3 Syarat Ikut Kompetisi Modifikasi Yamaha XSR155

Syarat Kompetisi Modifikasi Yamaha XSR155 – Buat kamu yang sudah memiliki Yamaha XSR155 dan suka modifikasi, wajib ikut ajang Yamaha Heritage Built. Kompetisi ini terbuka untuk umum. Pemenang berhak mendapatkan hadiah jutaan rupiah, serta satu unit motor.

Yamaha Heritage Built membebaskan peserta untuk modifikasi Yamaha XSR155 dalam berbagai gaya. Mau cafe racer, scrambler, tracker, sampai dengan flat tracker, diperbolehkan. Intinya motor tersebut harus tampil ikonik sekaligus tidak lekang oleh waktu.

Apa saja syarat kompetisi modifikasi Yamaha XSR155? Simak bahasan berikut:

1. Regulasi Umum

syarat kompetisi modifikasi yamaha xsr155
Yamaha XSR 155

Intinya ini merupakan kompetisi desain, bukan teknologi atau performa mesin. Jadi yang bakal dinilai hanya tampilan luar motor. Ingat pula untuk selalu menggunakan produk original, karena penggunaan aksesori palsu bisa mengurangi penilaian.

  1. Menggunakan minimal 1 part Yamaha Genuine Accessories (Bolt-On, atau Plug & Play) yang dapat terlihat secara fisik, kecuali charger Yamaha Genuine Accessories (YGA). Part aksesoris tersebut boleh diubah warnanya sesuai konsep modifikasi yang diterapkan. Absennya penggunaan YGA berdampak pada pengurangan nilai.
  2. Penilaian kompetisi mengutamakan penampilan luar bukan kecanggihan/modifikasi mesin dengan orientasi keselamatan berkendara (safety driving first)
  3. Ide atau inovasi, tampilan luar, dan trik modifikasi (tingkat kesulitan) jadi faktor utama dalam penilaian.
  4. Jumlah komponen yang dimodifikasi, custom, merek, dan harga spare part yang digunakan bukan merupakan unsur penilaian utama.
  5. Motor yang mengikuti kompetisi dilengkapi komponen wajib sesuai peraturan lalu lintas.
  6. Penggunaan part atau produk motor merek lain akan mengurangi penilaian. Begitu juga dengan penggunaan part palsu juga akan mengurangi penilaian.
  7. Peserta kompetisi haruslah Warga Negara Indonesia dan berdomilisi di wilayah Indonesia pada saat mengikuti kegiatan ini. Dibuktikan dengan foto copy identitas pengenal diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Identitas lainnya yang masih berlaku.
  8. Unit motor modifikasi haruslah memiliki surat-surat yang sah dari Kepolisian.
  9. Penyelenggara menjaga semua data yang diberikan oleh peserta.
  10. Pemenang maupun peserta lainnya tidak dipungut biaya apapun
  11. Pihak Penyelengara dapat mengubah ketentuan ini dengan pemberitahuan (bukan persetujuan) kepada peserta.
  12. Tidak berlaku bagi karyawan beserta keluarganya dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, biro iklan, supplier, pihak ketiga dalam segala bentuk yang turut terlibat kegiatan ini.

Baca juga:

2. Regulasi Khusus untuk Syarat Kompetisi Modifikasi Yamaha XSR155

syarat kompetisi modifikasi yamaha xsr155
Versi cafe racer dari Yamaha XSR155 hasil garapan builder Thailand

Dalam kompetisi ini, ada regulasi khusus seperti tidak boleh melakukan perombakan sasis. Kamu hanya bisa memodifikasi bodi sesuai konsep heritage (pakai tema cafe racer, tracker, dan lain-lain).

Revisi dapat dilakukan terkait ban, pelek, cat, cakram, lampu, dan knalpot. Satu lagi yang terpenting, semua perubahan itu harus berfungsi dengan baik serta safety ketika Yamaha XSR155 dipakai berkendara.

