by

Spesifikasi VW Multivan T7, Mobil Keluarga Modern

Akhirnya spesifikasi VW Multivan T7 terkuak lewat peluncuran yang dilakukan di Eropa pada Jumat (10/6/2021). Mobil ini istimewa karena mampu muat banyak, nyaman, serta penuh fitur modern.

Oleh karena berbagai keunggulan tersebut, VW Multivan pantas disebut sebagai mobil keluarga modern. Kehadirannya juga sekaligus menjadi pengganti dari VW Caravelle.

Salah satu hal menarik dari MPV anyar ini adalah rangkanya, kini tidak lagi pakai platform Transporter. VW mengadopsi platform MQB yang digunakan pula oleh berbagai mobil lansiran Volkswagen Group terbaru.

Walau demikian, di sisi lain dalam hal desain tetap mengandalkan bodi bongsor yang mengotak. Hanya saja ada aura modern hadir, terutama lewat garis-garis dinamis serta pillar-A unik. Desain pillar-A itu bukan cuma membuat tampilan mobil jadi futuristik, efek lainnya visibilitas diklaim semakin baik.

Fitur modern yang hadir di eksterior antara lain lampu depan LED yang bisa diupgrade jadi IQ.LIGHT atau LED matrix headlight. IQ.LIGHT merupakan lampu depan canggih yang mampu membuat pencahayaan lebih baik di tikungan sekalipun, namun tidak membuat silau pengendara lain.

Baca juga  Honda Odyssey 2021 Resmi Dijual, Saingan Alphard

Di atas kertas, spesifikasi VW Multivan T7 untuk dimensi memiliki panjang 4.973 mm, lebar 1.941 mm, dan tinggi 1.903 mm. Kalau kurang lega, tersedia pula versi Multivan dengan dimensi panjang mencapai 5.173 mm. Kemudian untuk ukuran pelek, dapat menggunakan 19 inci.

Kenyamanan Kabin VW Multivan T7, Kursi Bisa Berputar dan Dicopot

interior vw multivan t7
Kursi baris keduanya bisa diputar, kemudian konsol tengahnya dapat dijadikan meja. Itulah kelebihan interior VW Multivan T7

Bicara spesifikasi VW Multivan T7 dalam hal interior, tidak perlu diragukan kenyamanannya sebagai mobil keluarga. Tersedia konfigurasi tiga baris bangku yang dapat memuat tujuh orang.

Hal istimewa adalah, ketika bangku baris keduanya dapat diputar 180 derajat. Alhasil dapat tercipta konfigurasi bangku yang saling berhadapan.

Tidak cuma itu, setiap bangku belakang di VW Multivan dapat dicopot sesuai kebutuhan. Lalu yang tidak kalah menarik, konsol tengah di bangku baris pertama dapat digeser mundur hingga ke belakang, serta dijadikan meja.

Jadi bisa dikatakan ini merupakan mobil MPV milik VW yang paling fleksibel. “Meja ini bisa dicopot, bisa diatur tinginya, cup holders, dan tempat penyimpanan,” seperti dikutip dari rilis resmi Volkswagen Inggris.

Baca juga  Toyota Recall Avanza Terkait Masalah Fuel Pump

Kemudian untuk fitur-fiturnya tidak kalah modern. Ada 10,25 inci digital cockpit dan 10,0 inci infotainment touch screen.

Lebih gilanya lagi untuk sistem audio, spesifikasi VW Multivan T7 bisa diintegrasikan dengan Harman Kardon. Alhasil akan ada 14 high-end loudspeakers, 16-channel ethernet amplifier dengan 840 watts output musik, dan lain-lain.

Bicara keselamatan, terdapat konektivitas dengan sistem Ready 2 Discover yang terintegrasi eSIM. Pemilik mobil bisa mengetahui berbagai informasi seperti breakdown assistance, status kendaraan, hingga posisi parkir cuma dari smartphone.

Hadir pula sistem We Connect Plus yang mampu semakin mengintegrasikan smartphone dan mobil. Misalnya untuk navigasi, hingga mengaktifkan berbagai fitur seperti pemanas, aktifkan AC, mengunci mobil, lagi-lagi hanya lewat smartphone.

Opsi Mesin Turbo Hingga Hybrid

spesifikasi vw multivan t7 - eksterior
Pilihan mesin mobil VW Multivan T7 lengkap dari mulai bensin, diesel, hingga plug-in hybrid

Bicara pilihan mesin, spesifikasi VW Multivan T7 cukup beragam. VW menyediakan tiga opsi: plug-in hybrid, mesin bensin, dan mesin diesel.

Khusus hybrid, kombinasinya adalah mesin bensin 1.4 TSI 150 PS yang dikawinkan dengan 85 kW motor listrik. Alhasil mobil hybrid ini dapat menciptakan output gabungan hingga 218 PS.

Baca juga  Spesifikasi Nissan Livina Sporty Package, Cuma 100 Unit

VW Multivan T7 plug-in hybrid diklaim lebih ramah lingkungan, terlebih ketika sedang diaktifkan dalam mobil full listrik. Padanan untuk mesin hybrid ini, transmisi enam percepatan DSG.

Sementara untuk pilihan mesin bensinnya adalah 1.5 TSI yang mampu melontarkan tenaga 136 PS. Lalu opsi selanjutnya 2.0 TSI dengan 204 PS.

VW juga menyediakan mesin diesel yang bisa melontarkan tenaga 150 PS. Semua pilihan mesin berbahan bakar tersebut alias bukan hybrid itu, dikombinasikan dengan transmisi tujuh percepatan DSG.

Saat ini sosok dan spesifikasi VW Multivan T7 memang sudah dibeberkan. Hanya saja penjualannya baru dilakukan kemungkinan tahun depan!

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru