by

Sejarah Honda Odyssey, Sudah 5 Generasi

Bicara produk multi purpose vehicle (MPV), ada salah satu nama yang cukup eksis hingga saat ini, yaitu Odyssey. Sejarah Honda Odyssey sendiri begitu panjang, baik untuk pasar global maupun Indonesia.

Membahas mengenai sejarah Honda Odyssey yang baru saja merayakan usianya yang ke-26 tahun. Produk ini pertama kali dirilis di tahun 1994 silam di Negeri Sakura, setelah itu Oddysey mulai dijajakan ke sejumlah negara secara global.

Buat kalian yang belum tahu sejarah Honda Odyssey sejak awal hingga kini yang telah memasuki generasi ke-5. Sebaiknya simak ulasan ini sampai habis, mengingat transformasi dari generasi ke generasi Odyssey tak boleh terlewatkan.

Penamaan Odyssey sendiri memiliki arti perjalanan atau petualangan. Penggunaan nama tersebut mungkin jadi penanda mobil ini mampu menemani perjalanan ataupun petualangan para penggunanya.

Kalau dibandingkan dengan kompetitor di segmen MPV, Honda Odyssey menawarkan sesuatu yang berbeda. Desainnya tak usung konsep mengotak, dan cenderung lebih menyerupai sebuah sedan.

Tak hanya itu, para pengguna mengklaim Honda Odyssey sajikan kabin yang nyaman dengan nuansa mewah. Lalu seperti apa sebenarnya perjalanan sejarah Honda Odyssey dari generasi ke generasi? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Generasi Pertama yang Menandai Sejarah Honda Odyssey di tahun 1994

Sejarah Honda Odyssey generasi pertama
Sejarah Honda Odyssey generasi pertama

Perjalanan sejarah Honda Odyssey dimulai sejak tahun 1994. Kala itu, mobil ini menawarkan desain kursi tiga baris dengan mesin berpenggerak empat roda alias 4WD.

Tiga tahun berselang, tepatnya di tahun 1997. Honda Odyssey dibekali dengan mesin baru, yakni 3.0L V6 J30A dan sudah dibekali dengan beragam fitur modern salah satunya sunroof pada trim termahal saat itu, tipe L dan Aero.

Khusus untuk pasar Eropa, Odyssey generasi pertama lebih dikenal dengan nama Honda Shuttle. Mobil ini usung sasis RA yang bertahan hingga tahun 2003. 

Setelah itu, Honda Odyssey dibekali dengan sasis RB1. Di mana model ini yang pertama kali muncul di Indonesia melalui importir umum (IU) di tahun 2004.

Baca juga  Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S, Komparasi SUV Termurah!

2. Generasi Kedua Odyssey

Generasi kedua Honda Odyssey
Generasi kedua Honda Odyssey

Lebih jauh membahas mengenai sejarah Honda Odyssey, generasi kedua rilis di tahun 1999. Bedanya pada generasi kedua ini punya dimensi yang lebih besar dari model sebelumnya.

Tampilannya lumayan berubah, yang pasti desainnya jadi lebih modern. Terlihat ubahan besar terjadi pada bagian bumper dan gril yang terlihat lebih besar dan dipadukan dengan aksen krom.

Dimensi yang ditawarkan membuat ruang kabin lebih lega. Tentunya hal ini jadi poin lebih bagi generasi kedua, yang diklaim memiliki kenyamanan lebih ketika berada di dalam kabin.

Selain itu, di generasi kedua Honda Odyssey dibekali dengan electric flat folding third row seat, yang merupakan teknologi pertama di dunia.

Menyoal mesin, Honda Odyssey dibekali dengan mesin 2.3L pada model RA6 (2WD) dan RA7 (4WD). Tersedia juga pilihan mesin 3.0L untuk model RA8 (2WD) dan RA9 (4WD) varian Prestige dan Absolute.

Masih dari generasi kedua, di tahun 2000 silam. Odyssey jadi mobil Honda pertama yang ditawarkan dalam pilihan transmisi 5-percepatan otomatis dengan mesin 3.0L.

3. Generasi Ketiga Rilis di Tahun 2003

Honda Odyssey Gen-3
Honda Odyssey Gen-3

Sejarah Honda Odyssey berlanjut, tepatnya di tahun 2003 mobil ini rilis di Negeri Sakura. Menyusul rilis di Australia dan sejumlah negara lainnya di tahun 2004.

Kalau bicara Odyssey, rasanya generasi ini jadi yang paling sukses. Pasalnya generasi ketiga masih banyak diminati konsumen hingga kini.

Gen-3 Honda Odyssey tersebut punya desain model lima pintu dengan desain lebih ramping, ground clearance rendah, dan tentunya terasa modern.