Supaya kamu tidak salah, berikut regulasi khusus kompetisi ini secara lengkap:

a. Keterangan

Modifikasi khusus All New XSR 155 dengan hanya menambahkan aksesories original Yamaha, variasi, bolt-on, atau plug & play custom, atau body part custom

b. Ketentuan utama

– Diperbolehkan menambah atau memodifikasi bodi sesuai dengan konsep Heritage (Café Racer, Fairing, Tracker, dan lain – lain)

– Tidak boleh melakukan perombakan dan modifikasi sasis, kecuali menambah atau memodifikasi dudukan untuk body parts.

c. Ketentuan tambahan

– Peserta tidak diperbolehkan mengganti suspensi depan standar pabrikan (up side down) dan mengganti lengan ayun

– Peserta diperbolehkan untuk memodifikasi suspensi belakang, namun tidak merubah posisi suspensi dari monoshock ke dual shock

d. Perangkat pengereman

– Diameter disc brake, master, kaliper, slang rem boleh diganti

– Tanpa mengubah konstruksi standar (teromol ganti disc brake atau single disc jadi double disc)

e. Roda, ban dan pelek

– Diperbolehkan untuk memodifikasi pelek menjadi jari – jari

– Lebar dan diameter pelek boleh diganti

– Ukuran ban boleh diperbesar

f. Sticker atau decals diperbolehkan

g. Painting (cat) – airbrush, krom diperbolehkan

h. Lampu

– Boleh melakukan modifikasi pada lampu standar

– Boleh melakukan penggantian lampu aftermarket sesuai konsep modifikasi

i. Knalpot boleh diganti

j. Penambahan aksesori original Yamaha, aksesori aftermarket, bolt-on, handmade yang berfungsi dengan baik dan tetap safety

k. Perangkat audio video tidak diperbolehkan

l. Mesin dan semua part kelistrikan di motor wajib berfungsi pada saat Scruttenering

3. Kompetisi Digital Custom All New Yamaha Nmax

Yamaha Nmax 155 2020
All New Yamaha Nmax

Di samping kompetisi untuk modifikasi Yamaha XSR155, Pabrikan Garpu Tala juga menggelar kompetisi digital custom All New Yamaha Nmax. Imajinasi peserta diuji menciptakan konsep modifikasi digital untuk All New Nmax 155. Desain virtual dirancang di dalam area part body cover tanpa menghilangkan karakter desain bodi asli skutik baru MAXI Yamaha itu.

Ada pula kategori MAXI Yamaha kelas Master dan Daily Use. Kategori ini khusus untuk motor Xmax, Nmax, Aerox, dan Lexi. Spesial untuk kelas master, dibuat agar modifikator lebih leluasa menumpahkan kreatifitasnya dengan merombak sebagian bodi, sasis, dan lain-lain. Sementara di kelas Daily Use lebih sederhana, peserta tidak boleh merubah bodi dan sasis. Bila kamu tertarik, mengikuti kompetisi ini langsung mendaftar di custommaxiyamaha.com.

”Aktivitas ini selalu dinantikan tiap tahun dan menjadi wadah berkompetisi para pecinta modifikasi. Kompetisi ini makin populer dan jadi ajang bergengsi buat peserta menampilkan keunggulan modifikasinya. Memberikan kebanggaan tersendiri dan pengakuan istimewa atas kualitas hasil karya mereka. Istimewanya tahun ini kami menghadirkan kategori buat dua produk terbaru, All New Nmax 155 dan All New XSR 155. Kami harapkan makin memacu kreatifitas peserta,” kata Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Yordan Satriadi.

Kompetisi Custom MAXI dan Yamaha Heritage Built berlangsung selama periode 2019-2020. Babak semifinal berlangsung di 8 kota, dimulai dari Bekasi pada 18 Januari 2020.

Lagi cari Yamaha Nmax baru? Sekarang gak usah pusing lagi, langsung aja klik melalui link ini! Dapatkan penawaran dengan promo menariknya. Nah, atau bisa juga Moladiners mendownload aplikasi Moladin di Play Store.

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *