk mencari harga bahan yang lebih murah.

Baca juga  Peninggi Shock Motor Matik yang Aman, Seperti Apa?

Terbaru