Kabinnya pun alami ubahan, dengan dasbor berukuran besar. Lalu tuas transmisi di tengah, namun mudah diangkat, serta konfigurasi kursi yang praktis. Nah, mobil ini juga dibekali dengan fitur cruise control khusus untuk pasar Jepang.

Baca juga  Kia Carnival High Limousine 4-Seater, Alphard Kalah Mewah!

Di atas kertas, Honda Odyssey generasi ketiga disematkan mesin berkubikasi 2.4 liter i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga 160 PS. Untuk versi penggerak 4WD ditawarkan dalam transmisi otomatis.

Sementara untuk versi 2WD mengusung transmisi CVT, kecuali untuk tipe Absolute dan model ekspor lainnya.

4. Generasi Keempat Mengaspal di 2008

Generasi ke-4 Odyssey
Generasi ke-4 Odyssey

Honda Odyssey generasi keempat rilis di Oktober 2008 lalu, prosesi peluncuran di Jepang. Pada generasi ini, di atas kertas mungkin mesin dan transmisi cenderung serupa. Pun begitu, tentu ini jadi bagian sejarah Honda Odyssey.

Namun urusan tenaga mesin lebih besar, dan menariknya konsumsi BBM justru lebih efisien. Generasi keempat Honda Odyssey masih mengandalkan mesin 2.4L dan transmisi CVT dengan Torque Converter untuk penggerak FWD, dan transmisi otomatis lima percepatan untuk versi 2WD dengan tenaga 206 daya kuda.

Sentuhan baru di sektor dapur pacu membuat mesin pada generasi ini cenderung lebih efisien. Khusus untuk pasar Indonesia, generasi keempat Honda Odyssey tersedia mesin 2.4L dengan transmisi CVT dipadukan torque converter untuk FWD, dan transmisi 5-percepatan otomatis untuk 4WD.

Interior pada generasi keempat tidak alami ubahan besar, secara garis besar cenderung serupa. Peranti hiburan diletakan di atas dasbor, posisi tuas transmisi pun letaknya tak berubah.

Hanya pembedanya di bangku baris ketiga sudah memungkinkan kursi dapat dilipat secara elektrik. Ada juga sejumlah tambahan fitur-fitur teranyar yang membuatnya lebih modern.

5. Odyssey Generasi Kelima yang Alami Ubahan Besar

Odyssey Generasi ke-5 yang dipasarkan saat ini
Odyssey Generasi ke-5 yang dipasarkan saat ini

Membahas lebih jauh mengenai sejarah Honda Odyssey, rasanya generasi kelima ini jadi yang cukup menarik. Karena rombakan besar dilakukan pabrikan pada generasi terbaru Odyssey. Prosesi peluncuran berlangsung di bulan September 2013 silam.

Pada generasi ini, desain Odyssey alami rubahan ebsar jadi terasa lebih modern dan elegan. Selain itu, di generasi ini Honda Odyssey meninggalkan desain pintu yang sebelumnya dibuka kea rah luar, jadi pintu geser yang dibuka ke samping.

Baca juga  5 Kelebihan Hyundai Staria, MPV Keluarga Bermesin Diesel

Dimensinya lebih besar dan kabin sudah dibekali captain seat di baris kedua untuk menunjang kenyamanan penumpang. Setidaknya kabin terasa jadi lebih mewah.

Menyoal jantung pacu, mobil ini dibekali mesin 2.4 L VTEC yang mampu menghasilkan daya sebesar 175 PS dengan torsi 225 Nm. Pada tipe Absolute, telah dilengkapi dengan fitur direct-injection yang mampu mendongkrak tenaga jadi 190 PS dan torsi 237 Nm.

Perjalanan Odyssey di Indonesia

Honda Odyssey terbaru
Honda Odyssey terbaru

Kilas balik sejarah Honda Odyssey di Tanah Air, pertama kali masuk via importir umum (IU) dan cukup sukses. Kehadiran produk ini begitu diminati banyak masyarakat di Indonesia.

Harga yang ditawarkan cukup tinggi, namun tak membuat mobil jadi tak laris dipasaran. Mengingat Odyssey menyuguhkan kenyamanan plus performa lebih baik dibanding sejumlah rivalnya di pasar domestik.

Produk ini pertama kali dijual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di tahun 2005. Sementara untuk model yang dipasarkan saat ini merupakan versi facelift yang terakhir dirilis di tahun 2018 lalu.

Perubahan terjadi pada fascia dan pelek yang punya desain baru, gril dengan garnish dan LED di foglamp serta gunakan headlamp projector. Lampu belakang dibekali dengan LED light bar.

Urusan fitur, mobil ini dibekali dengan ABS, EBD, dan BA. Tersedia juga fitur vehicle stability assist (VSA), hill start asist (HSA). Sekarang sudah tahukan sejarah Honda Odyssey di dunia maupun Indonesia? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru