Friday, December 9, 2022
Banner

Sambut G20 Bali, Toyota Serahkan 41 unit BZ4X dan 102 Lexus UX 300e

by Tigor Sihombing
mobil listrik di ktt g20 - toyota bz4x

Toyota serahkan 41 unit Bz4x dan 102 unit Lexus UX 300e kepada kantor Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg), pada rabu (19/10/2022). Keduanya akan menjadi kendaraan resmi untuk mendukung mobilitas partisipan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada 15-16 November mendatang.

“Kami sangat mengapresiasi kepercayaan pemerintah pada produk Toyota yang dipilih sebagai kendaraan resmi KTT G20. Tidak hanya mendukung kelancaran mobilitas peserta konferensi, kehadiran Toyota BZ4X dan Lexus UX 300e ini diharapkan akan menjadi simbol komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi karbon menuju era Carbon Neutrality pada 2060 mendatang,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto pada acara Hand Over Ceremony di Stadion Internasional Gelora Bung Karno dalam keterangan resminya.

Selain dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Dr. Pratikno M.Soc.Sc acara ini juga dihadiri oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji.

Mobil hasil kolaborasi bersama Subaru tersebut merupakan kendaraan elektrifikasi BEV pertama dari Toyota yang resmi dipasarkan secara global pada pertengahan tahun 2022 ini. Penggunaannya di KTT G20 ini setelah adanya permintaan kuat dari Pemerintah Indonesia serta pengaturan ulang global supply bersama prinsipal Toyota Motor Corporation.

Baca juga  Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross, Beli yang Mana?

Sementara, Lexus UX 300e merupakan kendaraan elektrifikasi dengan teknologi Battery EV premium jenis subcompact SUV yang pertama kali dipasarkan pada tahun 2020 lalu. Sebagai sebuah brand premium, kehadiran model Lexus di Bali juga akan didukung dengan fasilitas e-LCMS (Electric Lexus Mobile Concierge Service) untuk lebih memberikan kenyamanan dan kelancaran mobilitas peserta KTT.

Spesifikasi Toyota bZ4X

Toyota bZ4X Recall

Toyota bz4x

Toyota bZ4X merupakan kendaraan elektrifikasi Battery Electric Vehicle (BEV) pertama dari Toyota, yang resmi dipasarkan secara global pada pertengahan 2022. Penggunaannya di KTT G20 ini setelah adanya permintaan kuat dari Pemerintah Indonesia serta pengaturan ulang global supply bersama prinsipal Toyota Motor Corporation.

Di Jepang sendiri bZ4x sudah meluncur pada 11 Mei 2022. Namun, mobil tersebut tidak dijual massal di Jepang, melainkan untuk disewakan saja. Selain itu di negeri asalnya bZ4x tersedia dalam dua varian yaitu varian motor listrik tunggal dan motor listrik ganda.

Untuk varian motor listrik tunggal, dayanya adalah 150 kW berpenggerak roda depan. Tenaga yang dihasilkan adalah 201 Tk dengan torsi Nm. Estimasi jarak tempuhnya ketika baterai sudah terisi penuh mencapai 500 km, dengan akselerasi 0-100 kpj dalam 8,4 detik.

Sedangkan untuk varian kedua dengan motor listrik ganda, memakai penggerak all wheel drive (AWD) dengan tenaga yang lebih besar, yaitu 215 Tk dan torsi Nm. Akselerasinya lebih cepat, yaitu 7,7 detik untuk 0-100 kpj.

Namun untuk varian kedua, jarak tempuh saat baterai terisi penuh lebih pendek yaitu 460 km. Kedua varian tersebut dilengkapi dengan baterai berkapasitas 71,4 kWh, 335 volt. Untuk waktu pengisian dayanya, jika memakai SPKLU, hanya butuh waktu 30 menit dari posisi kosong hingga 80 persen.

Ada opsi fitur tambahan yaitu atap panel surya. Ini bisa membantu pengisian daya baterai dan bisa menampung tenaga setara dengan jarak tempuh 1.800 km dalam satu tahun. Demikian ulasan Toyota serahkan 41 unit BZ4X untuk KTT G20. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika