oleh

Spesifikasi Suzuki XL7 Hybrid Terungkap, Irit Banget!

Akhirnya bocoran spesifikasi Suzuki XL7 hybrid terungkap. Hal ini bocor setelah kembaran LSUV pabrikan berlogo S tersebut yaitu All New XL6 meluncur di India, 22 April lalu.

Ubahan mencolok dari XL6 adalah sektor mesin. Awalnya menggunakan mesin K15B, kemudian diganti menjadi K15C. Mesin ini merupakan versi revisi yang memiliki kelebihan teknologi Dual Jet plus sistem mild-hybrid.

Perubahan ini memang tidak untuk mengejar performa, melainkan lebih ke efisiensi dengan mengandalkan teknologi baru tersebut. Mesin K15C All New Suzuki XL 6 berkapasitas 1,5-liter 103 PS dan torsi 137 Nm, tenaganya turun sekitar 2 PS dibanding mesin generasi sebelumnnya.

Mesin ini disalurkan melalui transmisi AT 6-speed dan 5-speed MT. Suzuki pun mengklaim jika MPV ini mampu melaju 20,97 km/liter untuk versi manualnya (M/T) dan 20,27 km/liter versi matik.

Pada eksterior terlihat hanya ada ubahan pada grille saja. Didominasi oleh aksen krom sementara bilah di tengah dibuat menebal serta diberi kisi pemisah di bagian tengah.

Lampu utamanya sudah mengusung LED serta desain bemper masih tidak ada perbedaan dengan sebelumnya. All New Suzuki XL6 juga masih mengusung pelek ukuran 16-inci masih mempertahankan gaya diamond-cut. Di sektor belakang, tail lamp kini beraksen smoke. Selain itu juga ada lis krom tipis di atas logo.

Baca juga  Suzuki dan Toyota Kembangkan C-HR Bermesin Ertiga

Interior didominasi warna hitam dan sedikit aksen perak di setir dan dasbor. Varian atas sudah dibalut jok kulit sebagai fasilitas kemewahan. Menariknya setir kini bisa diatur secara telescopic. Ada paddle shifter di baliknya.

Memonitor tekanan angin juga dipermudah tyre pressure monitoring system. Lalu jok tengah model captain seat serta masih ada auto AC.

Kenyamanan makin meningkat untuk penumpang baris depan. Di sandaran jok ada ventilated seat yang dapat mengembuskan udara dingin ke punggung. Jadi meminimalisir keringetan pada punggung ketika nyetir terlalu lama.

Cruise control pun tersedia sama seperti Ertiga. Jika fitur ini juga ada di XL7 hybrid kelak, tentu sangat menambah value-nya.

Pusat infotainment juga berganti tapi tetap berukuran 7-inci. Mendapat upgrade sistem SmartPlay Pro termasuk teknologi konektivitas Suzuki Connect.

Harga Masih Terjangkau

bocoran xl7 hyrbid
Di sandaran jok ada ventilated seat yang dapat mengembuskan udara dingin ke punggung

Spesifikasi Suzuki XL7 Hybrid versi India ini juga tampak pada fitur keselamatan meningkat sedikit dengan adanya penambahan airbag samping menjadi total 4 airbag dari sebelumnya hanya dua. Lainnya ada ABS+EBD, ESP (Electronic Stability Program) dan HHA (Hill Hold Assist).

Baca juga  5 Risiko Mobil Pikap Bawa Muatan Berlebih, Jangan Dicoba!

Manager Director dan CEO Maruti Suzuki, Hisashi Takeuchi menjelaskan bahwa model baru ini mendapatkan sambutan meriah dari konsumen.

Bahkan, mobil tersebut menjadi kelas MPV premium di antara model lainnya. “Aspirasi pelanggan kami yang terus berkembang akan kendaraan utulitas premium yang lebih berani dengan menawarkan fitur-fitur kini yang telah mendorong kami untuk memperkenalkan All-New XL6 ini,” kata Takeuchi.

Untuk pasar India All New Suzuki XL6 tersedia dalam pilihan warna single-tone dan tiga dual-tone. Total varian ada 8, termasuk trim baru Alpha+. Paling lengkap diisi semua fitur terbaru. Harganya berkisar Rs.11,29 lakh atau kisaran Rp212 juta sampai Rs.14,55 lakh atau sekitar Rp 274 jutaan.

Demikian ulasan terkait spesifikasi Suzuki XL7 versi India, kira-kira kapan mobil ini masuk Indonesia? Kemungkinan besar akhir 2022 atau sekalian tahun 2023. Satu yang jelas, Suzuki Indonesia telah menampilkan prototipe mobil ini di IIMS 2022 lalu. Jadi soal peluncuran, tinggal menungu waktu.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Suzuki New Ignis Meluncur, Minim Perbedaan?

Terbaru