by

SsangYong Korando e-Motion Meluncur Agustus 2021

SsangYong pabrikan mobil asal Korea Selatan dikabarkan telah merilis gambar resmi dari produk kendaraan listrik mereka, Korando e-Motion. Mobil adalah sebuah compact SUV, yang berpenggerak energi listrik murni.

Korando e-Motion yang sebelumnya telah diperkenalkan pada Desember 2020 lalu ini, akan menjadi mobil listrik pertama SsangYong yang masuk dalam jalur produksi massal. 

Dilansir laman Autoexpress pada Senin, (21/6/2021), dikabarkan  SSyangyong akan segera memperkenalkan Korando e-Motion di Eropa pada Agustus 2021. Lalu berlanjut memasuki pasar Inggris sebelum akhir 2021.

Sayang pabrikan tidak menyebut harga mobil tersebut. Tetapi beberapa sumber menyebut SsangYong Korando e-Motion akan memiliki harga yang bersaing dengan Hyundai Kona Electric dan Kia e-Niro.

Beberapa sumber memprediksi mobil ini ditawarkan dengan harga dibawah Rp 600 jutaan, jika dikonversikan ke dalam kurs Indonesia.

Didukung Motor Listrik Bertenaga Setara 195 HP

SsyangYong
Ssyangyong juga menjanjikan Korando e-Motion mengaplikasi paket baterai dengan kapasitas 61.5kWh. Daya tersebut cukup untuk membawa SUV tersebut menjelajah sejauh 418 km dalam sekali pengisian bateri penuh..

Bicara desain, Korando e-Motion ini ternyata dibuat dengan platform terbaru dari yang belum ada sebelumnya.

Pada eksterior, mobil ini begitu tampil mencolok sebagai kendaraan listrik modern. Seperti penggunaan gril buta yang berkesan aerodinamis, diikuti degan penggunaan desai  pelek baling-baling yang digunakannya.

Baca juga  Bawa Mobil Listrik di Tol Trans Jawa Kini Tak Perlu Khawatir

Dan tidak lupa beberapa aksen biru di sekitar body yang memperkuat kesan elektriknya.

Di sektor penggerak, SsangYong pernah mengkonfirmasi jika Korando e-Motion akan mengaplikasi satu motor listrik yang menghasilkan tenaga setara 195 HP.

Ssyangyong juga menjanjikan Korando e-Motion mengaplikasi paket baterai dengan kapasitas 61.5kWh. Daya tersebut cukup untuk membawa SUV tersebut menjelasah sejauh 418 km dalam sekali pengisian bateri penuh..

Nah perbandingannya dengan Kona Electric, Hyundai mengklaim mobil tersebut dalam kondisi baterai full, mampu menjelajah sejauh 545 km dalam satu kali pengisian.

Laman tersebut juga mengatakan jika produksi mobil Ssyangyong Korando e-Motion ini telah dimulai. Bocoran lainnya telah mengungkapkan bahwa Ssyangtong juga telah siap memproduksi model mobil listrik lainya dengan kode nama J100.

SsyangYong Pernah ada di Indonesia

SsyangYong

Guys, mungkin sebagian dari kamu sudah akrab dengan brand mobil ini. Secara SsyangYong pernah memasarkan SUV Musso di Indonesia.

SUV tersebut hadir dengan varian diesel, menggunakan mesin milik Mercedes-Benz, Boxer (W124)berkapasitas 2,3 L Turbo. Tapi sayang SsyangYong kehilangan peminat. Hingga di tahun 2012 pabrikan ini memutuskan hengkang dari Indonesia. SsyangYong sendiri ada di tanah air sejak tahun 1999.

Baca juga  5 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik, Yakin Mau Beli?

Pesohor yang masih memiliki mobil Musso tersebut, salah satunya Nikita Mirzani. Dia mengaku merawat Musso hingga sekarang karena sebagai peninggalan Sang Ayah.

Hal menarik lainnya, secara global mobil ini pernah ingin menyatakan bangkrut di tahun 2010. Kemudian mayoritas kepemilikan SsyangYong dipegang oleh produsen mobil India, Mahindra & Mahindra. Mereka berhasil menguasai 74,65% saham.

Lalu pada akhir 2020, SsangYong juga mau dijual oleh Mahindra & Mahindra karena isu bangkrut. Walau demikian, sampai sekarang belum jelas siapa investor barunya.

Demikian ulasan terkait SsyangYong elektrik. Untuk mendapatkan update terbaru berita otomotif lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru