by

Komparasi Hyundai Kona Electric dengan MG ZS EV

Segmen mobil listrik di Indonesia semakin besar dengan hadirnya beberapa model yang dibawa oleh pabrikan. Berikut komparasi Hyundai Kona Electric dengan MG ZS EV yang baru saja melantai di pameran IIMS Hybrid 2021.

Dua mobil listrik tersebut memang menjadi alternatif bagi konsumen Indonesia yang ingin memiliki mobil listrik. Tetapi, sebelum menjatuhkan pilihan kepada salah satu modelnya, berikut akan kami komparasi Hyundai Kona Electric Vs MG ZS EV.

Jika melihat secara keseluruhan, untuk produk yang dihadirkan oleh Hyundai memiliki tampilan yang lebih menarik. Pasalnya pada model MG ZS EV masih menyerupai model ZS bermesin bensin.

Sementara untuk Hyundai Kona Electric, baik dari segi tampilan dan beberapa fiturnya, mendapatkan penyempurnaan yang lebih baik lagi. Seperti apa komparasi Hyundai Kona Electric dengan MG ZS EV? Simak dalam ulasannya berikut ini.

Dimensi MG ZS EV Vs Hyundai Kona Electric

komparasi hyundai kona electric dengan MG ZS EV
Komparasi dimensi hyundai kona electric dengan MG ZS EV

Secara dimensi, Hyundai Kona electric hadir dengan dimensi panjang 4.205 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.570 mm. Sementara MG ZS EV, memiliki panjang mobil 4.314 mm, lebar 1.809 mm, dan tinggi 1.644 mm.

Berkaca dari hal tersebut, sudah dipastikan bahwa MG ZS EV yang lebih bongsor dibanding Hyundai Kona electric. Meski demikian, baik Hyundai Kona electric atau MG ZS EV keduanya sama-sama menawarkan SUV dengan kapasitas 5 penumpang.

Baca juga  Harga Rp260 Juta, Beli Suzuki XL7 Alpha atau Ertiga Sport?

Sementara ukuran roda keduanya tidak beda jauh. Hyundai Kona Electric pakai 215/55-17 Inci. Lalu untuk MG ZS EV menggunakan 215/50-17 Inci.

Performa Mesin Hyundai Kona Electric Lebih Baik?

komparasi hyundai kona electric dengan MG ZS EV
Perbadingan performa Hyundai Kona Electric dengan MG ZS EV

Dari sisi performa, secara spesifikasi keduanya merupakan mobil listrik murni yang bersumber dari baterai listrik. Hanya saja ada perbedaan kapasitas baterai antara Hyundai Kona Electric Vs MG ZS EV.

Untuk baterai yang ditawarkan oleh Hyundai Kona electric, kapasitas 39,2 kWh. Dalam kondisi penuh, bisa diajak melaju 345 Km. Sementara isi ulang baterai dengan fast charging butuh waktu sekitar 57 menit dari kosong sampai 80 persen.

Kemudian untuk motor listrik milik Kona Electric bisa melontarkan tenaga sebesar 136 PS dan torsi maksimum 395 Nm. Bicara akselerasi mobil SUV ini mampu melahap 0 – 100 km/jam hanya dengan 9,9 detik.

Sedangkan MG ZS EV, pabrikan menawarkan kapasitas baterai yang lebih besar lagi yakni 44,5 kWh. Lalu dengan kapasitas besar, apakah bisa menang lawan Hyudai Kona Electric?

Ternyata tidak juga. Pasalnya daya jelajah mobil listrik MG ini cuma 335 Km. Lalu torsi yang dihasilkan motor listirknya juga cuma 353 Nm serta tenaganya 143 PS. Artinya tidak lebih baik dari Hyundai Kona Electric.

Hanya saja bicara pengisian baterai, MG ZS EV lebih unggul. Cuma butuh 30 menit dengan fast charging untuk sampai 80 persen dari posisi nol.

Baca juga  3 Investasi Hyundai Untuk Pasar Otomotif Indonesia

Interior dan Fitur

komparasi hyundai kona electric dengan MG ZS EV
Perbadingan interior MG ZS Vs Hyundai Kona Electric

Jika melakukan komparasi Hyundai Kona electric dengan MG ZS EV untuk urusan desain interior, nuansa yang ditampilkan pada mobil listrik produksi Korea Selatan, memberikan esensi modern yang lebih kental. Hal ini ditandai dengan beberapa tampilan yang disematkan di dalam kabin.

Multi information display, yang berada di balik lingkar kemudi Hyundai Kona Electric menyuguhkan panel instrumen digital dengan layar yang lebih luas. Ada pula head up display agar aura sporty dan modern lebih terasa.

Sementara MG ZS EV, untuk nuansa yang ditawarkan masih sama seperti model konvensionalnya. Tanpa head up display dan panel instrumen belum full digital.

Hanya saja kalau bicara fitur, baik MG ZS dan Hyundai Kona Electric sama-sama istimewa. Bisa dibilang, sudah lebih dari cukup.

Kelebihan mobil listrik MG ada di fitur i-Smart (i-SM). Teknolog ini persis WISE yang ada Wuling Almaz RS. Artinya mampu mengintegrasikan smartphone dengan mobil secara komprehensif.

Fitur-fitur seperti vehicle monitoring system, ‘Find My Car’ location system, Vehicle fault warning system, Electronic boundary system, Battery monitoring system, dan charging station locator bisa dicek hanya lewat smartphone. 

Lalu i-SM juga bisa membuat pemilik MG ZS EV memberi perintah suara ke mobil untuk berbagai keperluan. Misal mengatur kesejukan AC kabin, rute perjalanan, memutar musik, dan lain-lain. Hanya saja memang ini cuma bisa dilakukan dalam bahasa Thailand. Maklum MG ZS EV yang dipamerkan di IIMS Hybrid merupakan produk impor dari Thailand.

Baca juga  Spesifikasi Daihatsu Rocky, Adik Terios yang Canggih

Komparasi Harga Hyundai Kona Electric dengan MG ZS EV

Mobil listrik MG ZS
Mobil listrik MG ZS mejeng di IIMS Hybrid 2021

Bicara komparasi harga Hyundai Kona Electric Vs MG ZS EV, siapa yang termurah? Saat ini, mobil listrik SUV Hyundai dijual dengan harga Rp 697 juta (OTR Jakarta).

Lalu bagaimana dengan harga MG ZS EV? Sampai sekarang MG belum memasarkannya di Indonesia. Mobil tersebut cuma dipajang di IIMS Hybrid untuk menandakan bahwa merek mobil asal Inggris ini siap meluncurkan produk elektrik ke Tanah Air.

Hanya saja untuk pemasaran MG ZS Electric di Indonesia, belum ada informasi yang jelas. Walau demikian, kita memprediksi kemungkinan banderolnya dengan merujuk ke Thailand. Maklum, mobil ini memang impor dari Negeri Gajah Putih.

Sebagai gambaran, harga MG ZS EV di Thailand 1,190,000 Baht atau setara Rp 550 jutaan. Maka ketika masuk Indonesia, kemungkinan tidak jauh dari itu. Jika cuma Rp 550 jutaan, maka ini akan jadi mobil listrik yang lebih murah dari Hyundai Kona Electric, menarik!

Untuk informasi terbaru dan terlengkap di dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru